14 Top Makanan Khas Sulawesi , yang Wajib Kamu Coba!

Sulawesi tidak cuma terkenal akan keindahan panorama alamnya lho. Namun sulawesi juga mempunyai ragam jenis makanan khas Sulawesi yang dijamin kelezatan yang tiada duanya.

Nah makanan apa sajakah yang lezat dan nikmat di tanah Sulawesi? yuk mari kita simak makanan lezat dan nikmat yang wajib kamu cicipi:

1. Makanan Khas Kota Sulawesi,  Coto Makassar

coto makassar, makanan khas Sulawesi yang sangat enak apalagi campur cak lontong

www.lezat.com

Makanan khas Kota Makassar yang satu ini, ternyata sudah mendunia lho. Restoran penjual Coto Maassar bisa kamu dapati dengan mudah di kota besar-besar dan saja ada pula di kota tempat tinggal kamu saat ini.

Coto Makassar sangat nikmat lantaran bahan dasarnya yaitu jeroan serta daging sapi yang sudah cukup waktu lama di rebus dalam air, sehingga daging ini menjadi kenyal dan empuk untuk dimakan. Bahkan coto ini kaya akan rempah-rempah yang menjadi populer di seluruh penjuru Nusantara dan Mancanegara.

2. Makanan Khas Sulawesi, Pisang Epek-epek

pisang epek khas sulawesi, enak disantap dengan campuran keju dan coklat

arditafebryani10.blogdetik.com

Kamu senang dengan yang manis-manis? Nah, ini ada jajanan khas Kota Makassar ini dapat kamu coba.

Kuliner khas Sulawesi selanjutnya adalah makanan yang terbuat dari pisang belum terlalu matang, kemudian dipipihkan dan selanjutnya di bakar sehingga sedikit gosong. Cara menikmati makanan yang satu ini yaitu dengan mencelupkan pisang epe tadi ke saus gula merah.

Makan pisang epek yang paling tepat, yaitu saat kamu berkunjung ke pantai Losari Makassar dan memandangi deburan ombak atau melihat pemandangan sunset, serta ditemani makanan ringan tradisional (pisang epe) yang sangat lezat. Inilah suasana yang tidak akan bisa kamu lupakan.

3. Makanan Khas Sulawesi, Bubur Manado (Tinutuan)

bubur tinutuan khas Sulawesi, campur-campur dan di udek-udek

simbokmasak.blogspot.com

Nah, ini dia makanan khas Sulawesi yang disukai para traveler!

Bubur yang satu ini, sangat disukai penduduk sulawesi dan bahkan disukai oleh Pulau Sulawesi, termasuk Jawa. Sebab cara membuatnya sangat mudah dan kandungan gizinya pun sangat tinggi.

Seperti pada bubur umumnya, bubur Manado terbuat dari beras yang dimasak dan diaduk-aduk hingga mengental bersama merica, garam dan bawang putih.

Cara memasaknya
Labu kuning, kangkung, bayam dan daun kemangi dapat ditambahkan sesaat sebelum buubur benar-benar matang. Kamu bisa menambahkan jagung manis yag sudah dipipili atau ubi jalar merah dan siap disajkan. Bubur yang satu ini sangat cocok untuk kaum vegetarian. Hidangan yang satu ini bagusnya untuk sarapan pagi.

4. Makanan Khas Sulawesi, Es Pisang Hijau

Bikin kita seger, makanan khas Sulawesi "Es Pisang Hijau"

jogjafamilyfm.com

Es yang satu ini hidangan khas dari Kota Aging Mammiri, namun demikian hidangan ini cukup populer dibanyak daerah, khususnya Pulau Jawa. Es yang satu ini terbuat dari pisang raja atau kepok dengan paduan pisang dan tepung beras dan ditambah bubur, sirup dan es serut membuat es ini bener-bener mnggugah selera.

Kata-kata ijo sendiri itu bukan menunjukkan bahwa jajanan ini terbuat dari pisang hijau, malainkan pembungkus daun pandan yang menutupi pisang.

Minum es ini cocoknya dinikmati saat udara panas, apalagi ditemani dengan gorengan yang sangat gurih! 🙂

5. Makanan Khas Sulawesi, Kasoami Buton

Makanan Khas Sulawesi Kasoami Buton, sampai jung bikin ketagihan

imakabmks.blogspot.com

Sebutan kasoami sendiri, sebagian besar orang-orang di Sulawesi sudah sangat tak asing lagi. Kaosami merupakan makanan khas dari Sulawesi Tenggara yang bahan dasarnya ubi. Orang yang biasa membuatnya pasti tidak sukar, namun untuk pemula pasti ada kesulitan deh.

Makanan ini sangat enak dan sangat cocok lho, kalau ditemani dengan ikan asin. Cara pembuatan dari kaosami sendiri yaitu, ubi yang sudah dibersihkan kemudian dihaluskan dengan cara diparut dan setelah itu ubi diperas. Umumnya proses pembuatannya membutuhkan peralatan khusus untuk memeras. Fungsi dari alat tersebut adalah supaya ubi tersebut cepat kering.

6. Makanan Khas Kota Sulawesi, Kapurung

Makanan terenak seantero, kapurung khas sulawesi

mobilsewa-makassar.blogspot.com

Makanan yang satu ini salah satu makanan tradisional yang sangat populer ddi daerah Luwu (Luwu Timur, Palopo, Luwu Utara). Jika dilihat sepintas, kapurung ini menyerupai dengan bubur Manado. Lantaran keduanya sama-sama memakai sayur mayur sebagai campurannya.

Perbedaanya adalah kapurung terbuat dari tepung sagu serta bumbu halus yang terbagai dari air, cabe rawit dan perasan jeruk nipis. Daging ayam rebus yang telah di potong kecil-kecil serta potongan terong ungu ditambahkan bersama kangkung, tambahannya daun katuk dan daun pakis.

Kepurung di kepulauan Maluku dikenal dengan nama papeda. Rasanya yang unik dan kandungan gizi yang tinggi membuat kapurung ini banyak disenangi masyarakat Sulawesi lho, bahkan sampai luar Pulau Sulawesi. Bahkan makanan ini dimasukan kedalam daftar menu diberbagai restoran ternama bersamaan dengan masakan modern yang lain.

7. Makanan Khas Kota Sulawesi, Mie Titi

Mie titi, aneh bentuknya dan mantap rasanya makanan khas Sulawesi

panduanwisata.id

Jika di Provinsi Aceh terdapat mie Aceh, namun di Kota Makassar ada namanya mie titi. Mie ini sudah populer semenjak tahun 70-an, dengan ciri khasnya mie kering yang lebih tipis dari pada mie yang lain.

Makanan yang satu ini dibuat pertama kali oleh Ang Kho Tjau (pemilik kedai turunan China atau Tionghoa), yang lalu menurunkan ketrempilannya kepada anak-anaknya. Mie titi selalu mengalami evolusi dalam rasa serta penyajiannya, bahkan pada umumnya mie titi disajikan bersamaan kuah kental dengan tambahan daging ayam, hati, jamur, udang serta cumi-cumi dan taburan bawang goreng.

Waktu yang paling pas untuk menyantap mie titi adalah pada malam hari, apalagi setelah turun hujan. Manfaatnya untuk menetralisir rasa dingin yang meenggigit tulang.

8. Makanan Khas Kota Sulawesi, Buras atau Burasa

Buras burasa, jajanan khas Kota Sulawesi yang berbeda dengan lemper pada umumnya

endarpermadi.wordpress.com

Kalau dilihat sepintas makanan yang satu ini mirip dengan lemper, kue basah khas Jawa. Perbedaanya kalo lemper terbuat dari beras ketan, buras ini menggunakan bahan dasar beras dan sama-sama dibungkus oleh daun pisang.

Cara memakannya, dengan mencocolkan buras ke bumbu kelapa kering yang sudah dicampur dengan gula, cabai dan garam. Makanan yang satu ini paling cocok disantap pada sore hari, sebagai teman ngopi atau minum teh.

Apalagi kalau ada event syukuran, pernikahan dan lebaran akan terasa kurang lengkap lho, kalau tanpa hadirnya jajanan yang satu ini.

9. Makanan Khas Kota Sulawesi, Gogoso

Gogoso camilan enak terbuat dari beras makanan khas Kota Sulawesi

jejakkulinerindo.wordpress.com

Gogoso salah satu makanan khas orang Bugis Makassar dan yang sangat digemari masyarakat Sulawesi Selatan, ketika lebaran datang. Selain ketupat lebaran, makanan yang satu ini turut hadir meramaikan suasana kebersamaan dengan bersama aneka masakan lainnya.

Pada hari-hari biasa gogoso ini banyak ditemukan didaerah Pantai Losari atau dipinggir-pinggir jalan Kota Makassar, biasanya dijajakan oleh pedagang asongan bersama telur asin atau lebih akrab dengan sebutan nama bayao kannasa dan ada tambahan kacang rebus.

10. Makanan Khas Kota Sulawesi, Es Palu Butung

Es palu butung yang bikin ngiler dengan warna yang menggugah selera kita

www.duniainter.net

ES ini merupakan campur gaya orang Makassar yang sangat populer di Sulawesi Selatan. Bahan pembuatan dari es ini berupa pisang hijau yang dipotong-potong dan diletakkan diatas bubur (yang terbuat dari santan) serta ditambah es serut dan susu kental.

11. Makanan Khas Kota Sulawesi, Sup Konro

Sajian Lezat, ada nasi, daging, sambal, dsb. Sup Konro makanan khas Sulawesi

travelinghematnusantara.wordpress.com

Sup ini adalah masakan tradisional khas Indonesia yang berasal dari tradisi Bugis dan Makassar. Bahan daasar dari sup ini adalah iga sapi atau daging sapi yang sudah direbus lama bersamaan kayu manis. Dengann tambahan air asam jawa dan berbagai bahan lainnya. Kemudian tumisan campuran bumbu masak seperti pala, mrica, kacang merah, kemudian dituangkan kedalam rebusan iga sapi. Warna gelap dari sup ini , berasal dari buah kluwak yang memang berwarna hitam.

Bumbu sup ini, relatif kuat akibat digunakannya ketumbar. Konro ini aslinya dimasak berkuah dalam bentuk sup yang kaya akan rempah-rempah, evolusi dari sup konro ini yaitu terdapat variasi yang berbeda, yaitu konro bakar yaitu iga sapi yang dibakar dengan bumbu khas konro. Masakan yang satu ini enaknya ditemani dengan hadirnya nasi putih dan sambal.

12. Makanan Khas Sulawesi, Jalangkote

Makanan khas sulawesi, Jalangkote ini mirip dengan pastel, namun jalangkote besar.

makananindonesia-top.blogspot.com

Makanan ini salah satu makanan khas Sulawesi yanng memiliki bentuk yang mirip dengan pastel. Perbedaannya adalah bagian kulit jalangkote lebih tipis serta isi dibagian dalamnya tidak sama seperti pastel.

Namun pada umumnya jalangkote berisi potongan wortel serta kentang berupa dadu, tauge (kecambah) serta soun yang ditumis bersama bawang putih, bawang merah, garam dan merica. Jalangkote lebih nikmat, apabila ada kehadiran saus tomat yang akan menambah kelezatan jalangkote sendiri.

13. Makanan Khas Kota Sulawesi, Lapa-lapa

Mirip lontong. Namun Lapa-lapa ini sajian santap jika digabung dengan coto makassar

sistempemerintahan-indonesia.blogspot.com

Lapa-lapa merupakan makanan khas Sulawesi Tenggara yang memiliki rasa yang sangat gurih dan nikmat dilidah, terlebih kalau dimakan dengan ikan asin akan semakin menambah selera kamu.

Kuliner yang satu ini kalau di Jawa dikenal sebagai lepat, namun cara masaknya yang sangat berbeda. Lapa-lapa berasnya dimasak bersama santan, hingga setengah matang dan setelah itu didinginkan serta dibungkus dengan janur, direbus kembali hingga matang. Bila kamu ingin lapa-lapa terasa gurih dan lezat, mengkukusnya agak lama.

14. Makanan Khas Kota Sulawesi, Barongko

Makanan khas Sulawesi, enak dah pokoknya. Sampek gak bisa jelasin

atiek-hestyproject.com

Barongko adalah makanan khas Bugis Makassar yang berupa kue pisang sangat lembut. Bahan utamanya pisang yang dibuat sedemikian rupa, daging pisang kemudian dihaluskan bersama bahan-bahan yang lain, seperti telur, garam, gula dan susu bubuk. Setelah itu dibungkus memakai daun pisang yang berbentuk pecal.

Itulah makanan-makanan khas Kota Sulawesi yang dapat kamu ketahui, apabila kamu berkunjung ke Makassar Sulawesi.  Makanan-makanan ini sedang menunggu kamu lho, untuk segera disantap! 🙂

3 Comments

  1. Olha chayo 9 September 2015
  2. BYM RSCM 10 September 2015
  3. Muhammad Syafiq 10 September 2015

Tinggalkan Balasan