7 Manfaat dan Khasiat Menakjubkan Pada Kacang Merah

Kacang Merah– Pernah denger atau pernah memakan kacang merah yang satu ini gak sobat? Kacang merah ini sering digunakan dalam berbagai hidangan loh, terutama kari, salad dan topping. Namun, sayangnya banyak orang yang takut makan kacang merah karena dianggap bisa menaikkan berat badan atau segala hal yang negatif untuk tubuh.

Akan tetapi jangan salah kira terhadap kacang merah ini, kacang merah yang satu ini ternyata banyak manfaat untuk kesehatan dari kacang merah yang perlu kamu ketahui loh. Berikut adalah manfaat untuk kesehatan dari kacang merah, seperti yang di lansirkan oleh Boldsky:

1. Mengoptimalkan Banyak Energi

Khasiat Kacang Merah (Mengoptimalkan Energi)

www.thevitalitygroup.com

Kacang merah dapat membantu meningkatkan energi kamu karena tinggi akan kandungan zat besi. Makanan ini mengandung banyak zat besi yang merupakan sumber utama yang diperlukan untuk meningkatkan metabolisme dan energi tubuh kamu, bahkan kacang merah juga membantu kelancaran sirkulasi oksigen ke seluruh tubuh.

2. Memperlancar Buang Air Besar (B.A.B)

Khasiat Kacang Merah (Memperlancar BAB)

www.babatpost.com

Serat yang hadir dalam kacang merah dapat membantu tubuh kamu untuk mempertahankan kelancaran gerakan usus yang sehat. Jika dimakan dalam jumlah yang sangat tepat, kacang merah membantu membersihkan saluran pencernaan. Buang air besar secara teratur dapat menghindari resiko kanker usus besar.

3. Menjaga Kadar Gula Darah

khasiat kacang merah (menjaga kadar gula)

www.tropicanaslim.com

Serat di dalam kacang merah membantu menurunkan kadar kolesterol darah dengan membantu mendorong kolesterol, melalui jalur pencernaan sebelum tubuh menyerapnya. Kandungan serat yang tinggi dari kacang merah mengindikasikan, makanan menjadi sangat lambat dicerna dan memiliki indeks glisemik rendah. Sehingga, kacang merah bisa menjadi pilihan yang sehat untuk penderita diabetes atau bagi orang yang ingin mengontrol kadar gula darah.

4. Baik untuk Otak

khasiat kacang merah (mencerdaskan otak)

fittoservegroup.com

Kacang merah sangat erat hubungannya dengan fungsi sel-sel otak loh, karena banyak sekali sumber vitamin B yang terkandung dalam si kacang merah ini, bahkan juga kacang merah juga mengandung vitamin BI (Thiamin). Zat ini berkonstribusi terhadap reaksi enzimatik yang sebagai pusat produksi energi untuk kinerja (memori) sel otak kita.

Kacang Merah Memiliki Berbagai Khasiat Lain:

  •  Mencegah Pikun
  •  Membentuk otot tubuh
  •  Mencegah Kanker
  •  Memenuhi kebutuhan gizi

5. Mengontrol Berat Badan

khasiat kacang merah (mengontrol berat badan)

www.huffingtonpost.com

Kamu dapat menambahkan kacang merah kedalam masakan atau juga dapat kamu olah menjadi camilan enak, karena kacang mengandung rendah kalori. Makanan ini baik di konsumsi bagi mereka yang ingin mengontrol berat badan, jadi jangan khawatir kegemukan.

6. Sumber Protein Nabati

khasiat kacang merah

easyhealthoptions.com

Kacang merah memiliki sumber protein, dengan menggabungkan kacang merah dengan biji-bijian pelengkap lainnya seperti beras merah yang memiliki manfaat yang sama dengan kacang merah. Jenis kacang-kacangan ini mengandung protein yang lengkap, dengan jenis asam amino yang diperlukan untuk gizi baik.

Beda sekali dengan daging, kacang-kacangan lebih rendah sekali lemak dan juga bebas kolestrol. Bahkan ketika tubuh mendapatkan manfaat protein nabati, akan menyokong kesehatan pada jantung dan dari serat larut yang disediakan oleh kacang-kacangan ini.

7. Mencegah Kardiovaskular

goldgbioseacucumber.org

goldgbioseacucumber.org

Kacang merah juga mengandung banyak magnesium dan serat yang bertanggung jawab untuk menurunkan kadar kolesterol jahat di tubuh. Ingin terhindar dari risiko stroke, serangan jantung, dan penyakit pembuluh darah perifer? Maka dari itu makan kacang merah!

Kacang merah sangat baik untuk kesehatan tubuh kamu, terutama jantung. Akan tetapi ingat, sesuatu yang dikonsumsi secara berlebihan akan berdampak buruk pada tubuh sobat.

Tips Mengolah Kacang Merah yang Sehat

Proses memasak/mengolah kacang merah yang benar, sangat menentukan bagaimana nutrisi kacang merah yang akan diperoleh untuk tubuh kita. Berikut ini cara memasak kacang merah dengan baik:

1. Kacang Kaleng

Kacang kalengan mungkin bisa dengan mudah didapat, namun juga sering mengandung natrium dalam jumlah yang sangat tinggi, termasuk zat aditif lainnya. Cara untuk mengurangi natrium yaitu, bilaslah kacang kalengan sebelum dimasak.

2. Kacang Merah Kering

Memasak kacang merah kering, dapat menjadi alternatif kedua yang juga mudah untuk dimasak. Cara mengolahnya, Pertama bilas kacang kering dengan bersih, buang setiap batu atau kacang rusak, kemudian rendam semalam dalam air dingin atau air tawar.

Di pagi hari ganti air rendaman, lalu didihkan dan kemudian masak hingga kacang matang kurang lebih 15 menit dan 1 jam, tergantung juga pada jenis kacang.

3. Kacang Sayuran

Kacang sayur dapat langsung direbus tanpa melalui proses rendaman terlebih dahulu, akan tetapi hati-hati agar kacang tidak berubah menjadi terlalu lembek. Peringatan, jangan menambahkan garam atau bahan asam seperti tomat sebelum kacang benar-benar telah matang, atau kacang menjadi sulit matangnya.

Manfaat kacang merah hebat ini dapat kamu diperoleh, jika kacang merah dijadikan salah satu makanan yang sering kamu konsumsi. Cobalah dan buktikan khasiatnya. Ok 🙂

Baca juga :

Tinggalkan Balasan