Makanan-makanan Unik yang Ada di Kota Malang, Wajib Kamu Coba

Jika kamu belum pernah berkunjung ke Kota Malang! Nah kali ini saya ingin memberikan refensi tentang makanan khas Kota Malang. Bahkan kota ini dikenal sebagai surga pecinta kuliner, mengapa wisatawan memutuskan untuk mampir di Kota Malang. Berbagai makanan khas Malang tersaji dngan cita rasa yang sangat tinggi dan menghasilkan rasa yang nikmat serta lezat. Berikut ini beberapa pilihan kuliner yang ada di Malang yang patut untuk kamu coba kelezatannya:

Makanan Khas Malang, Menjes

Menjes makanan khas malang yang enak banget, apalagi ada sambel kecap yang pedes

forum.detik.com

Menjes ini merupakan makanan khas malang yang berbahan utama yaitu ampas tahu yang difermentasikan (pembuatan tempe), warna dan bentuknya mirip dengan tempe yang kita makan biasanya. Tekstur dari menjes sendiri sangat lembut dan empuk, ketika kita menggigitnya. Cara membuat menjes sendiri sangat mudah dan gampang.

Biasanya menjes digoreng dengan balutan tepung yang berbumbu rempeyek (kunyit, daun jeruk, bawang putih, kemiri dan ketumbar). Bahkan menjes ini juga bisa digoreng dengan balutan tepung yang berbumbu mendoan (bawang putih, kencur dan ketumbar). Menjes ini harus dibalut dengan adonan tersebut, meskipun makanan yang satu ini keliatan padat, akan tetapi kenyal (spongy) banget kalo digigit).

Makanan Khas Malang, Cwie Mie

Cwie mie enak makanan khas malang yang bersayap.

www.heytheresia.com

Masakan ini hampir mirip dengan mie ayam, namun bedanya makanan khas malang yang satu ini menggunakan selada dan daging ayam yang sangat kenyal, serta bawang goreng yang ditaburkan di atasnya.

Bumbu yang digunakan pada daging ayam sangat berbeda dengan mie ayam yang berwarna cokelat, manis dan sedikit asin. Ketika dipadukan dengan kuah rasanya menjadi lebih gurih dan segar. Cwie mie sangat cocok dinikmati selagi hangat, karena dapat menghangatkan badann kamu yang lagi terserang penyakit.

Makanan Khas Malang, Orem-orem

Orem orem tahu tempe telur makanan khas malang

www.flickr.com

Orem-orem ini adalah sajian ketupat yang dicampur dengan kecambah dan disiram sayur santan berisi tempe. Selain itu makanan ini terdapat tambahan berbagai macam lauk sperti kerupuk, tempe goreng atau mendol goreng sebagai pelengkap. Bumbu pelengkap orem-orem ini cukup kental, dengan aroma bumbu yang selalu menggoda akan membuat perut kelaparan.

Makanan Khas Malang, Keripik Buah

Keripik buah pepaya makanan khas kota malang yang enak

keripik.co.id

Salah satu makanan khas malang yang cocok untuk dijadikan oleh-oleh ketika kita berkunjung adalah keripik buah dan keripik tempe. Keripik buah ini memiliki keanekaragaman rasa loh, seperti (apel, leci, rambutan, nanas).

Meskipun daerah lain banyak yang memproduksi keripik seperti ini, akan tetapi rasa khas yang sangat berbeda saat kamu menyantap kripik yang satu ini. Keripik buah dan keripik tempe ini bisa dimakan sebagai camilan ketika nongkrong dan ngumpul bareng sama teman-teman.

Makanan Khas Malang, Brownies Tempe

brownies tempe di kukus makanan khas malang menjadi favorit kita

kolom-unik.blogspot.com

Brownies kukus atau brownies panggang mungkin sudah biasaloh, namun apa jadinya jika yang  dibuat adalah brownies tempe.
Nah, disini kita akan mengangkat panganan yang sudah merakyat dikalangan kita yaitu tempe. Cara membuat brownies tempe hampir mirip dengan brownies biasanya, akan tetapi brownies yang satu ini diberi adonan yang berbahan dasarnya tempe.
Pertama tama kita membuat adonananya dulu dengan cara kocok telur dan gula pasir hingga mengembang. Setelah itu masukkan tepung terigu, tempe yang sudah di kukus kemudian hancurkan, diberi dark coklat yang sudah di lelehkan baking powder dan sedikit mentega cair, kocok hingga adonan mengembang dan rata.
Kedua panaskan panci yang sudah di beri air hingga mendidih, lalu olesi loyang dengan mentega dan beri kertas roti di atasnya, setelah itu tuangkan adonan ke dalam loyang tersebut. Kukus hingga adonan mengembang dan mmatang. Akhirnya brownies tempe siap disajikan. Makanan khas Malang yang satu ini cocok disajikan, saat acara besar seperti pesta, pernikahan, kumpul bareng, dan lainnya.

Makanan Khas Malang, Dodol Sari Buah

Dodol sari buah makanan khas Malang yang menjadi panganan setiap harinya

berita.grosirkeripik.com

Dodol yang satu ini sangat berbeda dengan yang ada di Kota Garut, makanan khas malang ini memiliki tekstur yang sangat lembut dan kenyal saat memakannya. Bahkan dodol yang terbuat dari sari buah ini dijadikan oleh-oleh para wisatawan loh.

Makanan Khas Malang, Angsle Ronde

Makanan khas Malang Angsel ronde campur roti yang enak dan lezat

www.piesusubliman.com

Memakan makanan khas Malang, rasanya belum nikmat kalau belum mencoba minuman khas Kota Malang. Minuman yang satu ini sering dijadikan penghangat badan saat suhu badan menjadi naik. Cara membuat Angsle Ronde yang satu ini sangat mudah. Pertama-tama membuat (angsle) dengan cara: merebus santan bersama jahe, gula pasir, garam serta daun pandan hingga mendidih, kemudian angkat dan sisihkan.

Kedua membuat wedang dengan cara, rebus santan bersama daun pandan dan garam sampai mendidih (angkat dn buang daun pandannya). Masukkan tepung beras, aduk rata. Lalu tambahkan tepung kanji. Aduk lagi sampai menjadi adonan. Cetak adonan menggunakan cetakan putu mayang, kemudian kukus selama 15 menit sampai matang (angkat dan sisihkan).

Penyajiannya, siapkan mangkok saji, taruh roti tawar, ketan putih, petulo, kacang hijau dan sagu mutiara, lalu tuangkan kuah angsle secukupnya. Akhirnya wedang ronde Angsle (minuman khas malang) siap disajikan.

Makanan khas Malang, Minuman STMJ (Susu Telor Madu Jahe)

STMJ coklat pisang. Makanan khas Malang yang bikin hangat ditubuh

nonibelanda.files.wordpress.com

Ketika malam datang, apalagi datang hujan. Pasti dah kamu akan membutuhkan kehangatan untuk tubuh kamu. Nah, pasti masyarakat Malang atau para wisatawan pasti yang dituju STMJ.

Untuk singkatan STMJ senditri merupakan perpaduan antara yakni, susu, telor, madu dan jahe. Minuman hangat ini mudah ditemukan dimana-mana, karena sudah terkenal dan populer dikalangan masyarakat.

Makanan Khas Malang, MakanBakso Bakar atau Berkuah

Bakso bakar atau berkuah Makanan khas Malang dan Nusantara,

www.iwisataindonesia.com

Yang suka sama makanan yang satu ini. Pasti kalau berkunjung ke Malang pasti ngincer nya bakso.

Bahkan makanan ini merupakan makanan khas Malang yang telah menjadi identitas di Negara Indonesia. Malang penjual bakso sangat menjamur di mana-mana dan rasanya itu lho, yang bikin orang banyak bersaing untuk membuat bakso yang lebih enak. Nah, jika kamu berkunjung ke Malang pasti kamu banyak pedagang yang menjajakan makanannya salah satunya, bakso. Bakso ini ada dua macam yakni, bakso bakar dan bakso kuah.

Makanan khas Malang dan Orang Jawa, Rawon

Suka sama Rawon, merupakan makanan khas Malang dan Jawa

www.dutaindonesia.asia

Nah, apalgi yang satu ini makanan yang menjadi faforit semua orang. Apalagi saat dipagi hari, sarapan rawon, pasti dingin di dalam tubuh akan hilang.

Rawon ini merupakan, menu masakan yang berupa sup daging sapai yang dipotong-potong kecil dan diberi bumbu yang sangat khas, karena adanya penggunaan buah kluwek yang ada di dalamnya. Hampir setiap warung di seluruh Nusantara Indonesia menjual makanan ini. Namun, kalau di Kota Malang lebih mantap lebih nikmat llagi rasanya.

Makanan Khas Malang, Buah Apel

Makanan khas Malang dan dunia adalah Apel. Seger dan kaya akan vitamin dan Nutrisi

matematikacerdas.wordpress.com

Daerah makanan khas Malang sangat identik dengan buah apel. Maka dari itu, tidak heran jika buah yang satu ini pun selalu dijadikan primadona oleh-oleh sama wisatawan.

Jika kita ketahui, ada dua jenis apel yakni, apel manalagi dan apel ana. Nah, apa bedanya? Namun apel manalagi lebih terkenal dan lebih populer dikalangan sana, karena warna hijau mengkilap dan rasanya manis segar. Apel ana bentuknya sdikit lonjong dengan warna merah dan rasanya asam.

Nah, jika kamu berkunjung ke Malang pasti kamu akan menemukan pohon apel dimana-mana. Kamu bisa membeli di kawasan Agrowisata, pasar dan juga pedagang buah yang menjajakan di pinggir jalan. Ingatlah saat membeli tawar dulu, agar mendapat harga yang lebih terjangkau kantong. Hehe.

Makanan Khas Malang, Minuman Sari Apel

Sari buah apel manalagi, Makanan khas Malang dan minuman rakyat.

hansaboys.wordpress.com

Ketika kamu membeli buah keberatan. Ada cara lain membawa buah apel sebagai oleh-oleh dengan membelinya dalam bentuk sari buah. Sari buah diolah dari buah pilihan. Apel terlebih dahulu di cuci dan dubuang bijinya. Kemudian apel dimasukkan ke mesin peras yang akan memisahkan sari buah dari ampasnya.

Dari jenis apel yang biasa digunakan adlah apel romebeauty dan apel manalagi.
Nah, jika kamu akan membeli buah sari apel makanan khas malag, tentunya kamu harus pintar-pintar memilih mana yang tidak menggunakan pemanis buatan dan tanpa adanya bahan pengawet. Sari buah ini dapat kamu temukan dibanyak pusat oleh-oleh dan juga kawasan wisata yang ada di Malang.

Makanan Khas Malang, Pastri Buah Strudel

Pastry Buah makanan khas Malang yang bikin kenyang

www.diahdidi.com

Ini dia oleh-oleh new (terbaru) yang ada di Kota Malang. Resmi dibuka pada akhir tahun 2014, yang bernama Malang Strudel.

Disana menyediakan strudel beragam varian rasa. Strudel sendiri adalah pastry atau kue yang berlapis-lais dengan isi aneka buah. Selain menemukan strudel isi apel, kamu juga dapat menemukan strudel dengan varian rasa yakni, stroberi, mix fruit, pisang serta nanas.

Nah apabila kamu penasaran dengan oleh-oleh baru khas Malang? Langsung aja berangkat ke Malang Strudel, dijalan Ardimulyo Nomor 14, Singosari.

Makanan Khas Malang, Pia Mangkok

Pia mangkok cantik dan menggiurkan Makanan khas Malang dan Nusantara

malangcityofheaven.blogspot.com

Kuliner yang dinamakan pia mangkok Malang ini banyak digemari oleh masyarakat Malang dan juga banyak yang bilang makanan ini mirip banget dengan bakpia pathok yang ada di Jogja.

Pia mangkok ini memiliki rasa yang sangat enak, bertekstur sangat lembut, yang akhirnya dijadikan salah satu jajana yang memanjakan lidah kita. Jika kamu merasakannya, rasa kacang hijau ini terkombinasi dengan apik antara olahan kacang hijau dengan tepungnya.

Nah, jika kamu akan membeli pia mangkok. Kamu dapat menikmati dengan rasa yang berbeda yakni, rasa durian, keju, cokelat dan kopi.

Makanan Khas Malang, Pecel Kawi

Makanan yang melegenda di seluruh jawa. Pecel kawi makanan khas Malang

www.titofebrian.com

Makanan khas Malang ini sangat berbeda lho, dibandingkan dengan pecel lainnya, karena akan membuat lidah kamu bergoyang-goyang. Pecel kawi adalah satunya tempat wisata kuliner makanan khas Malang yang berdiri sejak tahun 2014 dan telah banyak orang yang menjadi pelanggan favorit di tempat makan ini. Wisata dengan menu utama pecel memang sangat jarang ditemui di kota-kota lain, oleh sebab itu jika kamu sedang mengunjungi Kota Malang. Tidak terasa lengkapp rasanya apabila belum berkunjung ke pecel Kawi.

Makanan Khas Malang, Bakpao Boldy

Bakpao Boldy super gede. Makanan Khas Malang dan orang china

mariophotographie.blogspot.com

Ternyata juga Kota Malang terdapat kuliner khas yang menu utamanya adalah bakpao. Bakpao boldy adalah tempat makanan khas Malang yang menjadi legendaris di kotanya. Karena bakpao ini dibuat tanpa memakai bahan kimia atau sejenis pengawet dan bakpao ini mempunyai rasa yang khas dan lezat. Maka dari itu tempat ini menjadi tempat kuliner rekomendasi di Kota Malang.

Jika kamu mencari bakpao yang beraneka ragam rasanya kamu dapat berkunjung. Kamu akan menikmati beberapa varian rasa yang bisa kamu nikmati yakni, rasa kacang, ayam dan masih banyak lagi. Apabila kamu berkunjung kamu dapat langsung berangkat ke alamat dibawah ini.
Jalan Mangun Sarkoro No.25 Malang.

Makanan Khas Malang, Burger Buto

Burger buto yang panjang campur campur. Makanan khas Malang

www.seputarmalang.com

Memang makanan ini dipanggil burger, karena merupakan sebuah makanan khas luar negeri yang tentunya tidak berasal dari Negara Indonesia tercinta. Karena makanan ini yang biasanya digunakan sebagai sarapan pagi di Amerika dan juga Europa. Namun, di Kota Malang bener-bener ada dan siap untuk menyuguhkan wisata kuliner yang berbeda dengan kota-kota lainnya.

Ternyata dikota Malang ada sebuah temoat makan yang dijadikan temoat rekom bagi yang sedang berwisata di Kota Malang. Burger buto adalah sajian menu utama yang berasal dari barat. Tempat ini berdiri di jalan Sarangan yang tentu mudah ditemukan, karena termasuk di kawasan pusat kota. Nah, jika kamu akan menyantapnya kamu bisa memilih burger dari yang besar sampai memanjang pun ada.

Makanan Khas Malang, Surabi Gendut

Makanan khas Malang. Surabi gendut yang berbeda pada umumnya besarnya dan tak wajar

gurihtigakali.wordpress.com

Semua orang pasti sudah tahu tentang makanan yang memiliki nama surabi? Karena makanan ini sangat populer di Pulau Jawa. Uniknya surabi yang ada di Malang menyajikannya tidak seperti makanan pada umumnya, yang menjadi pembeda adalah ukurannya itu lho. Surabi ini memiliki ukuran yang tak wajar, lebih besar dan lebih lebar daripada biasanya.

Kamu dapat mencoba surabi yang direkomendasikan dengan berbagai topping di atasnya. Topping yang paling di favoritkan semua orang ditempat ini adalah surabi dengan toppingan rasa durian.

Makanan Khas Malang, Mie Iblis

Mie iblis makanan khas Malang yang pedesnya menggila. Ngeri..

ulvi90.wordpress.com

Bagi kamu para pecinta makanan yang pedes-pedes, wajib mampir dan merasakan mie yang berlevel-level rasanya. Kota Malang memiliki resort yang bernamakan Mie Iblis yang menyediakan mie dengan rasa yang sangat pedas sesuai dengan selera rasa kamu. Namun walaupun mie yang di sajikan di Mie Iblis sangat pedas, soal masalah kenikmatan jangan diragukan.

Sebenarnya wisata Malang yang kali ini dinamakan mie iblis. Sebetulnya kata iblis itu sendiri adalah singkatan yang berarti “ini baru lezat dan istimewa”. Bener-bener unik bukan wisata kuliner Malang yang ini? Nah, kamu para pecinta makanan, dengan selera pedas. Sebaiknya kamu mengunjungi tempat ini yang beralamatkan di bawah ini.
Jalan Koi Sugiono No.122 Malang.

Makanan Khas Malang, Kue Putu Lanang Celaket

Makanan khas dan tradisional Jawa, Putu lanang cakelat favorit lho dan gue

hobingunyah.com

Kue putu ini adalah makanan (kue) tradisionak, namun hingga saat ini masih banyak orang yang memfavoritkan kue putu sebagai makanan tradisional ternikmat.

Jika kamu berwisata ke Kota Malang, kunjungi tempat kuliner yakni “Putu Lanang Celaket” yang menyajikan kue putu dengan rasa lezat dan memiliki tekstur yang lembut.

Makana Khas Malang, Kuliner Bakso President

Semua bakso ada disini, makanan khas Malang bakso-bakso dari yang dibakar sampai berkuah

adeknakemal.blogspot.com

Bukan tempat orang president lho, jangan sampek salah menyebutkannya. Tempat ini sudah tak asing lagi, karena tempat kuliner bakso telah cukup populer namanya dikalangan para kuliner lover di Kota Malang.

Telah banyak artis ibu kota yang menikmati makan “Bakso President”. Akan dijadikan sebuah pengalaman tersendiri bagi kamu saat makan bakso yang tiba-tiba bertemu dengan artis. Banyak orang mengidolakan tempat kuliner dijadikan yang populer di Kota Malang. Mungkin, sebab bakso yang di sajikan memiliki citra rasa yang enak dan untuk masalah harga murah di kantong.

Kamu dapat merasakan bakso ditempat ini dengan beragam pilihan dan varian bakso yang sangat banyak. Untuk menikmati “Bakso President” kamu bisa mengunjungi di alamat dibawah ini.
Jalan Batanghari No.5 Kota Malang.

Makanan khas Malang, Kuliner Nasi Bumbu Geprak Mbah Bejo

adeknakemal.blogspot.com

adeknakemal.blogspot.com

Kamu datang ke Kota Malang, rasanya tak lengkap jika tidak berkunjung dan mencoba bakso yang khas rasanya dari Malang. Salah satu tempat kuliner Malang menyajikan menu utamanya yaitu bakso geprak, “Bakso Geprak Mbah Bejo”.

Berbeda dengan pada umumnya, kaldu yang terdapat di dalam kuah bakso tempat ini bener-bener menggoda aroma dan rasanya. Bakso geprak mbah bejo adalah tempat makan bakso, yang menjadi favorit di kalangan anak muda, jadi bagi kalangan anak muda gak makan disini bukan muda lagi. hehe.

Bahkan pada hari libur saja, tempat ini malah semakin dipenuhi oleh para pengunjung. Kalau berminat sekali makan bakso, kamu dapat datang ke alamat dibawah ini.
Di sekitar Kampus Universitas Brawijaya Malang.

Udah ngerasain Makanan khas Malang cobalah mampir ke: “Kuliner Kediri.”

 

 

One Response

  1. Malika 27 Januari 2016

Tinggalkan Balasan