Ketahui yuk, 9 Makanan Terenak yang Populer yang Ada Kota Purwokerto

Indonesia memiliki makanan khas Nusantara– Salah satunya yakni Kota Purwokerto yang memiliki makanan khas, dengan tidak mau kalah dengan menu-menu daerah lain di Indonesia. Kota dengan julukan Kota Satria ini menyajikan makanan-makanan yang sangat lezat dan nikmat yang dapat kamu coba.

Kalau kamu berencana berkunjung ke Kota Purwokerto, jangan lupa untuk mencicipi beberapa kuliner terbaik di Kota Purwokerto. Berikut ini adalah makanan yang bisa kamu nikmati di Kota Purwokerto:

1. Makanan Khas Purwokerto, Soto Sokaraja

soto sokaraja makanan khas Kota Purwokerto, perpaduan antara daging dengan aneka sayuran

resepmasakantop.com

Kata sokaraja sendiri di ambil dari daerah yang bernama “Sokaraja”. Pembeda soto ini dengan soto yang lain adalah digunakannya kuah kacang serta kerupuk dengan berbagai warna yang membuat yang membuat tampilan soto ini jadi cerah.

Soto ini dimakan dengan menggunakan ketupat yang diseduh dengan kuah kaldu yang sangat kental serta gurih, manis, menjadikan makanan ini  populer di kalangan masyarakat  Kota Purwokerto.  Jika kamu menyantapnya pasti kepengen nambah lagi dan lagi. Ada dua jenis lauk yang dapat kamu santap lho, yaitu dengan daging ayam atau daging sapi.

2. Makanan Khas Kota Purwokerto, Getuk Goreng

Getuk Goreng makanan khas Purwokerto, yang berbeda dengan getuk lainnya

www.pesonanegeri.com

Kalau biasanya gethuk yang terbuat umbi-umbian dan diolah dengan cara direbus ya! Beda lagi dengan Kota Purwokerto gethuk ini dibuat dengan cara digoreng lho.

Getuk  yang terbuat dari ketela atau singkong dicampur dengan gula Jawa ini, menjadi populer di masyarakat. Sebab, makanan ini paling enak kalau disantap dalam keadaan masih hangat dan  dengan ditemani secangkir teh atau kopi saat sore atau pagi hari.

3. Maknan Khas Kota Purwokerto, Mendoan

tahu mendoan makanan khas Purwokerti, Nikmat disantap dengan sambal kecap manis

www.kabarwisata.com

Salah satu produk makanan olahan dari tempe yang paling terkenal di Purwokerto adalah mendoan. Makanann yang terbuat dari kedelai ini tinggi kandungan protein dan seratnya.

Mendoan ini dibuat dari tempe yang di potong tipis-tipis dan dibalut dengan adonan tepung bumbu, setelah itu digoreng sebentar dengan minyak panas. Paling enak, mendoan ini dinikmati saat masih panas dengan ditemani cocolan sambel kecap atau saus sambel dan cabe rawit.

4. Makanana Khas Kota Purwokerto, Bakmi

Bakmi makanan khas purwokerto yang rasanya terpopuler seantero jagad

dirjoputro.blogspot.com

Yang membuat bakmi Purwokerto dengan kota lainnya adalah mi lebarnya lho. Jadi kalau dimakan terasa gak habis-habis.

Bakmi ini dimasak bersama bahan dan bumbu di atas tungku arang yang meemberikan aroma dan kenikmatan yang lezat. Menu dari bakmi yang bisa kamu pesan, yaitu bakmi goreng, bakmi rebus atau versi nyemek (bakmi goreng dengan kuah), oh ya jangan lupa tambahkan sambal pedas biar lebih nendang dan nikmat.

5. Makanan Khas Kota Purwokero, Lumpia

akhalisa.wordpress.com

akhalisa.wordpress.com

Kalau di Kota Semarang lumpia dikenal dengan sebagai makanan ringan, bahkan uniknya di Kota Purwokerto lumpia sendiri bisa dijadikan lauk. Lumpia di Purwokerto di beri nama Lumpia Bom.

Nama itu diberikan karena ukurannya yang besar, sekitar 15-20 cm dengan diameter sekitar 4-6 cm. Makanan yang satu ini disajikan dengan nasi dan lalapan serta ditemani oleh sambal yang pedas. Isi dari lumpia ini sendiri bukan rebung, akan tetapi menggunakan berbagai sayuran yang masih segar yang di campur dengan telur, daging atau sea food.

6. Makanan Khas Kota Purwoketo, Lanting-lanting

makanan khas purwoketo, lanting kriuk-kriuk

www.diahdidi.com

Cemilan khas Purwokerto ini terbuat dari tepung dan dibentuk seperti cincin. Makanan yang satu ini memang relatif tidak mahal. Lanting ini bisa jadi teman kamu saat kamu bengong  atau lagi kumpul bareng sama teman.

7. Makanan Khas Kota Purwokerto, Buntil

Buntil, makanan khas Purwokerto yang unik dan lezat

www.diahdidi.com

Sejatinya, makanan yang satu ini merupakan menu lauk ikan khas Sokaraja yang enak kalau dinikmati dengan sepiring nasi.

Makanan khas Purwokerto ini dibungkus dengan daun singkong yang berisi parutan kelapa dengan bumbu yang sangat khas. Makanan ini bisa kamu santap dengan kuah pedas santan yang akan menambah kenikmatanmu saat memakannya.

8. Makanan Khas Kota Purwokerto,, Nopia

nopia khas purwokerto

en.likefm.org

Nopia khas Purwokerto ini juga dikenal dengan sebutan nama “Telur Gajah” yang disajikan dengan bentuk yang sangat besar dengan rasa manis, renyah dikulitnya. Dengan gula merah yang berada di bagian tengahnya, membuat lidah menjadi bergoyanga. Nopia ini diolah dalam tungku khusus lho, bahkan hanya bisa ditemukan di daerah Banyumas Purwokerto.

9. Makanan Khas Kota Purwokerto, Serabi

makanan khas Kota Purwoketo, serabi enak dan berbeda dengan  pada umumnya

www.flickr.com

Serabi yang ada di Purwokerto sangat berbeda dengan Serabi Bandung atau Solo. Akan tetapi yang menjadi pembeda adalah adonan manis yang berada ditengah serabi tersebut lho.

Serabi ini dipinggirnya berwarna putih rasa vanila dan dibagian tengahnya berwarna cokelat yang sangat manis dan jika kalau dimakan terasa gurih sekali.

Itulah refensi makanan khas yang bisa kamu temukan, jika kamu berkunjung ke Kota Purwokerto. Makanan-makanan ini siap menunggu kamu untuk disantap.

Baca juga yuk:

Yuk, Ketahui Apa saja makanan yang terenak di Kota Jember?

Mantap bener, makanan khas Kota Bandung!

Mampir yuk, ke kuliner makanan khas kota Padang!

Makanan khas Kota Jepara yang paling top di Nusantara!

Cobalah makanan khas Kota Sulawesi yang enak ini

loading...

Tinggalkan Balasan