Cara Membuat Kue Dorayaki Enak Isi Coklat Kacang Merah

Kue Dorayaki-Kue yang satu ini menjadi ikon utama di film Jepang (Doraemon) loh? Makanan yang satu ini selalu ada jika kamu nonton film anime tersebut. Nah, kali ini kamu tidak perlu jauh-jauh pergi ke Negeri Sakura untuk menikmati makanan tersebut, bahkan kamu bisa sendiri membuat dan mencicipi kelezatan kue empuk enak ini dengan citarasa sesuka hatimu tanpa menghilangkan kekhasan resep masakan asli Jepangnya.

Sebenarnya kue ini memiliki persaudaraan sama kue yang ada di Indonesia yaitu kue apem, namun yang menjadi pembeda adalah kue yang satu ini memiliki macam-macam isi tergantung dengan selera masing-masing. Bisa kamu isi dengan keju, coklat, nanas, selai dan banyak rasa lain. Sehingga kue dorayaki ini menjadi lezat untuk kamu nikmati.

Sebenarnya kue dorayaki ini hampir sama dengan pembuatan pancake sob. Kue yang satu ini memiliki tekstur yang sangat lembut loh, saat kamu pertama kali menguyahnya. Kamu penasaran gimana cara membuatnya? Langsung saja kamu simak resep kue yang di bawah ini:

Bahan-bahan Membuat Kue Dorayaki Coklat Kacang Merah

cake dorayaki typical Jepang

itadakimasuanime.wordpress.com

Bahan Isi :

200 gram Kacang Merah+Selai Coklat (Sesusai selera)
250 gram Gula Pasir
Garam (seperlunya)

Bahan Kulit:

3 butir telur
100 gram Gula Pasir
150 gram Tepung Terigu protein sedang (cake flour)
1 sdm Madu
40-60 ml Air Putih
1/3 sdt Baking Powder (Soda kue)

Cara Membuat Selai Kacang Merah (Bahan isi)

  1. Cuci bersih kacang merah kemudian rendam dalam air selama satu malam.
  2. Rebus kacang merah yang telah direndam dalam air hingga lunak (sekitar satu jam lebih).
  3. Tambahkan garam dan gula pasir, kemudian aduk hingga merata.
  4. Terakhir, rebus sampai mengental

Pembuatan Kue Dorayaki:

  1.  Tepung terigu diayak, lalu aduk dengan baking powder sampai merata.
  2.  Masukkan bahan kulit ke dalam media baskom dengan secara urut, bahan sebagai berikut: telur, gula, madu  dan tepung terigu yang kemudian dicampur dengan baking powder (adonan kulit)
  3. Aduklah adonan kulit dengan menggunakan alat pengocok sambil ditambahkan dengan air putih sedikit demi sedikit jangan sampai kebanyakan, agar adonannya tidak terlalu lunak.
  4. Diamkan adonan kulit tersebut, dengan cara ditutup dengan plastik pembungkus di dlam kulkas hingga 15 menit.
  5. Panaskan penggoreng anti lengket (teflon), kemudian oleskanlah dengan minyak goreng. Setelah itu tuangkan adonan kulit kedalam penggorengan dengan ukuran diameter kurang kurang lebih 10 cm, kemudian baru ditutup dan panggang dengan api ukuran sedang.
  6. Selanjutnya, tunggu hingga muncul gelembung-gelembung pada permukaannya. Baru kemudian balikkan dan panggang lagi kulitnya sebentar, lalu diangkat.
  7. Step terakhir, ambil dua adonan kulit, lalu oleskan salah satunya dengan menggunakan kacang merah campur coklat (sesuai selera). Setelah itu tutuplah dengan kulit lainnya hingga menyerupai seperti burger. Akhirnya kue dorayaki siap disajikan.
  8. Bisa kamu taburkan meses coklat diatasnya, sesuai selera kamu masing-masing. Agar semakin nikmat.
  9. Nah, mudahkan bikin kue kesukaan anime doraemon yang satu ini.

Dorayaki Coklat Kacang Merah

cake dorayaki

www.youtube.com

Kue Dorayaki empuk, manis dan enak ini bisa kamu nikmati bersama teman, keluarga atau sahabat ketika kumpul bareng dan sangat pas lagi jika ditemani dengan minuman hangat seperti teh, susu, kopi yang hangat, hmm enak banget sob! Bagaimana mudah bukan cara membuatnya, yakin banget pasti kamu bisa membuat. Namun jika kamu merasa masih ada kesulitan untuk membuatnya, ini ada video untuk membantu kamu sobat:

Video Cara Membuatnya Resep Kue Dorayaki Isi Cokelat Kacang Typical Jepang “Farah Quinn”

Tinggalkan Balasan