Resep Sup Kacang Merah Macaroni Pasta “Ala Belanda”

Menu makan sahur selain harus berasa lezat dan membangkitkan selera makan, sebaiknya juga bergizi tinggi agar mampu menyediakan energi yang cukup tinggi selagi berpuasa. Resep sup kacang merah macaroni  bisa menjadi pilihan sayur untuk menu ketika sahur.

Bahkan kacang merah berikut, kaya akan kandungan magnesium, kalsium, fosfor, kalium, asam folat, vitamin A, vitamin C serta kaya akan serat dan karbohidrat. Serat dan karbohidrat yang terkandung di dalam kacang merah akan membantu kamu kenyang lebih lama, tanpa harus takut kelebihan asupan kalori loh.

Resep sup kacang merah ini diadaptasi dari masakan sup khas Belanda yaitu Brennebon. Perlu kamu ingat yang membedakan dengan sup kacang merah ala Belanda, terletak pada tingkat kematangan kacang merahnya. Pada brennebon kacang merah dimasak hingga benar-benar matang dan pecah kulit arinya. Pada sup Indonesia, kacang merah dimasak hingga matang saja dan kulit arinya masih utuh.

Waktu yang dibutuhkan untuk menyiapkan masakan ini pun tidaklah lama. Bagi kamu yang tidak sempat bangun lebih cepat untuk menyiapkan menu sahur, sup kacang merah ini sangat cocok untuk hidangan spesial untuk sahur. Bahan yang diperlukan pun mudah didapat, baik di pasar tradisional maupun supermarket terdekat. Inilah refrensi resep sup kacang merah yang bisa kamu buat:

Resep Sup Kacang Merah Pasta Macaroni

sup kacang merah pasta sosis + macaroni

www.thecomfortofcooking.com

Bahan-Bahan:

  • 1 sdt Kemangi kering 5 mL
  • 1/2 sdt Oregano kering 2 mL
  • 1 Tomat rebusan 796 mL
  • 4 Cangkir kaya Kaldu Ayam 1 L
  • 1/2 sdt Garam 2 mL
  • Lada secukupnya (Sesuai Selera)
  • 1 Cangkir macaroni diperkaya pasta 250 mL
  • 1/2 Cangkir parutan keju halus
  • 2 Siung bawang putih, dicincang halus

Bahan Pelengkap:

  • 3 Daging sapi (sesuai selera) , dipotong potong membentuk dadu
  • 2 Wortel, di potong membentuk dadu
  • 2 Batang Seledri
  • 2 Bungkus Sosis
  • 1 Kaleng kacang merah 540 mL (sesuai selera), lalu dibilas sampai bersih

Cara Membuat Sup Kacang Merah

Cara Membuat Sup Kacang Merah

pixabay.com

  1. Didihkan 1 liter air, rebus tetelan daging sapi hingga empuk. Jika air berkurang, tambahkan kembali dengan air mendidih hingga jumlahnya tetap 750 ml.
  2. Masukkan kacang merah ke dalam rebusan tetelan. Masak hingga kacang merah setengah empuk.
  3. Panaskan minyak goreng di wajan, tumis bumbu halus hingga harum. Masukkan ke dalam panci rebusan tetelan dan kacang merah. Masukkan wortel, bahan pelengkap seperti (wortel, sosis, macroni, beserta bahan yang lain) dan masak hingga kacang merah empuk.
  4. Angkat, kemudian sajikan dengan taburan bawang goreng dan daun bawang seledri.

Di dalam resep ini menggunakan tetelan daging sapi sebagai penambah sedap kaldu sup. Apabila kamu kurang menyukai lemak yang terdapat dalam tetelan daging sapi, kamu bisa menggantinya dengan daging cincang.

Untuk daging cincang, kamu tidak perlu merebusnya terlebih dahulu, cukup ditumis sebentar hingga berubah warna, lalu dimasukkan dalam air kaldu. Selamat mencoba resep sup kacang merah, semoga kamu dan keluarga menyukainya.

Informasi:

Masakan sup kacang merah ini bisa kamu upgrade sesuai selara dan kacang merah ini kaya akan nutrisi/gizi yang akan menambah daya tubuh. Jangan khawatir kalau akan kena kolestrol, karena jenis kacang merah memiliki kandungan kolestrol yang sangat sedikit, daripada jenis kacang-kacangan yang lain.

Semangkok sup kacang merah yang panas ini, bisa menjadi teman yang sangat cocok di kala musim hujan maupun musim panas. Anda dapat menikmatinya dengan sepiring nasi putih hangat dan sambal untuk melengkapi penyajiannya. Apalagi disertai

Akan tetapi, memakan-makanan yang berlebihan itu juga tidak baik, karena akan mengurangi daya tahan tubuh. Akhirnya tubuh mudah melemah dan gapang mudah sakit.

 

 

Tinggalkan Balasan