6 Makanan Khas Terbaik di Kota Jepara yang Belum Anda Ketahui

Kuliner Khas Kota Jepara- Kota Jepara dikenal sebagai kota ukir, meskipun kota ini dianggap sebagai kota kecil namun memiliki keanekaragaman makanan khas cukup lengkap. Mulai dari makanan ringan sampai kuliner khas masyarakat Jepara. Bahkan kamu di sini tidak sulit mencari makanan ala Eropa.

Pasalnya sampai saat ini Kota Jepara terdapat beberapa resto atau cafe yang menyediakan menu Eropa maupun Mancanegara seperti masakan khas China, Thailand, Jepang kamu dapat pilih terserah kamu.

Ingin tahu apa saja makanan khas Kota Jepara? Berikut ini makanan khas Kota Jepara yang dapat kamu coba dan rasakan nikmatnya:

“Baca Juga: Kuliner Enak yang Ada di Kota Malang

Makanan Khas Jepara, -Pindang Serani-

Pindang Serani paling Enak -Makanan Khas Jepara-

Pindang Serani -Makanan Khas Jepara- Sumber gambar: ceritaperut.com

Pindang serani ini salah satu makanan khas orang Jepara yang bahan utama pembuatan pindang serani adalah ikan laut yang diolah menjadi sup yang enak. Pindang serani memiliki perpaduan rasa nikmat yang tiada duanya, yaitu rasa pedas, manis dan asem bercampur menjadi satu.

Hidangan menu yang satu ini dapat kamu nikmati pada pagi hari, apalagi selagi hangat dan ditemani secangkir teh atu kopi panas. Berasa nikmatnya akan membuat kamu ingat terus sama makanan yang satu ini.

Makanan Khas Jepara, -Monyos atau (Rondo Royal)-

Monyos Rondo Royal -Makanan Khas Jepara-

Monyos, Rondo Royal -Makanan Khas Jepara- Sumber gambar: fastnewsindonesia.com

Monyos atau dikenal sebagai nama rondo royal ini jajanan khas Kota Jepara. Bahan pembuatan dari monyos ini adalah tepung beras yang diisi dengan tape dan kemudian digoreng. Makanan ini memiliki rasa yang sangat unik asin, asem dan manis, pokoknya campur jadi satu.

Rondo roya ini sangat nikmat kalau disajikan dalam keadaan masih hangat dan ditemani secangkir teh  dan nikmatnya akan bisa terasa nikmat kalau kamu memakannya ditemani oleh secangkir teh.

Makanan Khas Jepara -Adon-adon Coro-

Adon-adon Coro -Makanan Khas Jepara-

Adon-adon Coro, Makanan Khas Jepara Sumber gambar: ticjepara.com

Adon-adon coro ini adalah minuman tradisional khas yang dibuat dengan menggabungkan bahan-bahan seperti jahe, santan, gula merah, serta potongan kelapa yang dibakar dan terakhir dikasih rempah-rempah. Serta minuman ini rasanya sangat manis dan ada kombinasi pedas dengan tambahan aroma jahe serta ditambah lagi rempah-rempah akan terasa nikmat. Minuman ini sangat cocok untuk menghangatkan badan kamu yang sedang mengalami kedinginan yang membutuhkan kehangatan.

Makanan Khas Jepara -Horok-horok-

makanan khas jepara (horok-horok)

Horok-horok -Makanan Khas Jepara- Sumber gambar: kuliner.panduanwisata.id

Horok-horok ini adalah makanan tradisional khas Kota Jepara yang terbuat dari tepung gula aren. Bentuk makanan yang satu ini sangat unik lho, karena menyerupai butiran-butiran kecil seperti telur ikan. Namun makanan yang satu ini memiliki rasa yang sangat gurih dan kenyal.

Bahkan  pembuatan makanan yang satu ini cukup rumit, dan memerlukan waktu yang sangat lama, kurang lebih 2 hari. Pertama-tama tepung aren dicuci terlebih dahulu hingga bersih, kemudian dikering, setelah itu tepung ini di shangrai. Tepung yang sudah kering smetelah itu dikukus. Ketika masak kemudian dituangkan dalam tempayan, lalu diaduk menggunakan serok. Untuk bumbu makanan yang satu ini, kamu bisa menambahkan sedikit garam.

Horok-horok cocok bisa dimakan sebagai campuran bakso, pecel, gado-gado dan sate kikil. Terserah kamu makanan yang satu ini bisa kamu campurkan di berbagai makanan, asalkan cocok buat kamu. 🙂

Makanan Khas Jepara, -Camilan Kacang Jepara-

Makanan Khas Jepara (Kacang Jepara)

Kacang Jepara -Makanan Khas Jepara- Sumber gambar id.wikipedia.org

Kacang Jepara yang satu ini sangat berbeda dengan kacang yang biasanya, karena kacang yang satu ini masih ada kulitnya alias belum dikupas. Setelah itu diolah dengan cara disangrai dengan pasir putih sampai warna kulit kacang berubah menjadi kehitaman.

Kacang yang satu ini sangat cocok, untuk cemilan sangat kamu nonton bareng (nobar) bersama temen-temen atau saat kamu bengong.

Apakah kamu mencari booth portable?

Kami Jual  Booth Portable Murah, untuk pemasaran makanan cepat saji (fast food) dan pemasaran beragam makanan kuliner lainnya.

Makanan Khas Jepara -Blenyik-

Makanan Khas Jepara -Blenyik-

Blenyik -Makanan Khas Jepara- Sumber gambar: www.yukpegi.com

Blenyik yang satu ini adalah ikan kecil mentah yang sudah dikeringkan dan bentuknya menggumpal seperti gorengan bakwan. Ikan kering ini bisa kamu olah dengan cara ditumis, dikukus atau juga bisa kamu olah tanpa menggunakan santan. Makanan yang satu ini sangat mantap, saat musim penghujan datang (waktu hujan), apalagi makanan yang satu ini sangat hangat dan ditambah dengan sepiring nasi.

Jika kamu berkunjung ke Kota Jepara, tidak salahnya kamu mencoba menikmati wisata kuliner yang sangat sederhana ini. Semoga artikel yang satu ini dapat menambah wawasan untuk kamu dalam mencari hidangan di Kota Jepara.

loading...

One Response

  1. Hermawan 2 Januari 2017

Tinggalkan Balasan