Inilah 6 Makanan Khas Kota Bengkulu yang Sangat Fenomenal

Makanana khas-Indonesia adalah salah satu Negara yang akan kaya objek wisatanya. Setiap daerah di seluruh Nusantara memiliki keindahannya masing-masing.

Selain objek wisatanya yang menarik, Indonesia sangat kaya akan keanekaragaman kulinernya lho. Masing masing kota memiliki makanan khas yang sangat direkomendasikan untuk kamu coba. Pada kesempatan kali ini saya akaan membahas 7 makanan khas Bengkulu yang sangat fenomenal. Berikut refensinya buat kamu:

1. Kemba’ang (Gulai)

makanan khas bengkulu (gulai kemba'ang)

en.wikipedia.org

b

Makanan khas kota Bengkulu menjadi sangat spesial di Nusantara. Bahkan kuliner yang satu ini kerap dibuat pada bulan puasa ataupun lebaran. Makanan ini sangat cocok  buat kamu santap sehabis buka puasa atau saat sahur dan dapat membangkitkan nafsu makan.

2. Tempoyak Ikan Patin

maknan khas bengkulu (tempoyak ikan patin)

www.tokomesin.com

Nama dari makanan khas Bengkulu yang satu ini sangat unik. Masakan ini merupakan hasil dari buah duarian yang sudah di fermentasi. Tempoyak ini bisa dimakan langsung, akan tetapi jarang sekali dilakukan, karena banyak yang tidak tahan dengan aroma dari makanan ini. Sebenarnya kuliner yang satu ini merupakan makanan khas dari tiga derah sekaligus yaitu Bengkulu, Jambi dan Palembang.

3. Bagar Hiu

makanan khas benngkulu (bagar hiu)

awaljamess.blogspot.com

Masakan ini adalah resep ala Kota Bengkulu yang berbahan utama dari daging ikan hiu. Sesuai dengan namanya, masakan yang satu ini menggunakan daging yang jenisnya, yaitu daging punai (ikan hiu tanduk), kenapa memilih jenis yang ini? Karena daging ikan hiu yang satu ini tidak amis dan memiliki kulit yang sangat lembut dan memiliki cita rasa yang tidak amis. Bahkan dulu Presiden Soekarno menjadikan makanan ini makanan favotritnya selama masa pengasingan pada tahun 1938-1942.

4. Kue Tat

makanan khas bengkulu

resepmasakan54.blogspot.com

Kue tat ini terbuat dari campuran tepung gandum, gula pasir, mentega serta telur ayam. Uniknya, dalam pembuatan kue in kamu harus mempunyai keterampilan yang khusus dan sudah berpengalaman, dalam artian pembuatan kue ini tidaklah mudah klarena adonan dari bahan campuran tersebut harus sesuai dengan takaran.

Bahkan kue tat ini biasanya ada yang berukuran sangat kecil dan berkuran besar, yang besar berbentuk segi empat dan diatasnya dihiasi dengan nanas atau kelapa yang sudah diparut. Kamu juga bisa mencampurkan gula merah untuk mempermanis penampilan serta menambah kenikmatan kue ini.

Kue yang satu ini cocok dimakan saat lebaran tiba, disaat kita berkumpul bersama keluarga dan menikmati enaknya kue tat ini. Bahkan kue ini dijadikan kue yang paling istimewa di acara besar, seperti ulang tahun, pernikahan, dan acara lainnya.

5. Rebung Asam Undak Liling

makanan khas bengkulu (Rebung Asam)

wargakaur.blogspot.com

Makanan khas Kota Bengkulu ini bahan utamanya adalah seuntai bambu, jika kita melihat seuntai bambu mungkin tidak pernah terbayang oleh kita untuk sekedar mencicipinya. Nah, ternyata masakan yang berasal dari bambu ini menjadi salah satu kuliner populer untuk kamu coba. Rebung (tunas bambu) ini memiliki tekstur yang masih lunak dan juga bisa diiris-iris tipis seperti memotong sayuran mentimun dan pepaya muda.

Cara pengolahannya, pertama kita harus merendam rebung. Proses merendam perlu waktu berhari-hari untuk mwndapatkan rasa keasaman dan kelaembutan yang sangat pas. Setelah itu rebung digulai dan ditambah liling. Liling ini merupakan sejenis siput sawah yang berwarna hitam.

6. Pendap

makanan khas bengkulu (pendap)

tathagati.blogspot.com

Pendap ini salah satu makanans khas Kota Bengkulu yang sangat populer dikalangan masyarakat. Bahan utama dari pembuatan pendap adalah ikan yang dicampur dengan bahan-bahan utama, yaitu bawang putih, kencur, cabai giling serta kelapa muda dan kemudian dimasak dlam balutan daun talas.

 

 

One Response

  1. Alvid Utama D. 22 Februari 2016

Tinggalkan Balasan