Yuk, Ketahui Makanan Khas Kota Jember yang Bikin Ngiler Kamu

Makanan khas Nusantara– Salah satunya yakni, Kota Jember yang memiliki kunikan sendiri, dengan cara mengolah tape menjadi makanan yang sangat lezat dan mantap. Maka dari itu Kota Jember disebut sebagai Kotanya Tape. Tidak lengkap rasanya apabila sudah menghabiskan waktu untuk meloncong tempat wisata namum belum mencoba jajanan khas daerah tersebut lho.

Apabila kamu sedang berkunjung ke Kota Jember, maka jangan sampai kelewatan untuk mencoba kuliner unik yang satu ini? Nah, ini akan aku berikan acuan untuk menentukan makanan apa yang kamu jadikan proritas pertama untuk mencobanya terlebih dahulu. 🙂

Berikut makanan khas Kota Jember yang wajib kamu coba, bila kamu berkunjung ke Kota Jember.

1. Makanan khas Kota Jember Prol Tape

proll tape makanan khas Kota Jember, yang manis dan legit di mulut kamu

cookpad.com

Prol tape ini merupakan jenis kue yang menggunakan bahan dasar dari tape singkong. Bahkan kue ini salah satu ikon Kota Jember lho, karena sering menjadi oleh-oleh parawisatawan.

Dengan jenis rasa seperti coklat, kismis, keju dan lain-lain, kue ini juga banyak digemari oleh warga Jember sendiri, karena aromanya yang enak menjadi ciri khas Kota Jember. baca selengkapnya”resep proll tape” >>>klik<<<

2. Makanan khas Kota Jember, Nasi Gudeg Pecel

Makanan khas Kota Jember nasi gudeg pecel, gabunga antara nasi gudeg dan pecel

www.guidewithme.com

Jika berbincang tentang gudeg, pastinya yang ada dipikiran kamu adalah Kota Jogja. Pecel Gudeg ini bukan asal dari Jogja lho, akan tetapi pecel gudeg ini makanan khas kota Jember.

Rasa unik dari pecel khas Kota Jember ini adalah perpaduan antara nasi gudeg, cecek dan ditambah pecel yang disantap menjadi satu. Untuk lauknya kamu bisa berbagai macam pilihan beserta harga yang berbeda. Pecel gudeg ini merupakan santapan wajib yang harus kamu coba, ketika berada di Jember.

3. Makanan Khas Kota Jember, Martabak Malabar

martabak malabar makanan khas Kota Jember yang lebar dan legit di mulut

dannioo.com

Kalimat malabar sendiri mengambil dari asal sebuah kota di India, karena penjuak pertama martabak ini adalah orang India. Keunikan dari Martabak ini adalah isinya yang menggunakan daging kambing dengan rempah-rempah yang sangat khas. Dengan tipisnya kulit martabak, daging yang empuk serta tidak amis membuat martabak ini sangat laris di Kota Jember.

Dengan mencium aromanya saja sudah membuat air liur keluar dan apalagi saat memakannya, sungguh tidak kebayang rasa nikmat yang akan membuat lidah kamu bergoyang. Tempat martabak malabar ini banyak yang menjualnya di daerah pertigaan jalan Trunojoyo.

4. Makanan Khas Kota Jember, Suwar-suwir

Doyan makanan khas Kota Jember, yang gak ada habisnya

infopangastuti.blogspot.com

Suwar-suwir makanan dari Jember yang terbuat dari tape, mengolah makanan ini dengan teknis tertentu sehingga menghasilkan bentuk seperti dodol, namun teksturnya lebih keras. Bahan pembuatan suwar-suwir ini berbahan dari tape singkong, tepung terigu serta susu dan gula. Menjadikan makanan ini legit kalau dimakan.

Awal pembuatan suwar-suwir ini hanya dibuat dengan campuran buah sirsak saja. Namun di era modern, makanan ini telah dibuat berbagai macam rasa, seperti coklat, kacang, susu, nanas dan strawbery.

5. Makanan Khas Kota Jember, Jenang Waluh

Jenang waluh makanan khas Kota Jember lengket dimulut dan kenyang diperut

resepmasakantop.com

Makanan yang satu ini, menjadikan labu kuning atau waluh sebagai dasar pembuatannya. Jenang waluh adalah makanan khas Kota Jember yang biasa disajikan bersama olahan dari ketan dan kelapa tua yang dijadikan uli, membuat makanan yang satu ini sangat enak disantap.

Perpaduan antara rasa, aromanya sangat klop dan mantap! Apabila kamu berkunjung ke Kota Jember, rugi banget lho, kalau gak nyoba makanan khas yang satu ini.

6. Makanan Khas Kota Jember, Pecel Pincuk Garahan

Pecel pincuk garahan makanan khas Jember yang warna-warni

www.jemberbanget.com

Kekhasan dari kuliner yang satu ini adalah menggunakan daun pisang sebagai wadahnya. Makanan ini menjadi nikmat dikarenakan sambel kacang pedasnya yang akan membuat lidah kamu bergetar, merasakan nikmatnya pecel pincuk ini.

Pecel pincuk ini berasal dari nama sebuah stasiun garahan, karena pada mulanya makanan ini hanya dijual di satasiun itu saja lho. Nah pada tahun 90 an makanan ini menjadi terkenal di masyarakat Jember dan Banyuwangi.

7. Makanan Kha Jember, Pia Tape

makanan khas jember pia tape yang enak e pool

infopangastuti.blogspot.com

Makanan satu ini hanya mempunyai banyak ragam rasa mulai dari keju, coklat, pisang, strawberry dan blueberry. Pia yang berwarna cokelat kekuningan ketika kamu gigit langsung terasa manis tapenya dan ada tambahan asin, jika rasa keju diperpadukan dengan cokelat atau pisang. Makanan ini bisa kamu jadikan oleh-oleh jika berkunjung ke Kota Jember.

Baca juga yuk, yang dibawah:

Makanan khas Sulawesi yang bikin ngiler!

Makanan khas Kota Bandung yang uenak e poll!

Makanan khas Kota Padang, yang bikin lidah kamu bergoyang!

Makanan khas Kota Jepara, yang unik banget!

Makanan khas Orang Bengkulu, yang bikin tergila-gila!

Makanan khas Maluku, yang sedap rancak banak!

Ini nih makanan khas Kota Malang, yang bikin kita ketagihan!

 

loading...

Tinggalkan Balasan