Inilah 9 Makanan Khas Kota Kediri yang Harus Kamu Ketahui

Kota Kediri, menyimpan sejumlah kejutan. Selain wisata alamnya yang indah, kediri juga menyimpan banyak kuliner khas. Mulai dari sarapan pagi hingga jamuan malam, semua kuliner khas Kediri ini perlu anda nikmati dan jangan ragu untuk mencobanya.

Makanan Khas Kediri -Tahu Takwa-

makanan khas kediri -tahu takwa-

bagian_perekonomian.kedirikab.go.id

Kota Kediri dikenal dengan nama Kota Tahu, tentu kamu bisa menemukan banyak tahu yang bermacam-macam, salah satunya “tahu takwa”. Tahu takwa, yang menjadi oleh-oleh khas Kota Kediri sejak tahun 1912. Tahu ini masih dibuat secara manual dengan tangan manusia. Menghasilkan, rasa tahu yang gurih, lebih kenyal dan tidak ada rasa masam sama sekali.

Makanan Khas Kediri -Sate Bekicot-

Makanan khas Kediri yang terkenal -sate bekicot-

id.wikipedia.org

Kalau anda ke Kediri, jangan lupa pergi untuk menikmati sate bekicot di Desa Jarak, kecamatan Plosoklaten. Jangan jijik dulu kalau kamu mendengar kata hewan yang satu ini. Pecayalah, dagingnya enak dang nggak bau amis. Satu porsi sate bekicot ini berisi 50 tusuk yang disiram dengan sambel kacang dan itu cukup di makan untuk 2 orang. Jika ingin sesuatu lebih gurih anda bisa mencoba kripik bekicot. Semua yang berbahan bekicot bakal kamu temui di Desa Jarak dengan nama Sate Bekicot 02.

Makanan Khas Kediri -Sate Emprit-

makanan khas kediri -sate emprit-

makananindonesia-top.blogspot.com

Tahu nggak anda emprit itu apa? Emprit itu sejenis burung pencuri padi yang hanya bisa anda temui di sawah. Tapi di tangan warga Kediri, burung emprit menjadi makanan khas kuliner mereka. Sate emprit ini di padukan dengan bumbu garam, bumbu kacang dan kecap, membuat makanan ini menjadi lebih gurih. Sate emprit juga dinikmati dengan sambal pedas yang dijamin membuat anda ketagihan.

Makanan Khas Kediri -Gethuk Pisang-

makanan khas kediri yang terbuat dari pisang -gethuk pisang-

tokojajankediri.blogspot.com

Mencari makanan yang satu ini cukup gampang. Karena disepanjang jalan Dhoho Kediri, anda bakal menemukan lapak-lapak yang berjualan gethuk pisang ini. Olahan dari pisang ini rasanya manis, sedikit asam dan legitnya membuat lidah anda terkejut akan enaknya. Gethuk Pisang ini dibuat seperti lontong dan dibalut dengan daun pisang. Untuk membelinya, anda harus berhati-hati memilihnya. Karena ada penjual yang biasanya membuat gethuk pisang ini dengan pembungkus yang sangat tebal.

Makanan Khas Kediri -Soto Depot Pojok Kediri-

makanan khas kediri -soto depot pojok- terminal kediri

www.infomakan.com

Pasti banyak kamu jumpai soto kalau main di Koita Kediri, tapi salah satu yang terkenal adalah Soto Ayam Depot Pojok Kediri di daerah jalan Doho. Racikan soto ini masih mempertahankan resep lamanya dan kuah soto yang gurih dan disajikan dengan potongan ayam suwir. Kalau anda mau, soto ini bisa ditambah dengan jeroan rempelo ati dan uritan. Salah satunya yang paling unik soto ini, anda bisa makan dengan tahu goreng.

Makanan Khas Kediri -Nasi Tumpang Pecel-

makanan khas kediri -nasi tumpang pecel- dengan peyek khas

www.pegipegi.com

Kita kembali ke jalan Dhoho Kediri, jalan kuliner wajibnya wing kediri. Di saini kamu bisa menemukan nasi tumpang pecel yang enak. Nasi tumpang pecel ini, baru dibuka mulai pukul 15.00 WIB. Nasi tumpang pecel disajikan dengan cara nasi yang diberi aneka lalapan sayur, kemudian disiram dengan sambel tumpang yang enak dan diberi peyek yang renyah.

Nasi ini disajikan dengan diatas pincuk yang terbuat dari daun pisang. Anda bisa menikmati nasi tumpang pecel ini dengan sendok atau menggunkakan tangan.

Makanan Khas Kediri -Stik Tahu Kediri-

makanan khas kediri serta oleh olehnya -tahu po kediri-

www.kulinerenak.com

Salah satu variasi dari tahu Kediri adalah Stik Tahu Poo. Stik tahu ini bisa anda dapatkan di pusat oleh-oleh di jalan Pattimura (Kali Brantas) dan jalan Yos Sudarso. Makanan ringan yang dibuat dengan cara tradisional dari tahu dan berbagai rempah ini cocok buat anda yang lagi diet. Jika dibandingkan dengan keripik lain, stik tahu ini lembut dan tetap crispy kalau digigit. Kalau kamu main ke Kediri gak afdhol rasanya kalau anda belum makan dan bawa pulang oleh-oleh stik tahu ini.

Makanan Khas Kediri -Kerupuk Upil Kediri-

makanan khas kediri -kerupuk kediri-

dellapravita.blogspot.com

Kerupuk upil kesalah satu makanan yang gurih dan nikmat dari daerah Kediri yang patut anda coba. Kerupuk ini berbeda dengan yang lain, yaitu cara pembuatannya. Jika umumnya kerupuk digoreng dengan menggunakan minyak, kerupuk upil khas Kediri digoreng dengan media pasir panas yang sudah dibersihkan sebelumnya.

Rasa dan cara membuatnya inilah yang membuat kerupuk upil kediri ini beda dengan jenis kerupuk yang lain. Biasa disajikan dengan sambel petis ataupun sambel pecel dengan cara mencocolnya, kerupuk ini akan tulus menemani goyangan lidah anda.

Baca Juga Sambil Makan Kerupuk Upil: Lagu Islami untuk Anak 

Makanan Khas Kediri -Soto Bok Ijo-

makanan khas kediri -soto bok ijo- paling mantab

kinerjaaktif.com

Soto yang letaknya di sebelah terminal Kediri ini sebenarnya sama seperti soto Kediri biasa. Namun soto ini dilengkapi dengan kuah santannya dan kol, kecambah, cabe rawit, kecap dan jeruk nipis. Makanan lain yang menjadi andalan di Soto Bok Ijo adalah ayam bakar kecapnya. Ayam yang dibakar di atas tungku arang sambil diolesi kecapp manis. Alhasil, bumbu kecapnya benar-benar meresap dan menggugah selera makan anda!

Itulah kuliner yang anda ketahui dan dapatkan di Kota Kediri. Dijamin dah, sekali mencoba anda bakal ketagihan dan bakal ingin balik ke Kediri lagi. 😀

Artikel Terkait : Makanan khas Malang, Makanan khas Bandung, Makanan khas Sulawesi dan Sebagainya.

 

Bahkan Artis Saja ke Kota Saya. 😀 Ala Venna Melinda “Mencicipi Kuliner Khas Kediri.”

Yuk Lihat…

One Response

  1. peluang usaha 25 Oktober 2016

Leave a Reply