Ternyata Ini Membuat Tepung Ikan dengan Mudah dan Murah

Kamu. Pernah baca atau kepoin tepung ikan?

Apa sih sebenarnya tepung ikan itu?

Saya akan jelaskan di sini. Selain itu saya akan membagi tips membuat Tepung Ikan dengan mudah. Baca terus ya.

Sebelum itu mari perkenalan dengan tepung ikan. Namun, sebenarnya kalau kita jabarkan tentang tepung ikan, itu sangat panjang banget. Jadi singkat aja ya! 🙂

Jadi gini tepung ikan merupakan salah satu produk yang diolah dari ikan, baik ikan tersebut dalam bentuk utuh, limbah pengolahan ikan atau bisa jadi ikan yang memang tidak layak untuk dikonsumsi manusia.

Itulah pengertian tentang Tepung Ikan. Mungkin gambar di bawah bisa dilihat dan menjelaskan. kalau memang kamu belum pernah lihat.

jual tepung ikan nasional, jual tepung ikan murah, jual tepung ikan jawa timur, jual tepung murah, jual tepung ikan murah
barrygroupinc.com

Apa kegunaannya sebenernya tepung ikan? kamu harus tahu, tepung ikan sendiri merupakan pakan kategori pakan ternak (untuk pakan peternakan dan perikanan), dan ini produk hasil dari pengolahan ikan yang memiliki kadar air sangat rendah sekali lho.

Keunggulan Tepung Ikan: Nah, tepung ikan sendiri jika dibandingin dengan tepung-tepung yang lain, ternyata punya kandungan protein mineral yang amat tinggi lho. Maka banyak yang heran juga, ternyata banyak peternak yang jangan menfungsikan salah satu bahan pokok untuk tepung ikan untuk ternaknya.

Tak hanya itu, tepung ikan sanggup difungsikan yang ternyata banyak sumber lemak & lemak, dan ada juga asam lemak tidak jenuh rantai panjang.

Apa peran kandungan dari tepung ikan ke binatang ternak kita?

  • Banyak belum tahu, refrensi yang kami pelajari. Ternyata, tepung ikan memiliki peran sangat mutlak banget untuk memperbaiki reproduksi binatang ternak kita.
  • Tidak hanya itu, para peniliti telah menunjukkan ternyata di dalam tepung ikan ini menunjukkan bahwa asam lemak esensial yang terkandung dapat meningkatkan produktivitas, mutu produk hewan ternak Anda.

Tips Mudah Membuat Tepung Ikan untuk Hewan Ternak

Bahan yang butuh disiapkan Anda, langsung dicoba:

  • Ikan teri atau (ikan mungil) yang lain dengan tepat untuk kebutuhan. Buat percobaan, bisa Anda pakai 5 kg ikan teri atau (ikan mungil) yang lain.

Catatan kecil untukmu: “Memanfaatkan ikan teri atau (ikan mungil) disebabkan murah banget.”

Peralatan yang butuh disiapkan untukmu:

  • Penggiling: Punya fungsi untuk menggiling ikan-ikan basah langsung jadi bubur ikan.
  • Oven (ini opsional ya!): Berfungsi untuk mengeringkan bubur tepung ikan, tujuan nya kadar air langsung nyusut sampai 8%. Jika Anda, tidak memiliki oven bisa pakai sinar matahari langsung, hanya saja kekurangan nya memakan waktu lama & mutu masih kalah dengan yang pakai oven atau steam.
  • Presser: Punya fungsi untuk mengeluarkan kadar lemak di bubur tepung ikan.

Nah, itu tadi Peralatan atau Bahan yang butuhkan, sekarang point penting. Bagai mana Proses dan Tips Membuat Tepung Ikan dengan Mudah, langsung baca di bawah ini. Bisa jadi wawasan mu dan eksperimen mu mungkin. 😀

1. Menggiling Ikan Basah

jual tepung ikan murah, tepung ikan murah dan berkualitas, tepung ikan kediri, tepung ikan jatim,
youtube.com

Perlu kamu tahu, penggilingan ikan basah rata-rata dijalankan langsung ikan yang berukuran besar & sedang. Jika sebaliknya ikan ukuran mungil benar-benar jarang banget untuk langsung masuk proses penggilingan.

Ikan berukuran gede (besar) yang sudah tersotir dulu, jeroan (tulang, dan yang lain) dibuang dan dicuci dulu. Berbeda dengan ikan mungil yang dimana tak ada pembuangan dalem-dalemnya atau jeroannya. Terus selanjutnya, digiling dan digiling pakai mesing penggiling ulir jadi bubur ikan mentah.

2. Pengukusan Ikan

jual tepung ikan murah. jual tepung ikan promo, jual tepung ikan 085807469991
hcatodayblog.com

Bubur ikan dari hasil gilingan langkah perdana & ikan selanjutnya dikukus dalam uap panas berlangsung selama 1 jam. Kamu tunggu sampai ikan mungil atau bubur ikan tadi, sudah benar matang dengan baik. Tujuannya sendiri adalah agar jadi bubur ikan masak. Selanjutnya…

3. Pengeringan

grosirtepungikan.com

Bubur ikan yang masak tadi, selanjutnya dikeringkan bersama dengan memanfaatkan sarana pengering sampai kandungan airnya jadi berkisar 8 prosen. Setelah selesai, baru Anda keringkan jadi cake kering ikan.

Cake ikan kering menaruh kandungan lemak tinggi ialah di atas 30 prosen saja. Pengeringan bersama memakai cahaya matahari memerlukan jangka disaat yang cukup lama. Perlu diketahui, “dinilai kurang efisien untuk digunakan dari hasil akhir kandungan air terhadapa cake ikan yang tadi, begitu susahnya untuk terukur.”

4. Pemerasan Minyak Tepung Ikan

Untuk memanfaatkan sarana dari peralatan press, yang sudah kamu siapkan tadi. Cake ikan kering yang sudah tadi, perlu kamu peras dulu sampai minyaknya ke luar. Proses ini berfungi, agar tepung yang di dalam jadi kering dan fungsinya tahan lama.

5. Penggilingan Cake Ikan

Hasil cake ikan yang sudah melintasi alat press, selanjutnya digiling memakai mesin sampai tepung ikan begitu halus dan lulus dalam predikat ayakan 40 sampai 60 mesh.

6. Packaging (Opsional)

Langkah diakhir ini pahami ya! Nah, pelaksanaan tepung ikan merupakan menggemasnya ke dalam karung plastik atau dalam wadah kedap uap air. Sebelum mengawali pengemasan, pastikan kandungan kepada air tepung ikan di bawah 8 prosen agar dapat disimpan dengan musim yang akan lama bertahannya.

Itu sharing kami untuk kamu yang baca. Bagaimana “tips membuat tepung ikan dengan cara sederhana dan mudah”. Buat tepung ikan danlam jumlah banyak. Saya sarankan agar membeli tepung ikan bisa ke link ini “jual tepung ikan termurah.”

Add Comment