Tips Membuat Pakan Ternak Ayam, Mudah dan Murah di Rumah Sendiri


www.tnhomeandfarm.com

Membuat Produk (Pakan Ternak) sendiri di rumah banyak alternatif nya, dan tergolong murah. Namun, harus diperhatikan dalam produksi atau membuatnya.

Pakan ternak sendiri merupakan asupan untuk hewan ternak ataupun peliharaan. Makanan untuk pakan ternak dari Bahasa Jawa, sumber energi dan untuk masa pertumbuhan dan produksi, kehidupan untuk makhluk hidup (ayam).

kinerjaaktif.com

Zat dan nutrisi terkandung pakan ini sangat bermanfaat oleh ternak untuk memenuhi kebutuhan pokok dan perkembangan hewan ternak itu sendiri.

Selain itu, pakan ini juga merupakan dasar bagi kehidupan yang secara terus menerus berhubungan dengan kimiawi tubuh hewan dan kesehatan.

Tata Cara Pemberian Pakan

youtube.com

Pemberian pakan ternak harus sesuai, dengan kebutuhan tubuh ternak tersebut, bahan pakan merupakan bahan makanan ternak yang terdiri dari bahan berdasar kering dan air yang wajib diberikan kepada ternak.

Bertujuan untuk memenuhi kebutuhan hidup dan masa perkembangan serta produksinya.

Contohnya saja pakan ayam menjadi salah satu pokok bagi para peternak ayam, karena harga pakan tidak bisa dipatenkan terkadang naik turun, bahkan bisa melambung tinggi.

Sedangkan pakan ayam dan harga ayam sangat jauh berbeda, akan beresiko merugikan para peternak ayam.

www.spendmatters.com

Nah, untuk mengurangi resiko tersebut pada umumnya para peternak meramu pakan alternatif di rumah sendiri demi menekan biaya pakan yang menjadi permasalahan di atas.

Maka dengan menggunakan cara di bawah ini, dapat dikatakan efektif, Dikarenakan, selain bisa menekan biaya pakan, pemberian pakan alternatif ini juga bisa meningkatkan produktifitas hewan ternak.

Wacana di bawah ini, bisa menambah wawasan untuk kamu. Bagaimana Tips Membuat Pakan Ternak Ayam Mudah di Rumah dengan Mudah. Enjoy to read:

Sebelum itu ada yang kamu harus penuhi, untuk membuat pakan ayam ternak. Ada 3 bagian yang dicari:

thepoultryguide.com
  • Bahan Nabati (biji-bijian) – golongan seperti jagung dan kacang-kacangan, bisa juga dedak, bekatul, beras merah dan lain sebagainya.
  • Bahan Hewani – golongan seperti bekicot, keong, tepung ikan, tepung tulan ikan atau lainnya, tepung kerang. Bisa memakai tepung ikan akan lebih guna untuk meningkatkan produksi, serta calsium cukup tinggi.
  • Bahan terakhir bisa memakai – golongan limbah industri udang.

Next Read… di bawah yuk.

Jenis-jenis pakan Ayam dan Kandungannya

bakeryandsnacks.com

Macam-macam jenis ayam meskipun itu ayam kampung, ayam pedaging dan ayam petelur harus diberikan pakan yang kaya akan gizi.

Bukan hanya itu, jenis-jenis pakan ayam termasuk kandungan di dalamnya bisa kamu aplikasikan di rumah. Pakan ayam yang mengandung banyak gizi serta protein akan cepat, meningkatkan tingkat produksinya serta cepat menaikkan bobot.

Berikut macam atau jenis pakan ayam bisa kamu gunakan di rumah,

Pakan Ternak, dengan Nama Bahan “Sorgum”

www,today.com

Sorgum sendiri merupakan jenis tanaman dari golongan rumput-rumputan, dan masih berteman dengan keluarga padi, jagung, dan gandum.

Biji sorgum, mempunyai kandungan karbohidrat tinggi sehingga dapat dimanfaatkan sebagai makanan pokok atau kebutuhan primer dari 500 juta penduduk bumi, itu yang dapat kami temukan infonya.

Tak disangka juga makanan dari sogum ini sebagian besar juga dipakai untuk pakan ternak. Tanaman ini banyak dibudidayakan dengan asal golongan spesies Shorgum Bicolor.

Bisa dilihat dari segi kemanfaatannya dipecah menjadi empat macam tanaman sorgum.

  1. Sorgum biji, yang dimanfaatkan ialah bijinya.
  2. Sorgum manis, yang dimanfaatkan ialah patinya.
  3. Sogum broom, yang dimanfaatkan ialah material seratnya.
  4. Sorgum hijauan, yang dimanfaatkan ialah biomasanya untuk pakan ternak.

Sedangkan, kandungannya sendiri proteinnya lebih tinggi daripada jagung dan tanaman ini sedikit mengandung xantofil kurang lebih perkiraan (1,5 ppm).

Kombinasi sorgum bisa dengan bungkil kedelai bisa menghasilkan suplemen yang berupa metionin dan lisin yang baik. Sorgum memiliki zat antinutrisi, bernama tanin. Kandungan ini memiliki variasi yakni, mulai dari 0,09-5,374%.

Pakan Ternak Ayam, Nama Bahan”Pollard”

www.feedipedia.org

Pakan ini merupakan hasil dari penggilingan gandum menjadi tepung terigu. Dan pollard sendiri mengandung serat kasar antara sekitar 7-9,5% dan proteini sekitar 15%. Nilai energi metabolisnya sendiri bisa terjadi sekitar 1.700 kkal/kg.

pinterest.com

Nilai tersebut bisa bersinambung dengan kandungan lemaknya dengan berkisar 3-4%. Penggunaan pakan ternak ayam ini, bisa dikatakan energi metabolisnya yang rendah.

Pakan Ternak Ayam, dengan Nama Bahan “Dedak Padi”

www.foodbusinessnews.net

Dedak padi sendiri dari proses penggilingan padi menjadi beras. Dedak padi sering kali dipergunakan dalam pakan ayam ternak, dikarenakan memiliki potensi daya sedia selalu ada.

Pakan ternak ini banyak sumber energi dan asam amino pada unggas, namun keseimbangan zat ini kurang baik. Apalagi penggunaaan dedak padi dalam pakan sangat terbatas, terutama pada ayam muda, karena kandungan serta kasarnya tinggi berkisaar sampai 11%.

Zat serat kasar sendiri adalah nutrien yang sedikit dapat dicerna oleh ayam. Selaini itu kandungannya mengandung asam fitat tinggi yang bisa menurunkan ketersediaan mineral fosfor.

olx.co.id

Bukan hanya akan menurunkan ketersediaan mineral fosfor dalam pakan saja, kualitas dari dedak padi ini sangat perlu diperhatikan sebelum menggunakan untuk pakan ternak.

Hal ini dikarenakan dedak padi banyak dicampur dengan bahan lainnya seperti sekam dan kapur. Dedak yang sudah tercampur dengan bahan lainya tersebut, membuat kandungan nutrien menjadi menurun.

Pengecekan kualitas dedak bisa dilakukan dengan mengukur kepadatan bahan pakan (bulk density). Dedak padi yang baik memiliki bulk density dengan ukuran 417 kg/m.

Pakan Ternak Ayam, Dengan Memakai “Singkong”

Makanan yang biasa kamu makan, bisa dipakai untuk pakan. Singkong sendiri banyak tumbuh di Indonesia, dan juga berpotensi sebagai bahan baku primer pakan sebagai sumber energi.

www.agricdemy.com

Kandungan energi metabolisnya terukur tinggi, hampir sama dengan pakan seperti jagung (nilai 3.440 kkal/kg). Namun, kandungan dalam singkong proteinnya rendah, terukur (nilai 2-3%).

Banyak mengandung juga sianogenetik glukosida. Jika akan dipakai pakan ini, semua berpandapat sebaiknya singkong sudah diolah terlebih dahulu dengan melalui praktek di jemur.

Dijemur di bawah terik matahari untuk menghilangkan kandungan zat antinuriennya dan bisa disebut pakan ternak ini sebagai sebutan gaplek.

Pemakaian singkong dalam pakan ternak sebaiknya kurang sekitar 20%, karena pemakaiannya yang berlebihan dalam pakan akan menyebabkan fases tergolong basah.

Pakan Ternak Ayam, dengan Nama Bahan “Minyak atau Lemak”

kinerjaaktif.com

Minyak atau lemak sendiri merupakan bahan baku pakan sumber energi dan tidak sekali mengandung protein, mineral dan vitamin. Minyak dan Lemak yang dipakai dalam ransum sendiri banyak mengandung energi.

Selain sebagai bahan pakan dengan penuh sumber energi, penggunaan minyak dan lemak dapat meningkatkan efisiensi pakan, mengurangi pakan berdebu, bisa memperbaiki warna, palatabilitas, dan tekstur ransum.

Minyak dan Lemak yang dipakai sebelum ke proses pembuatan pelet bisa menurunkan kadar kualitas pelet. Jadi, sebaiknya minyak disemprotkan saja untuk meningkatkan kualitas pakan seperti pelet.

kinerjaaktif.com

Bermacam-macam sumber minyak yang sering dipakai dalam ransum adalah minyak kelapa, minyak sawit dan minyak ikan yang mengandung energi metabolis masing-masing sebesar dengan (nilai 7.000, 7.200, dan 8.600 kkal/kg).

Sebenarnya akan lebih terasa menyenangkan apabila kita dapat membuat pakan untuk peternakan kita sendiri. Disamping lebih menghemat pengeluaran, kita dapat memberika pakan untuk ayam kida dengan bahan yang berkualitas dan aman juga.

Jika pakan sesuai dan aman akan berpengaruh pada produksi telur serta dagingnya. Sebelum mengetahui cara untuk membuat pakan kita harus mengetahui membuat pakan apa.

Jika itu jenis ayam kampung juga ayam pedaging, prosentasinya sendiri tepung ikan lebih sedikit, jika dibanding dengan membuat untuk pakan ayam petelor. Ini semua dengan tujuan untuk memaksimalkan hasil produksi agar tepat guna.

Di bawah ini ada sedikit ulasan, cara membuat pakan ayam.

1. Membuat Pakan Ayam Kampung

GAMBAR

Bagi kamu yang memiliki ternak ayam kampung di rumah, ini ada resep atau cara membuat pakan ayam yang bisa langsung praktik di rumah, dengan bahan-bahan yang mudah saja di dapatkan saja sekitarmu.

Bahan yang bisa dicari:

  1. Pohon talas (umbinya saja, daun dan tangkainya bisa kamu kombinasikan).
  2. Dedak Bekatul.
  3. Beras Dalog
  4. Terakhir, Tepung tulang.

Tahapan untuk mebuatnya:

  1. Cincang umbi talas atau daunnya sampai berukuran kecil atau kurang lebih berukuran 1cm.
  2. Sesudah umbi talas telah dicincang kemudian campurkan seluruh bahan yang sudah kamu sediakan seperti beras dalog, dedak, serta tepung tulang. Menjadi satu, berikutnya tambahkan air secukupnya, dan selanjutnya bisa kamu rebus sampai semua bahan ancur dan tercampur rata.
  3. Kemudian sebelum mencampur semua bahan yang sudah tersedia, kamu harus memperhatikan takarannya, untuk membuat pakan seberat 2kg.
    • Selanjutnya kamu harus mencampurkan 1kg umbi talas, ½ kg beras, ½ kg dedak dan tepung tulang nya tadi berikan sebanyak takaran (1 sendok makan) atau bisa selera kamu.
  4. Terakhir (finish step), jika pakan sudah tercampurkan dengan merata, kemudian angkat dan dinginkan, jika sudah dingin. Siapkan untuk diberi pada peliharaan kamu (ayam kampung).

2. Membuat Pakan Ayam Pedaging Bergizi dan Bernutrisi di Rumah

Untuk membuat pakan jenis ayam pedaging ada tahapan yang harus kita penuhi, pertama penghalusan, penguapan, percetakan dan pengeringan.

Dari penghalusan sendiri semua bahan telah kamu siapkan harus dihaluskan, setelah itu dikukus atau diuapi dengan tujuan makanan steril dan terhindar dari kuman, untuk pengukusan sendiri memakai suhu 800 °C sampai 900 °C.

Bila kamu memakai suhu di atas ketentuan tersebut, maka kandungan nutrisi atau gizi yang ada di dalamnya bisa menghilang.

*Bahan yang bisa disediakan:

  1. Jagung 6 Kg.
  2. Bekatul 0,2 Kg.
  3. Tepung Gaplek 0,2 Kg.
  4. Tepung Darah 0,3 Kg.
  5. Tepung Ikan 1,4 Kg.
  6. Kedelai 0,7 Kg.
  7. Bungkil Pepaya 0,5 Kg.
  8. Bungkil Biji Kapuk 0,1 Kg.
  9. Daun Pepaya 0,2 Kg.
  10. Tepung Bulu Unggas 0,4 Kg.
  11. Premix 0,05 Kg.

Untuk tahapan akhir atau finisher bisa dengan kompisisi sebagai berikut:

  1. Jagung 5 Kg.
  2. Bekatul 0,7 Kg.
  3. Tepung Gaplek ½ Kg.
  4. Sorgum 1 Kg.
  5. Tepung Ikan 0,3 Kg.
  6. Kedelai 0,9 Kg.
  7. Tepung Drah 0,3 Kg.
  8. Kedelai 0,9 Kg.
  9. Bungkil Kelapa ½ Kg.
  10. Bungkil Biji Kapuk 0,05 Kg.
  11. Tepung Daun Pepaya 0,25 Kg.
  12. Tepung Bulu Ayam 0,25 Kg.
  13. Minyak Kelapa 0,1 Kg.
  14. Premix 0,05 Kg.

Tahapan Pembuatan Pakan Ayam Pedaging.

  • Pertama campur semua bahan menjadi satu kesatuan.
  • Berikutnya, bisa dihaluskan dengan memakai mesin penepung sampai jadi tepung.
  • Bahannya sudah menjadi tepung, setelah itu kamu aduk dengan memakai mesin mixer.
  • Setelah merata, selanjutnya kukus bahan tersebut dengan suhu sekitar 800 sampai 900 °C.
  • Jika sudah dirasakan matang, keluarkan.
  • Bahan sudah matang dan masih hangat dan panas, adonan tersebut, setelah itu cetaklah memakai mesin pencetak pelet.
  • Setelah menjadi adonan pelet, keringkan dengan cara mengkeringkan memakai mesin pengering.
  • Finish step, pakan ternak untuk ayam pedaging telah siap.

3. Membuat Ayam Petelur Bernutrisi

GAMBAR

Bahan apa saja yang perlu disiapkan:

  1. Jagung Giling.
  2. Tepung Ikan.
  3. Kacang Tanah.
  4. Bekatul.
  5. Sorgum.
  6. Singkong.
  7. Dedak Padi.
  8. Ampas Tahu.
  9. Ampas Kelapa.
  10. Ampas Kedelai.
  11. Limbah Pertanian dan Rumah Tangga.

Tahapan untuk membuat pakan ternak “Ayam Petelur”:

  • Pertama lakukan penjemuran bahan-bahan yang ingin digiling dan juga dicampur sampai sekitar 1-2 minggu hingga benar-benar mengering.
  • Setelah itu lakukan penggabungan bahan yang akan dipilih di atas, dengan cara mengaduk sampai benar-benar merata. Apabila ingin merata dan tergabung dengan baik, sebaiknya memakai mesin penghalus dengan aturan yang sesuai.
  • Jika tercampur dengan baik, lakukan penjemuran lagi dengan maksimal sekitar 1-2 hari untuk hasil tingkat kering yang tinggi.
  • Pada saat penjemuran ini membutuhkan terpal dengan menggelarnya, di tengah terik matahari dengan tujuan cepat kering serta maksimal.
  • Jika sudah kering lakukan penguangan di ember plastik sampai merata dan lakukan pemberian suplemen atau vitamin untuk mempercepat produksi dan pertumbuhan ayam petelur pada telurnya.
  • Lakukan pemisahan pada tempat (wadah) yang telah ditentukan mu, dan lakukan pemberian pakan dengan baik juga.
  • Finisher, nasehat saja. Pada memberian pakan sebaiknya memberikan air secukupnya dan lakukan pengadukan sebelum pemberian pakan tersebut.

Pemberian pakan alternatif, dapat dibilang lumayan. Karena selain dapat meningkatkan produktifitas telur juga dapat menekan biaya pakan sampai 50%, akan tetapi ada kendla dari pakan alternatif ini semua.

Karena adaptasi ayam, juga terkadang ayam yang belum terbiasa dengan pakan ini kemungkinan jarang mau memakannya. Lama-lama ayam tersebut pasti akan kebiasaan dan mau tak mau harus memakan pakan alternatif ini.

Add Comment