Yuk Berkunjung ke Makam Para Nabi

 

Dalam Islam mempunyai dan mengenal nama para Nabi yang berjuang di Agama Allah SWT, Nabi adalah utusan Allah SWT yang ditugaskan untuk membenarkan sifat atau perilaku manusia dengan tujuan agar manusia tersebut bertauhid dan serta mengamalkan apa yang di ajarkan oleh Nabi Allah SWT dengan benar. Semoga yang diajarkan oleh para Nabi bisa diamalkan manusia dengan maksud menjadi pedoman dan petunjuk di Dunia dan di Akherat. Kita akan fokus membahas tentang mengetahui Makam Para Nabi beserta tempat ibadah-Nya. Selamat membaca 🙂

Dalam surah Al-Baqarah;30 yang saya baca yang berbunyi:
 Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu berfirman kepada Malaikat: Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di bumi. Mereka bertanya (tentang hikmat ketetapan Tuhan ) Malaikat (berkata): “Apakah Engkau (Ya tuhan kami) hendak menjadikan di bumi itu orang yang akan membuat bencana dan menumpahkan darah (berbunuh-bunuhan), padahal Kami senantiasa bertasbih dengan memuji-Mu dan mensucikan-Mu? Tuhan(Allah swt) berfirman: Sesungguhnya Aku mengetahui akan apa yang kamu tidak mengetahuinya.

Makam Nabi Adam As

Makam Para Nabi

www.kinerjaaktif.com

Nabi Adam AS.

Menurut dalam buku Al-Bidayah wan Nihayah Ibnu Katsir yang pernah saya baca, di dalam buku itu menjelaskan bahwa umur nabi Adam As dann Nabi Idris AS jarak antar mereka yaitu 1000 tahun. Namun ada juga yang berpendapat lain umur Nabi Adam As berkisar 1000 tahun dan dikurangi 40 tahun, jadi umur beliau adalah 960 tahun. Wallahu a’lam bish showab.

Di riwayatkan dalam Al-Quran:

Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu berfirman kepada Malaikat: Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di bumi. Mereka bertanya (tentang hikmat ketetapan Tuhan ) dengan berkata: “Apakah Engkau (Ya tuhan kami) hendak menjadikan di bumi itu orang yang akan membuat bencana dan menumpahkan darah (berbunuh-bunuhan), padahal Kami senantiasa bertasbih dengan memuji-Mu dan mensucikan-Mu? Tuhan(Allah swt) berfirman: Sesungguhnya Aku mengetahui akan apa yang kamu tidak mengetahuinya. Dalam (Surah Al-Baqarah: 30)

Makam Nabi Harun As

Makam Para Nabi

sumber www.kinerjaaktif.com

Nabi Harun AS

Menurut buku Sejarah Islam yang pernah saya pelajari Nabi Harun AS, 4 tahun sebelum lahirnya Nabi Musa AS di dalam buku tersebut diriwayatkan bahwa Nabiyullah Harun AS lahir di Sinai Mesir. Beliau membantu Nabi Musa AS memimpin Bani Israil ke jalan yang benar di jalan Allah Swt. Dan diriwayatkan beliau wafat pada umur 123 tahun tempat makam berada  di Bukit Thursina.

Di Ceritakan dalam Al-quran:

Nabi Harun AS dilahirkan empat tahun sebelum Nabi Musa AS. Nabi Harun yang fasih berbicara dan mempunyai pendirian tetap sering mengikuti Musa dalam menyampaikan dakwah kepada Raja Fir’Aun, Hamman dan Qarun. Nabi Musa sendiri mengakui Nabi Harun saudaranya yang fasih berbicara dan berdebat, seperti diceritakan dalam Al-quran: “Dan wahai saudaraku Nabi Harun, ia lebih fasih lidahnya daripadaku, maka utuslah dia bersamaku sebagai pembantuku untuk membenarkan (perkataan ku), sesungguhnya aku masih kawatir mereka akan berdusta.” 

Makam Nabi Yusuf As

Makam para Nabi Allah

www.kinerjaaktif.com

Nabi Yusuf As 

Menurut buku ahli sejarawan didalam buku tersebut, Nabi Yusuf  As adalah putra dari Nabi Ya’qub As yang menjadi Raja Mesir setelah menggantikan Raja Mesir sebelumnya Al-azis,  Nabi Yusuf As wafat di Mesir pada umur 110 tahun yang lebih pendek dari pada Nabi Harun As. Dan di makamkan di Mesir dipindahkan oleh saudara-saudara (untuk memenuhi wasiat) makam Nabi Yusuf As di pindah ke Nablus Palestina, sampai sekarang.

Di Riwayatkan dalam Al-Quran:

Maka tatkala wanita itu (Zulaikha) mendengar cercaan mereka, diundangnyalah wanita-wanita itu dan disediakannya bagi mereka tempat duduk, dan diberikannya kepada masing-masing mereka sebuah pisau (untuk memotong jamuan), kemudian dia berkata (kepada Yusuf): “Keluarlah (nampakkanlah dirimu) kepada mereka.” Maka tatkala perempuan-perempuan itu melihatnya, mereka kagum kepada (keelokan rupa) Nya, dan mereka melukai (jari) tangannya dan berkata:
“Maha sempurna Allah, ini bukanlah manusia. Sesungguhnya ini tidak lain hanyalah malaikat yang mulia.” (QS. Yusuf : 31)

Makam Nabi Muhammad SAW.

www.kinerjaaktif.com

Nabi Muhammad Saw.

Buku Sejarah Islam yang saya pelajari dan hayati, didalam buku tersebut mengatakan bahwa Nabi Muhammad Saw adalah Seorang Pejuang dan Sesosok Pemimpin yang dimulaikan dan patut dicontoh oleh Umat Muslim. Nabi Muhammad Saw adalah penuntun umat agar tidak keluar jalur agama masing-masing dan bertauhid kepada Allah Swt.Wafat pada umur 63 tahun lebih pendek daripada para Nabi yang lainnya Makam Nabiyullah Muhammad berada di rumah ’Aisyah terletak di Masjid Nabawi Madinah.