Bingung Cara Beternak Lovebird? Kuasai Dulu Teknik-teknik Dasarnya

Lovebird termasuk juga jenis burung yang sangat mudah untuk kita jinakan, karena lovebird mempunyai hubungan emosional sama seperti burung yang lain.

Burung ini sangat aktif, jadi tidak heran jika kita akan kewalahan sama tingkah laku sama burung lovebird yang satu . Pada umumnya akan klabakan (membentangkan sayapnya), jika didekati manusia.

Mereka mungkin tidak suka dengan kehadiran kita, banyak orang juga yang heran ketika melihat tingkah laku lovebird jinak sama majikannya, bisa di ajak main ataukah disengaja untuk di lepas diruang terbuka dan mereka tidak akan pergi jauh seakan seperti rumahnya dimana.

Keuntungan bagi mereka yang menjinakkan burung lovebird, salah satunya adalah saat kita lengah dan lovebird tersebut kabur, kemungkinan tidak akan jauh terbang, mungkin hanya berputar-putar di sekitar rumah dan saat lapar mereka akan kembali ke kandanganya. Sebenarnya ada tip dan trik khusus untuk menjinakan burung lovebird.

Cara Mudah Menjinakan Lovebird (Burung Cinta)

1. Peliharalah Sejak Usia Dini

Metode ini sudah banyak yang menggunakaannya, kita harus memisahkan mereka dengan dari induknya, ketika mereka masih kecil sekitaran umur 10 harian. Hal ini akan membuat lovebird memiliki hubungan spesial dengan majikannya. Baca juga (Cara Sukses Beternak Lovebird)

Namun ingat kamu harus memberi pakan menggunakan tangan atau suntikan khusus hingga mereka tumbuh dan dapat belajar mencari makanan sendiri.

2. Memandikan Lovebird Dengan Cara Semprotan

Tahap selanjutnya, memandikan lovebird. Metode ini terbilang efektif, dimana lovebird sebagai hewan yang suka dengan air, mereka akan menikmati saat menyemprotkan tubuhnya dengan menggunakan spray.

Caranya, arahkan semprotan ke arah kaki lovebird dahulu, kemudian kamu dapat melanjutkan dengan mengarahkan ke badan mereka. Lakukan, sampai lovebird basah kuyuh. Kenapa cara ini dilakukan? ketika sangat basah lovebird akan diam terpaku, seakan pasrah jika sering melakukannya, burung ini akan merasa manusia bukanlah pengganggu.

3. Memandikan Dengan Dipegang

Jika kamu belum pernah mencoba mungkin ini terdegar ekstrim, Namun hal ini banyak burung lovebird jinak, yang perlu dipersiapkan adalah baskom yang berisi air. Kemudian usap-usapkan air ke tubuh lovebird durasinya tidak perlu lama, yang terpenting lovebird kelihatan basah.

Yang perlu diperhatikan, pastikan kamu terbiasa memegangnya karena resikonya burung bisa lepas jika terlalu memaksa memegangnya, burung akan tidak nyaman.

4. Memperhatikan Lingkungan Sekitar

Menaruh kandang lovebird di area yang mana banyak orang lalu lalang. Tahap ini bukan proses penentu lovebird dapat dijinakan, namun bisa membantu burung agar terbiasa dengan kehadiran manusia.

5. Kosongkanlah Sangkar

Sangkar jangan dibiarkan ada pakan, kalau perlu bersihkan sisa-sisa makanan yang berjatuhan lakukan ini pada pagi hari sekitar 3 jam, contohnya jam 7-9 pagi. Ketika lovebird lapar mereka akan melakukan semua hal termasuk mendekati manusia.

Caranya taruklah millet diatas tangan, kemudian ulurkan ke lovebird yang lapar, tunggulah sampai mereka memberanikan diri memakan millet langsung ditangan kita.

6. Memotong Pangkal Sayap

Sebenarnya metode ini dilakukan bukan untuk menjinakkan lovebird, namun paling tidak mereka tidak dapat terbang jauh dan kamu pun bisa mengajak mereka main.

Teknis Cara memotong Pangkal Sayap Lovebird

Setelah kita mengetahui cara menjinakan lovebird dengan baik, dibawah ini kita akan mempelajari cara perawatan Lovebird dengan teknik-teknik khusus. Berikut cara perawatan “Lovebird” yang harus kamu perhatikan:

1. Kandang

Model kandang yang baik, ketika menternak lovebird

cagesbydesign.com

Kandang yang bagus memiliki ukuran yang setidaknya 24-30 inci lebar dengan dua atau lebih untuk tempat betengger. Usahakan tempat betenggernya memiliki ketebalan yang sesuai dengan ukuran kaki loberd, jadi jangan terlalu besar dan pakailah kayu yang alami akan membuat lebih bagus.

Jaga kandang agar tetap bersih selalu, beberapa penyakit semisal penyakit, mata  snot adalah pembunuh lovebird yang sangat familiar, diakibatkan oleh kandang yang sangat kotor.

2. Makanan

Lovebird membutuhkan asupan makanan yang akan kaya nutrisi. Sebelum memberikan makanan lebih baik untuk dibersihkan dahulu sisa makanan sebelumnya.

i.ytimg.com

Makanan adalah aspek yang penting dalam merawat atau menjaga lovebird, seperti binatang lainnya, burung lovebird pun harus memiliki makanan yang layak untuk dikonsumsi.

Sebenarnya burung lovebird dapat diberikan banyak varian makanan, bahkan makanan-makanan tersebut sering kita makan juga. Saya sarankan untuk memberikan makanan seperti, biji-bijian yang bercampur. Berilah juga banyak kangkung terlebih lagi, jika lovebird saat dikawinkan. Setidaknya sudah dibersihkan dauhulu kandang, sebelum memberikan makanan berikutnya.

3. Kesehatan

Jagalah agar bersih, untuk menjaga lovebird agar tetap bisa beraktifitas dan sehat.

pecintahewan.com

Beberapa yang harus kamu perhatikan untuk menjaga Lovebird tetap sehat:

Bersihkan kandang sehari sekali atau dua hari sekali tergantung tingkat kotor kandang tersebut.

Jangan terlalu berlebihan saat memberikan makanan pada lovebird, binatang yang satu ini sangat rakus.

Setiap hari cek apakah tempat air minum dikandang sudah kotor atau tidak, jika kotor lakukanlah pembersihan. Kemudian ganti dengan air yang bersih.

Lebih seringlah memandikan lovebird, kegiatan ini akan membuat kamu senang, karena perilaku lovebird sangat menggemaskan.

Berikan multivitamin dan nutrisi agar lovebird tetap fit, beberapa bird lover menggunakan propolish. Untuk menjaga kesehatan burung.

4. Hiburan

Agar tidak mudah stress, lovebird membutuhkan hiburan atau setidaknya diberi pasangan hidup.

i.ytimg.com

Seringlah untuk berinteraksi dengan lovebird, ajak mereka untuk main atau berikan mainan pada lovebird, bisa berupa gantungan-gantungan dengan bentuk yang unik dan berikan bola plastik kecil.

Dengan begitu kamu akan melihat seberapa kocaknya mereka memainkan mainan tersebut. Jika kamu bisa membiarkan mereka bebas didalam suatu ruangan tertutup. Hiburan seperti ini akan membuat lovebird tidak stress, sebab lovebird ini adalah binatang yang sangat aktif jadi jangan biarkan mereka hanya diam di kandang saja.

Baca juga:

Cara Beternak Lovebird Dengan Cara “Poligami”

Tinggalkan Balasan