Tips Menjadi Enterpreneur Sejak Dini

Menjadi seorang pengusaha atau seorang enterpreneur memang tidaklah perkara mudah di era serba digital dengan jumlah populasi manusia yang sudah sangat banyak seperti saat ini. Namun apakah kita sendiri sudah mengetahui apa yang dimaksud dengan istilah “enterpreneur” yang mulai ramai diperbincangkan pada era moderen saat ini, walaupun istilah tersebut sudah ada sejak jaman dahulu.

Enterpreneur merupakan seseorang yang selalu membawa perubahan, inovasi, ide-ide baru dan aturan baru. Entrepreneur yaitu seeorang yang  mempunyai dan membawa sumber daya berupa tenaga kerja, material, serta asset yang lainnya pada suatu kombinasi yang mampu melakukan suatu perubahan/ menambahkan nilai yang lebih besar daripada nilai yang sebelumnya.

(dikutip dari temukanpengertian.com)

Cara menjadi seorang enterpreneur

Enterpreneur setelah kita pahami, tentu saja seseorang yang dapat memberikan nilai lebih dari sebuah produk yang akan “dijual” ke konsumen umum dengan memberikan perbedaan yang signifikan dengan produk lainnya atau pun dengan yang sebelumnya. Hal ini biasanya ditunjukkan dengan adanya metode atau riset yang dilakukan oleh para enterpreneur untuk menghasilkan produk yang berbeda dan menarik. Proses “menjual”nya pun tidak lagi dengan cara konvensional seperti penjual dan pembeli pada kebanyakan. Dukungan sistem jaringan informasi dan perbankan secara jaringan juga turut mendorong bagaimana seorang enterpreneur berkembang.

Salah satu langkah awal menjadi seorang enterpreneur

Ada banyak cara mengenai bagaimana menjadi seorang enterpreneur pada era moderen seperti saat ini, misalnya :

  1. Buka bisnis kuliner

Seperti kita ketahui bahwa setiap manusia membutuhkan tiga kebutuhan primer setiap harinya yaitu pangan, sandang, dan papan. Berarti, kebutuhan akan pangan akan semakin tinggi mengingat populasi manusia yang kian meningkat setiap waktunya. Ditunjukkan dengan peningkatan jumlah kelahiran di mana-mana.

  1. Jual-beli online

Tidak dipungkiri jika sekarang, jual beli online segala produk kebutuhan sehari-hari atau pun kebutuhan tersier menjadi sebuah tren yang sangat tinggi tingkat perkembangannya. Hampir seluruh media sosial menjadi tempat untuk berpromosi karena memiliki kemudahan dan dapat menekan biaya promosi serta memberikan hasil yang cukup besar tergantung bagaimana kecerdikan individu tersebut dalam melakukan promosi dan packaging-nya.

  1. Beternak

Beternak di sini jangan diidentikkan dengan beternak kotor yang di mana kita harus turun tangan mengurusi hewan ternak secara langsung. Angon, sebuah terobosan baru memberikan kemudahan dalam beternak dengan cara yang lebih mudah. Hanya dengan sentuhan jari pada layar smartphone, kita sudah bisa terjun ke dalam dunia peternakan baik itu ternak kambing maupun sapi.

Kemudahan ini akan semakin mendorong kita untuk dapat terjun menjadi seorang enterpreneur di mana kemampuan kita untuk menjadi seorang pengusaha yang memberikan nilai berbeda dengan produk lain akan semakin terasah.

Sebagai contoh pembelajaran, Angon.id telah melakukan kerja sama dengan Al Azar group untuk membantu Al Azar dalam mengembangkan pendidikan enterpreneur kepada seluruh siswanya sejak dini. Bahkan enterpreneur dijadikan sebuah kurikulum penunjang akademik dan disediakan uang elektronik untuk beternak menggunakan sarana yang disediakan oleh Angon.id.

Setiap siswa Al Azar akan diberikan akun untuk mengakses Angon.id untuk mengetahui bagaimana nantinya sistem jual-beli ternak yang dimiliki oleh Angon.id dapat digunakan oleh seluruh siswa.

Pengemasan pembelajaran enterpreneur dengan metode ‘ternak online‘ oleh pihak Al Azar dan Angon.id dalam menunjang sistem pembelajaran tentu pada akhirnya akan memberikan sebuah terobosan baru dalam peningkatan kreativitas anak dalam bidang enterpreneur pada nantinya.

Siswa akan diberi keleluasaan untuk mengurus ternaknya melalui Angon.id secara individual sehingga mereka bebas untuk mengelola ternaknya mandiri. Selain itu, mereka pun akan belajar mengenai prediksi keuntungan dengan melihat grafik yang telah disediakan oleh Angon.id.

Nah itulah tiga cara untuk menjadi entrepreneur yang bisa Anda praktekkan. Menjadi entreprenuer bukan saja meraih keuntungan finansial, tapi juga bisa berguna bagi orang lain.

loading...

Tinggalkan Balasan