11 Jenis Tanaman Toga dan Manfaatnya

Banyak beragam jenis tumbuhan yang sengaja ditanam oleh kamu dan sekeluarga di atas sepetak tanak, baik dihalaman rumah, di kebun maupun ladang rumah, yang nantinya akan dimanfaatkan secara pribadi sebagai tanaman obat untuk keluarga, yang dikenal sebagai toga (tanaman obat keluarga). Apa saja tanaman tersebut?

Yuk, simak bersama-sama.

1. Temulawak

Temulawak dapat kita tanam untuk tanaman toga (tanaman obat keluarga)

pixabay.com

Nah, temulawak ini merupakan tanaman obal asli ala Indonesia yang telah sejak dahulu banyak dimanfaatkan oleh leluhur kita. Banyak manfaat yang kamu dapat untuk kesehatan, seperti untuk menambah nafsu makan, sakit kuning, perut kembung, maag, menstabilkan dan baik juga untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh (imun).

2. Jahe

pixabay.com

pixabay.com

Selain enak minum di malam hari, ternyata jahe banyak khasit untuk keluhan seperti, masuk angin, mabuk kendaraan sekit kepala dan pusing. Perlu kamu ketahui kandungan antioksidan dalam jahe bermanfaat juga untuk memperlambat proses penuaan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan memperlambat oksidasi kolestrol.

3. Lidah Buaya

http://healthyontrend.com/

http://healthyontrend.com/

Sejak zaman dahulu lidah buaya telah dikenal sebagai bahan kosmetik dan obat. Bahkan Jepang mengembangkan penelitian lidah buaya sebagai obat penyakit kanker. Banyak sekali yang mengolah tanaman ini menjadi olahan yang sangat nikmat dan mantap, seperti cendol khas Pontianak.

4. Daun Dewa

herbalplant5.files.wordpress.com

herbalplant5.files.wordpress.com

Dari segi namanya saja sudah keren, tanaman yang bernama latin Gynura divaricata dan orang China menyebutnya samsit, daun dewa ini mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan kita.

Banyak manfaat yang kamu dapat dari daun dewa tersebut yaitu, melancarkan sirkulasi darah, mengobati luka memar, kencing manis (diabetes), menetralisir racun dalam tubuh. Bahkan mampu mengobati penyakit darah tinggi.

5. Belimbing

pixabay.com

pixabay.com

Selain enak dibuat rujak buah, belimbing ini ternyata banyak mengandung vitamin yaitu C, B, A, Protein dan Kalsium. Bahkan berguna juga mampu untuk mengobati penyakit kolestrol tinggi serta penurun darah tinggi.

6. Seledri

pixabay.com

pixabay.com

Tanaman ini mungkin tidak asing buat kamu, selain enak dijadikan sebagai lalapan makanan, ternyata seledri berguna sebagai obat alami. Karena kaya akan nutrisi, sperti kalsium, fosfor dll.

Seledri bisa dijadikan tanaman toga yang berguna untuk mengobati obat asam urat. Caranya ckup rebus beberapa daun seledri untuk segelas air panaskan, lalu minumlah setiap pagi.

7. Pasak Bumi atau Tongkat Ali

http://forumjualbeli.com/

http://forumjualbeli.com/

Tanaman toga jenis ini dapat kamu temukan hanya ddidaerah Kalimantan. Pasak bumi dapat membantu kita meemperbaiki kadar testeron yang berguna bagi pria dan menambah gairah sexual pada pria. Selain itu berguna menjadi obat ejakulasi dini.

8. Blustru

kanak7.files.wordpress.com

kanak7.files.wordpress.com

Jika kita ke kota Sunda, pasti kamu nemuin jenis tanaman yang satu ini. Ketela manis atau blustru bisa digunakan tanaman toga (tanaman obat keluarga).

Selain berguna menjadi camilan yang enak, blustru ini berguna sebagai penyembuh penyakit asma, caranya cuci terlebih dahulu daun blustru muda simpan ketika menanak nasi, kemudian makanlah sebagai lalapan setiap hari.

9. Jarak

upload.wikimedia.org

upload.wikimedia.org

Tanaman toga jenis ini, memiliki banyak manfaat sebagai menenangkan rematik. Biji terasa manis, pedas namun sangat netral, banyak yang menggunakannya untuk digunakan sebagai obat kanker rahim, henia, rematik dan TBC.

Ketika kamu mengolah biji jarak dijadikan obat herbal, harus berhati-hati, karena jika mengkonsumsi berlebihan akan menimbulkan racun dengan efek sakit kepala, muntah berak dan panas.

10. Buah Makassar

www.flickr.com

www.flickr.com

Rasa ketika memakan buah ini sangat pahit dan beracun. Jika dipergunakan dan diolah dengan baik sesuai dengan dosis akan bermanfaat sekali buat kamu.

Tanaman toga sejenis ini berguna mengobati penyakit diabetes melitus, karena dapat menurunkan kadar gula yang tinggi di dalam tubuh kita dan mampu mengatasi masalah kanker serviks. Cara mengolahnya, menyeduhnya kedalam setengah cangkir dan minumlah 2-3 kali sehari (banyak yang menjual buah makassar kering di toko herbal, tidak perlu susah-susah menumbuk atau mengeringkan).

11. Mengkudu

Mengkudu, Tanaman Toga (Obat Keluarga) Ini Kamu BIsa Diolah Sebagai Jus Buah yang Enak

s613.photobucket.com

Kalau orang Aceh memberi nama keumeeude yang berarti mengkudu. Tanaman toga yang satu ini biasa ditanam pada setiap warga mesikipun tidak semua dan di manfaatkan sebagai bahan olahan rujak saat buka puasa ala Aceh.

Tahukah kamu bahwa mengkudu ini bisa dimanfaatkan untuk sebagai obat jantung korener dan membantu mencegahnya. Caranya sangat mudah, cukup jus buah kemudian saring sarinya, tambahkan madu dan minum 2 kali sehari sesudah makan.

 

One Response

  1. Bibit 23 Februari 2016

Tinggalkan Balasan