Inilah 11 Patung Terbesar dan Tertinggi di Dunia

Dunia terdapat banyak sekali patung-patung indah dan menakjubkan. di antara tersebut semua patung tentu menjadi simbol yang paling menakjubkan bagi setiap daerah bahkan negara mereka masing-masing.

Mengenai patung, patung sudah dibangun sejak jaman dahulu oleh nenek moyang kita. Sebagian banyak yang berfungsi sebagai keagamaan sampai sebagai monumen sejarah. Patung terbesar di dunia yang dikembangkan oleh manusia sangat banyak sekali. Sphring temple budha yang dibangun oleh masyarakat china merupakan salah satu patung ikonik (terbesar) karena tingginya mencapai 128 m hampir menjulang ke langit.

Negara masing-masing memiliki patung yang menjadi monumen sejarah (ikon) tersendiri. Yuk kita simak sama-sama.

1. Spring Temple Budha (Henan”Cina”)

Spring Temple Budha Patung Terbesar di Henan Cina dan Tertinggi di Dunia"

http://i.ytimg.com/

Spring Temple merupakan patung yang telah menjadi markah tanah (landmark), sangatlah populer di Cina dan banyak pengunjung turis atau non turis datang untuk melihat betapa menakjubkannya patung budha tersebut.

Patung spring temple Budha ini memiliki tinggi 128 m dimana sudah termasuk bunga lotus yang dibawahnya, nah jika ditambahkan lagi dengan semua singgahan tempat berdiri total patung ini mencapai 153 meter. Secara resmi patung ini diabadikan sebagai patung terbesar di dunia.

Diketahui patung “Spring Temple Budha” tinggi sekitar 153 m.

2. Laykyun Setkyar (Monywa”Myanmar”)

Laykyun Monywa Myanmar, ini dimasukkan ke dalam sejarah dan dinyatakan patung terbesar di dunia dan tertinggi

http://i.ytimg.com/

Berbagai turis dari belahan dunia pun penasaran datang untuk melihat patung yang membutuhkan waktu 11 tahun dalam membangunnya. Dalam patung tersebut berisikan atas 31 lantai yang mengilustrasikan bahwa ada 31 alam di kehidupan nyata.

Dengan tingggi 116 meter sampai menjulang ke langit. Dibangun di atas bukit Po Kaung di dekat desa Khatakan Taung, Monywa Myanmar.

Jika lakyun setykar ini terkenal sebagai patung budha berdiri. Maka didepannya ada Monywa patung budha yang lagi berbaring santai. Kedua patung ini berdiri sudah berdiri ber-abad-abat lalu, dijadikan ikon sejarah dan budaya.

Patung “Leshan Giant Budha” memiliki tinggi berkisar 116 m.

3. The Motherland Calls (Volgograd “Rusia”)

Motherland Calls dinyatakan Patung Terbesar di Dunia dan Tertinggi

pixabay.com

Motherlands Calls ini dibangun sebagai bentuk penghormatan atas pertempuran stalingrad, yakni peperangan antara Nazi Jerman dengan Uni Soviet untuk merebutkan Kota Staligrad (Volgograd).

Volgograd adalah kota pusat industri dan administratif Rusia. Patung ini pernah menjadi yang terbesar di dunia pada tahun 1867. Meskipun, dibandingkan dengan patung-patung besar lainnya di dunia. Melihat posturnya maka pembangunan patung ini tetap satu-satunya yang paling inspiratif dan kompleks sampai sekarang. Selain patung ini ada juga patung “Peter The Great” dengan tinggi mencapai 96 m yang sayangnya tidak terkenal.

Diketahui patung “Motherland Calls”, tinggi berkisar 87 m.

4. Patung Garuda Wisnu Kencana (Indonesia)

Garuda Wisnu milik Indonesia termasuk yang di anggap patung terbesar di Dunia

www.balimansionhill.com

Indonesia juga tak mau kalah, Indonsia memiliki patung terbesarnya sendiri, yaitu patung Garuda Wisnu Kencana. Patung ini bertempat di Bukit Unggasan (Jimbaran, Bali). Berdiri menjulang dalam kompleks taman Budaya Bali dan merupakan karya ikon pematung terkenal Bali, I Nyoman Nuarta. Monumen ini berkembang untuk dijadikan ikon bagi touris parawisata di Bali.

Gauda merupakan Patung Kendaraan Wisnu, patung ini terbesar milik Indonesia

menara-fm.com

Patung ini berwujudkan dewa wisnu agama Hindu (dewa pemelihara), berkendara burung Garuda. Tokoh ini dapat dilihat pada kisah Garuda dan kerajaannya, yang berkisar tentang rasa bakti serta pengorbanan burung garuda untuk menyelamatkan ibunya dari perbudakan. Pada akhirnya dilindungi oleh Dewa Wisnu.

Patung terbesar di dunia, pastinya berada Indonesia ini diproyeksikan mengikat tata ruang dengan jarak pandang hinga 20 km, dapat dilihat dari Kuta, Sanur, Nusa dan Tanah Lot.

Tinggi patung “Garuda Wisnu Kencana” tingginya berkisar 72 m.

5. Patung Giant Buddha (Leshan”Cina”)

leshan_giant_buddha

Patung ini sudah ada sejak abad ke-8, Leshan Giant termasuk patung terbesar di dunia yang bentuknya dari batu. Menakjubkannya lagi adalah patung tersebut di pahat oleh seorang biksu dari sebuah tebing raksasa pada abad tersebut, serta menghadap ke 3 sungai dan gunung Emei.

Pada mula patung ini dipahat, ada infrastruktur berlapiskan emas pada kayu mencapai 13 lantai, sayangnya sejak abad ke-8 sampai sekarang ini telah dirampas saat serangan Mongol terjadi. Bayangkan coba, patung ini dibangun oleh seorang biksu, sungguh luar biasa mengagumkan. Apalagi dengan sistem perairan yang matang, agar air hujan tidak merusak patung. Leshan giant budha ini termasuk patung terbesar di dunia.

Patung “Leshan Giant Budha” memiliki tinggiberkisar 71 m.

6. Guan Yu Of Yuncheng – Cina

Patung Guan Yu (Jendral Guan Gong) saudar Liu Bie , melambangkan arti kesetiaan moral dan kebenaran.

www.slate.com

Pernah mendengar nama ini ? Beberapa dari kamu mungkin sudah pernah mengetahui nama ini dari game dynasti warior atau novel “Zaman Tiga Kerajaan” (Romance The Three Kingdom). Patung Terbesar di Dunia tersebut di bangun pada tahun 2010, podium tempat berdirinya patung memiliki tinggi 19 m yang melambangkan bahwa Guan Yu meninggalkan Yuncheng, pada umur 19 tahun.

Guan Yu dikenal sebagai jendral ternama yang ada di Cina, lahir di Yuncheng. Ia juga saudara angkat Kaisar Liu Bei dari kerajaan Shu dan dirinya sering dikait-kaitkan sebagai lambang kesetiaan, moral, serta kebenaran.

Diketahui patung Guan Yu “Guan Gong” memiliki tinggi berkisar 61 m.

7. Patung Liberty (New York”USA”)

Patung Liberty ini merupakan patung hadiah dari Perancis untuk kemerdekaan Amerika

pixabay.com

Patung yang diresmikan pada tanggal 28 Oktober 1886 ini merupakan hadiah dari Perancis untuk kemerdekaan Amerika.

Patung Liberty, melambangkan seorang wanita pakaian sejenis garmen dengan bergaya ala Roma dikepala ada mahkota dan memakai sandal menginjak sebuah rantai yang telah rusak serta membawa obor ditangannya dan buku hukum (ansata).

Waktu untuk menyelesaikannya membutuhkan 1 tahun di Prancis tahun 1884, yang di desain oleh 2 orang asli Paris, yakni Frederic Auguste Bartholdi dan Gustave Eiffel, serta merancag struktur penyangga yang ada didalamnya. Patung terbesar di dunia ini, merupakan salah satu lambang Amerika dan yang paling populer di Dunia.

Diketahui patung “Liberty” memiliki tinggi berkisar 46m.

8. Merlion of Sentosa (Singapura)

Patung Ini dibangun sebagai ikonik Singapura dan dinyatakan sebagai patung terbesar di Dunia

commons.wikimedia.org

Mungkin banyak dari kamu pernah menjumpai patung ini bukan? Sebab menjadi ikon promosi parawisata atau tourisme di Singapura. Merlion iini sangalah ikon unik untuk di negaranya, khususnya. Patung ini menjadi perhatian menarik oleh touris dunia, dikarenakan letaknya di Pulau tekenal yang ada di Singapura yaitu Resort Sentosa.

Merlion diilustrasikan sebagai makhluk mitologi yang mempunyai bentuk seekor singa setengah ikan. Penduduk mempercayai makhluk melambangkan kemakmuran dan dijadikan ikon pelindung Singapura.

Sebuah legenda menceritakan Merlion ini mengunjungi Sentosa setiap tahunnya dan saat malam tiba-tiba badai besar menyambar pulau. Untung seekor singa setengah singa ini melawan badai tersebut dengan kekuatan magis yang dimilikinya, sampai sekarang makhluk tersebut menjaga pulau sentosa.

Diketahui patung “The Merlion Of Sentosa” memiliki tinggi berkisar 37 m.

9. Christ The Redeemer (Rio “Brazil”)

patung christ the redeemer, banyak yang mengatakan patung terbesar di Dunia urutan No 8

manmadestructures.blogspot.com

Christ The Redeemer- atau Christo redentor adalah patung Yesus yang terletak di daerah Rio de Janerio, Brazil. Lebih tepatnya pada puncak Gunung Corovado.Bahkan di Gunung tersebut kamu dapat memandangi panorama Rio de Janerio dimulai dari pelabuhan Guanabara utara sampai Lagoa Rodrigo de Freitas, selatan.

Indahnya panorama dan patung setinggi 30m sangat indah, mungkin inilah satu alasan mengapa patung tersebut terkenal dan menjadikan ikon Brazil dibandung patung yesus terbesar lainnya.

Diketahui Tinggi “Chris The Reedeemer” memiliki tinggi berkisa 30 m

10. Patung Mount Rushmore Monument (South Dakota”Rusia”)

Monument mount rushmore, dinyatakan sebgai patung terbesar di dunia dan menjadi ikonik pada setiap Negara

pixabay.com

Patung di Gunung Rushmore ini tidak sebesar atau setinggi patung-patung lain. Pahatan patung ini merupakan patung yang menggambarkan empat presiden Amerika yakni, George Washington, Abraham Lincoln, Thomas Jefferson dan Theodore Roosevet.

Mengagumkan lagi, bahwa untuk memahat semua patung ini di gunung, membutuhkan waktu 14 tahun agar semua muka tersebut dapat dipahat. Bahkan harus menggunakan 400 pekerja pemahat terbaik yang memahat sebuah gunung menjadi patung yang paling terkenal.

Tinggi patung “Mount Rusmhore Monumet” tingginya berkisar 19 m.

11. Patung Great Sphinx (Giza”Mesir”)

Sphinx Patung Terbesar di Dunia

pixabay.com

Bila kita membicarakan patung paling tua di dunia, maka gak ada lagi patung yang lebih tua dan simbolik dibandingkan yang satu ini, Great Sphinx Giza. Sama seperti Piramida Besar, patung ini sangatlah kental dengan wilayah mereka yang dikenal dunia, yaitu Mesir. Sphinx dianggap makhluk mitologi yang mengilustrasikan seekor singa dengan kepala manusia.

Tinggi patung “Great Sphinx” tingginya berkisar 20,2 m.

Baca Selengkapnya>> Tahupedia.com

One Response

  1. Mas Trigus 20 Oktober 2015

Tinggalkan Balasan