Tips Megendalikan Amarah Pada Diri Kamu, Wajib Dicoba!

Amarah merupakan gangguan emosi secara moral banyak dialami manusia. Meski normal, apabila marah berkepanjangan akan berpengaruh pada kesehatan fisik dan mental seseorang. Kemarahan dapat menimbulkan tekanan yang sungguh luar biasa pada tubuh. Maka dari itu, sebaik mungkin kontrollah rasa marah kamu. Berikut ini cara sehat yang dapat kamu lakukan untuk mengontrolnya.

Pertama, Ungkapkan Sejujurnya

mengendalikan amarah, jangan bohong sudahlah katakan sejujurnya

www.walltor.com

Kemungkinan, rasa marah datang dikarenakaan tidak mengatakan secara langsung apa yang kamu inginkan dan harapkan. Oleh karena itu sebuah omongan atau ungkapkan keinginan hati kamu secara langsung dan sejujur-jujurnya. Hati akan lega apabila menghindarkan diri kamu dari emosi yang tak perlu atau merugikan.

Kedua, Tenangkan Diri Kamu

mengendalikan amarah dengan tenangkanlah dirimu seperti air yang menetes jernih

pixabay.com

Jika kamu sedang berhadapan dengan kondisi sempit yang menyulut suatu amarah, segera tenangkan diri kamu. Sebaiknya, duduk dulu ambil nafas perlahan-lahan dan hembuskan atau kamu dapat segera mengambil air wudhu. Nah, itu yang harus kamu lakukan untuk menenangkan diri kamu.

Ketiga Segera Alihkan Perhatian

Dengan bertemu teman dapat mengendalikan amarah kamu

pixabay.com

Bila kamu sedang marah, sebaik mungkin alihkan perhatian kamu dari hal-hal yang menimbulkan marah tersebut. Jika pikiran sudah jernih kembali, kamu coba untuk sekedar jalan-jalan atau ketemu kawan untuk berbagi sebuah cerita.

Keempat, Menulislah Apabila Kamu Sedang Marah

Catat hatimu di buku setiap kamu marah karena itu akan mengendlikan amarah (emosi)

pixabay.com

Terbukti, menulis bisa kamu jadikan sebuah terapi untuk meredakan kemarahan. Utama, ketika kamu tidak memiliki teman untuk berbagi sebuah cerita. Tulislah apa saja yang membuat diri kamu marah dan apapun yang dijadikan harapan kamu dari hal tersebut.

Kelima, Manjakanlah Diri Kamu

Memanjakan Dirimu agar amarah segera cepat reda

pixabay.com

Manjakan dirimu sejenak, kegiatan ini pilihan tepat untuk meredakan amarah. Lakukan hal-hal yang membuat kamu jadi semangat dan bahagia. Bila pikiran telah segar kembali, kamu akan bisa melihat permasalahan yang membuat kamu marah dari sudut pandang yang berbeda.

loading...

Tinggalkan Balasan