Rahasia di Balik Undur-undur yang Belum Anda Ketahui

Anda pasti tahukan, si undur-undur? Saat Anda masih usia kanak-kanak, tentu sering mencarinya untuk dijadikan teman bermain. Serangga kecil yang menggali lubang di pasir ini, ternyata banyak khasiat dan juga manfaat yang sangat luar biasa untuk mengobati penyakit kronis. Tentu tidak disangka, dengan ukurannya yang kecil mungkinkah hewan ini memiliki manfaat untuk kesehatan Anda? Berikut saya berikan refensi khasiat dan manfaat undur-undur. Selamat membaca 🙂

Manfaat Undur-undur

diabetes

1. Dapat Mengobati Diabetes Melitus

Cina adalah sebuah negara terkenal dengan berbagai resep obat herbalnya yang bernama (Di Gu Niu) . Salah satunya adalah undur-undur, hewan kecil ini digunakan sebagai obat diabetes. Seperti yang telah kita ketahui diabetes adalah penyakit yang disebabkan, karena insulin yang dihasilkan oleh pankreas tidak mencukupi untuk menyeimbangkan kadar gula yang masuk ke dalam tubuh Anda. Akibatnya akan terjadi kelebihan kadar gula di dalam tubuh, kelebihan darah pada tubuh tersebut dapat masuk ke dalam darah. Istilah ini sering kita kenal dengan sebutan diabetes.

Nah setelah anda mengetahui informasi ini, Anda dapat menggunakan undur-undur sebagai obat alternatif mengatasi penyakit dibetes. Cara ini juga dapat Anda informasikan pada keluarga yang sedang mengalami diabetes.

2. Melancarkan Kerja Pankreas

Undur-undur bisa melancarkan sistem kerja pada pankreas, Universitas Gajah Mada telah melakukan penelitian dengan tema “kajian undur-undur darat”. Undur-undur memiliki sejenis zat sulfonyiurea, ternyata zat ini yang berfungsi melancarkan kinerja pankreas dalam memproduksi insulin.

Seperti pada umumnya mengkonsumsi obat herbal, harus sesuai dengan resep yang diberikan. Begitu pula mengkonsumsi undur-undur, harus sesuai dengan resep yang akan memberikan efek positif bagi kesehatan Anda. Namun jika Anda kelebihan mengkonsumsi undur-undur akan menimbulkan rasa panas di tubuh.

3. Mengobati Penyakit Darah Tinggi

Undur-undur dipercaya mampu menurunkan darah tinggi, kebanyakan masyarakat Cina menggunakan serangga yang satu ini untuk obat herbal. Mengkonsumsinya dengan cara memasukkan undur-undur hidup kedalam kapsul dan ditelan mentah-mentah.

Selain mengobati penyakit diabetes dan darah tinggi, Menurut terminologi orang awam mengatakan, undur-undur ini dipergunakan sebagai obat yang terbukti mujarab, diantaranya adalah:

  • Obat Stroke
  • Obat Rematik
  • Obat Asma dan Rasa Penat di Badan
  • Obat Sakit Kuning
  • Obat Pegal Linu
  • Penangkal Kanker
  • Mengatasi Varikokel
  • Mengobati Penyakit Malaria
  • Penangkal Tumor
  • Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Tentang Undur-undur

www.deherba.com

www.deherba.com

Undur-undur adalah sebutan untuk serangga dari familia Myrmeleontidae. Di dunia ini diperkirakan ada 2000 spesies undur-undur dan mereka tersebar di seluruh dunia, terutama di wilayah bersuhu hangat dan berpasir. Undur-undur ini, hewan ini menghuni tempat-tempat yang teduh dan memiliki lapisan bulu tebal, dengan memanfaatkan debu tebal, hewan ini menggali lubang untuk menjebak mangsanya.

Ternyata, yang di pergunakan untuk pengobatan sebenarnya adalah undur-undur yang masih berupa larva. Istilahnya undur-undur bisa metamorfosis sempurna yang akan berganti wujud lain sebagai undur-undur dewasa. Pada saat masih berbentuk larva, undur-undur berjalan mundur, mungkin itu yang mendasari manusia menyebutnya dengan nama undur-undur. Metamorfosis undur-undur sangat sempurna dengan cara (telur->larva->pupa->imago).

Hewan ini masuk kedalam golongan hewan homometabola, yang artinya serangga ini mengalami metamorfosis sempurna. Berdasarkan cirinya yaitu: sayap dan mulutnya, hewan yang satu ini masuk dalam spesies ordo neuropetra (bersayap jala). Apabila sudah melakukan metamorfosis, undur-undur jalannya tidak akan mundur lagi dan ia akan mempunyai sayap, mirip seperti seekor capung.

Tips Mengkonsumsi Undur-undur

hargaobatherbal.web.id

hargaobatherbal.web.id

Mengkonsumsi undur-undur yang dianjurkan yang masih hidup tanpa harus dibersihkan dengan air terlebih dahulu. Jika terkena air khasiat dan manfaatnya akan hilang, yang mampu menyembuhkan penyakit adalah bulu undur-undur. Jika merasa jijik, Anda bisa memasukkan ke kapsul yang kosong, lalu dimakan dan dibantu dengan air.

  • Memilih untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung nutrisi lengkap adalah sangat penting bagi tubuh. Sebab akan membantu tubuh Anda agar selalu fit serta dapat membantu agar terhindar dari berbagai macam penyakit.

 

 

loading...

3 Comments

  1. ahmad muqoy 20 April 2016
  2. Dede Hermawan 3 Juni 2016
  3. Atang kuswanto 23 Oktober 2016

Tinggalkan Balasan