Manfaat dan Kandungan Mie Instan yang Harus Anda Ketahui

Mie instan- Merupakan satu-satunya jenis makanan cepat saji yang sangat marak di kalangan masyarakat. Proses yang tak perlu makan waktu lama juga sederhana, rasa yang beraneka ragam, mengenyangkan dan harga relatif terjangkau.

Menjadikan mie instan sebagai salah satu produk yang terlaris di pasaran hingga mendunia. Dari anak-anak sampai orang tua kebanyakan menyukainya, untuk sekedar mengganjal perut yang lagi lapar.

Asal-muasal Produk Mie Instan

http://www.instantramen-museum.jp/

http://www.instantramen-museum.jp/

Produk mie instan banyak dikemas dlam plastik ataupun cup atau gelas. Dimana bumbu dapat dikemas dalam tempat yang terpisah.

Awal mulanya, produk ini ditemukan oleh Momofuku Ando dari Nissin Food, Jepang tahun 1958 dengan merk dagang (Chickin Ramen). Bahan utamanya, mie kering yang terbuat dari tepung terigu, minyak sawit serta garam. Untuk bumbu penyedap, terbuat dari campuran garam, monosodium glutamat, gula dan beberapa bumbu penyedap lain. Saat ini mie, telah dipasarkan di dunia dalam beragam merk dai A-Z.

Kandungan Zat dalam Mie

kandungan didalam mie instan

winhealthplans.com

Makanan jenis ini sering disebutkan sebagai junk food (tidak sehat). Hal ini disebabkan dalam satu porsi saja banyak meengandung lemak serta karbohidrat, namun kandungan protein, serat, vitamin, mineral, maupun nutrisi yang lain sangatlah cukup rendah.

Maka dari itu, ketika ingin menkonsumsi mie instan. Saya sarankan tambahkan beberapa bahan seperti sayuran, telur, daging, maupun bahan lain yang dapat membantu guna memenuhi kebutuhan nutrisi atau gisi untuk tubuh.

Berikut beberapa komposisi yang terkandung di dalam mie, yang banyak orang mengatakan tidak sehat:

  • Sodium

Rekomendasi dari Dietary Allowance Amerika Serikat, menyatakan untuk kebutuhan natrium pada orang dewasa dan anak-anak berusia dari 4 tahun yakni 1500 mg perhari. Pada 1 cup sajian mie terkandung 2700 mg-sodium. Namunm, studi baru di CDC dan Akademi Nasionanal of Medicine ditemukan, bahwasannya terlalu banyak garam tak lagi menimbulkan bahaya yang spesifik terhadap kesehatan.

Bahkan tindakan dikuranginya asupan garam dibawah tingkat yang sudah di rekom, bisa menimbulkan bahaya kesehatan. Hampir 5 tahun lamanya, Akademi Nasional Institute of Medicine sudah melakukan penelitian pada 29.000 peserta dan memberi kesimpulan bahwa “tidak ada hun=bungan antara garam dan kesehatan seseorang”.

  • Minyak Goreng

Produk Oksidasi saat mengkonsumsi mie banyak dikhawatirkan, termasuk akrilamida dan aldehida yang diproduksi dari minyak tersebut. Kalau minyak tidak digoeng diolah pada suhu tepat, maka akan menghasilkan produk oksidasi yang terkandung tumpukan racun.

Saya sarankan minyak goreng pada mie, sebaiknya diolah dengan suhu yang sudah ditentukan di balik kemasan.

  • Mengandung MSG

Kandungan monosodium glutamat atau singkatnya (MSG), merupakan salah satu bahan yang dipakai untuk penambah cita rasa yang khas pada mie.

Namun sekitar 1-2 % dari populasi manusia di seluruh dunia mengalami alergi, ketika mengkonsumsi MSG tersebut. Beberapa gejala seperti, akan mengalami sensasi terbakar di dada, kemerahan pada wajah serta kulit, rasa nyeri dan sakit kepala.

  • Propylene Glycol

Propylene Glycol merupakan bahan yang berfungsi untuk mencegah mie dari pengeringan dengan mempertahankan kelembapan. Tubuh kita sangat mudah untuk menyerap zat ini, mungkin lama-kelamaan dapat terakumulasi di jantung, hati dan ginjal. Akibatnya beragam macam kelainan pada organ, dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh.

Meski, mie banyak dikatkan sebagai produk makanan yang termasuk junk food. Akan tetapi memiliki beragam manfaat seperti:

Lebih Praktis Untuk di Nikmati

mie instans, makanan yang praktis dan bisa dibawa kemana-mana.

manampiring17.files.wordpress.com

Manfaatnya, ketika mengkonsumsi produk mie tidak perlu memakan waktu yang lama dalam proses penyajian. Bagi kamu yang sangat sibuk, tidak perlu khawatir. Ketika lapar melanda, mie bisa dijadikan sebagai salah satu alternatif pilihan untuk mengganjal perut.

Sumber Energi Buat Tubuh

makanan seperti mie dapat menambah energi kamu

www.thevitalitygroup.com

Kandungan kalori yang terdpat dalam mie instan dapat membantu kebutuhan energi pada tubuh kamu. Mengkonsumsi mie bisa menolong kamu untuk merasa kenyang, di saat lapar melanda

Namun, ha ini perlu kamu ingat, mie bukan makanan pokok untuk setiap hari. Karena seperti yang kita tahu, mie mengandung sejumlah kalori dengan nililai gizi yang rendah.

Bisa dinikmati Siapa Saja

Keberadaan mie adalah hal yang bisa dinikmati oleh siapapun, termasuk orang-orang yang berasal dari tingkat ekonomi yang cukup rendah.

Memiliki Berbagai Macam Varian Rasa

Beragam varian mie instan, yang dapat dinikmati.

manampiring17.wordpress.com

Salah satu hal yang dijadikan manfaat mie sebagai salah satu alternattif pilihan, karena memiliki banyak rasa yang ditawarkan. Banyak sekali produk mie yang beredar dengan aneka rasa yang sudah menggugah selera para konsumen.

 

 

One Response

  1. velasco 2 Oktober 2016

Tinggalkan Balasan