Inilah 7 Manfaat Daun Pegagan

Hai, kamu tahu daun pegagan kan? Daun bagian dari tanaman biasanya dijadikan untuk obat luka. Tapi itu hanya salah satu dari berbagai manfaat yang dimiliki oleh daun pegagan. Manfaat dari daun pegagan ternyata banyak sekali.

Nah, kali ini kita sharing 7 manfaat dari daun pegagan. Apa saja manfaatnya? Yuk cek satu-persatu. 🙂

1. Mempercepat Penyembuhan Luka

www.gizmag.com

Dalam review pada studi praklinis dan klinis mengenai sifat farmakologi, tim peniliti India mencatat beberapa penelitian pada hewan menunjukkan obat herbal sangat efektif mempercepat luka.

Disana mereka menguntip sebuah studi di mana berbagai formulasi gel , krim serta salep dari ekstrak pegagan dan air yang di terapkan untuk mengobati luka pada kelinci. Berikutnya, setelah 24 hari selama pengobatan,tim peniliti menemukan bahwa daun pegagan yang diaplikasikan 3x sehari telah dapat merangsang sintesis kolagen dan proliferasi sel ( akhirnya luka pada hewan tersebut cepat sembuh). Tinjauan dari buku “Indian Journal Pharmaceutical Sciences (September-Oktober 2010)

2. Obat Sakit Kepala

www.sourcewire.com

www.sourcewire.com

Saat mengalami sakit kepala. Kamu bisa menyiapkan bahannya yaitu, daun pegagan kering dan gula aren secukupnya, berikutnya bahan itu ditumbuk halus, setelah itu ambil 1 sendok yang sudah ditumbuk tadi dan campurlah dengan gula aren. Kedua bahan tersebut diseduh dengan segelas air panas, air itu saringlah dan minumlah secara teratur.

3. Menambah Nafsu Makan Pada Anak

www.liversupport.com

www.liversupport.com

Daun pegagan dapat kita gunakan untuk mengatasi masalah kurang nafsu makan pada anak atau orang dewasa. Dengan cara, rebus segenggam daun pegagan segar yang sudah bersih dan sebelumnya telah ditambahkan air sebanyak 2 gelas. Saat merebus air diperkirakan airnya tinggal segelas. Setelah itu minumlah air yang sudah direbus, dengan aturan 1x sehari.

4. Mengobati Mata Bengkak dan Memerah

plus.google.com

plus.google.com

Cara mengobati, kita membuat obat tetes mata dari daun pegagan. Cukup mudah membuatnya, siapa saja bisa membuatnya sendiri. Ambilah daun pegagan segar dan cuci sampai bersih, setelah itu lumatkan sampai lembut, lumatan daun pegagan segar tadi diperas dan lalu air itu saringlah

Air perasan itu, dapat kita jadikan obat tetes. Cara menggunakannya, kamu teteskan ke mata yang sakit dengan aturan 3-4 kali dalam waktu sehari.

5. Sebagai Obat Maagh dan Kembung

www.nbcnews.com

www.nbcnews.com

Resep, siapkan 5 gram daun pegagan. 1 gram pupus pepaya, 7 gram adas, 3 gram jinten, 5 gram kencur yang sudah diparut, 5 gram sembung, 6gram daun pooh, 5 gram pulosari, 2 gram ketumbar, 10 gram falerian. Semua bahan direbus dengan 500 ml air.Air rebusan ini dapat menghilangkan rasa nyeri di perut kamu, dengan aturan 1x sehari secara teratur.

6. Mengobati Bisul

getridofhealthproblems.tripod.com

getridofhealthproblems.tripod.com

Cara yang pertama, ambil daun pegagan 40-60 yang masih segar, cuci hingga bersih dan kemudian rebuslah. Setelah itu minum air rebusan tersebut.

Cara kedua, cuci sampai bersih daun pegagan segar, selanjutnya lembutkan dan lumatkan daun tersebut, setelah itu tempelkan pada kulit yang bisulan.

7. Mengobati Penyakit Asma

www.addictioncam.com

www.addictioncam.com

Daun pegagan, bisa mengobati penyakit asma dan dapat mengobati batuk. Resepnya, Ambilah 2 genggam pegagan segar dan air secukupnya, lalu ditumbuk dan diperas untuk diambil airnya. Minumlah dengan aturan 1 kali sehari 1/4 cangkir selama 14 hari.

Efek Samping Daun Pegagan

Daun pegagan memang tanaman herbal yang banyak memiliki khasiat pengobatan, Namun kamu harus waspadai resiko yang dapat terjadi apabila salah menggunakannya, seperti berikut:

Kehamilan dan menyusui

Pegagan kemungkinan akan aman pada wanita ibu hamil, apabila diterapkan ke kulit. Asalkan jangan mengkonsumsi daun pegagan, sebab belum cukup bukti diketahui adanya keamanan daun pegagan untuk ibu hamil.

Selain itu, tidak cukup diketahui juga mengenai keamanan daun pegagan selama ibu menyusui. Hindari menggunakannya, apabila sedang menyusui.

Menjalani Operasi Bedah

Efek dari daun pegagan menyebabkan kantuk, apabila terlalu banyak dikombinasikan dengan obat-obatan digunakan selama menjalani operasi bedah atau setelahnya. Berhenti menggunakan ramuan pegagan minimal 2 minggu sebelum jadwal operasi dilakukan.

Penyakit Hati

Ada kekhawatiran juga daun pegagan dapat menyebabkan kerusakan hati. Seseorang yang sudah memiliki penyakit hati seperti hepatitis, sebaiknya menghindari daun pegagan ini. Karena dikhawatirkan akan membuat gangguan hati semakin buruk.

Tentang Daun Pegagan

hendrinova.wordpress.com

hendrinova.wordpress.com

Manfaat daun pegagan mungkin belum banyak diketahui, namun daun ini telah lama digunakan sebagai pengobatan tradisional di berbagai negara. Daun pegagan termasuk dari anggota keluarga peterseli yang tumbuh di Asia Tenggara, Afrika dan bahkan India. Tanaman ini tumbuh subur di tepi badan air yang sangat tenang dan menyebar. Daun ini ternyata juga digunakan sebagai hiasan piring dan sampai tidak ada rasanya.

Pegagan juga telah digunakan sebagai obat tradisional dalam tradisi Ayurvedic India dan dalam pengobatan Afrika dan Cina. Selain mengobati penyakit varises, pegagan ini digunakan sebagai banyak ragam obat untuk kesehatan seperti sifilis, asma dan masalah kulit psoriasis. Kebanyakan orang, daun ini digunakkan sebagai lalapan dalam kuliner masakan.

Kandungan Senyawa Daun Pegagan

Beragam kandungan kimia pada dun ini, menunjukkan bahwa kekayaan manfaat daun pegagan yang melimpah di dalamnya. Berikut ini kandungan senyawa pada dun pegagan:

  • Asiaticoside
  • Isonthankuniside
  • Madecassoside
  • Brahmanic Acid
    garam garam mineral (kalium, natrium, magnesium, zat besi, kalsium, zat samak, vellarine)
  • Brahmoside
  • Madasiatic Acid
  • Centellose
  • Caratenoids
  • dan masih banyak lagi yang terkandung di daun pegagan ini.

Demikian rahasia manfaat daun pegagan yang mungkin selama ini hanya diliat sebelah mata atau tak berguna. Tentu setelah penjelasan artikel daun pegagan ini, Kamu akan semakin melindungi tanaman dan mulai bercocok tanaman yang satu ini.

Semoga artikel tentang 7 manfaat daun pegagan ini bermanfaat dan bisa dijadikan panduan herbal sebagai obat untuk kesehatan kulit, menambah nafsu makan pada anak, mengobati mata bengkak dan memerah, dan sebagainya. 🙂

loading...

One Response

  1. Dewi 28 Februari 2016

Tinggalkan Balasan