Yuk, Ketahui Manfaat dan Khasiat Buah Matoa!

Buah Matoa

Daerah Papua, disana dikenal ada dua jenis matoa, yaitu Matoa Papeda dan Matoa Kelapa. Perbedaannya terletak pada tekstur buah. Untuk Matoa Papeda mempunyai ciri-ciri daging buah yang lembek dan lengket dan diameter buahnya 1,4 cm sampai 2 cm.

Sedangkan Matoa Kelapa, memiliki ciri-ciri daging buahnya yang kenyal dan nglotok menyerupai rambutan Aceh, diameter buahnya berukuran 2,2 cm sampai 2,9 cm serta biji 1,25 cm sampai 1,40 cm. Warna buah matoa kelapa dan papeda memiliki 3 jenis, yaitu warna hijau, kuning dan merah.

Untuk menikmati, buah ini dapat dikonsumsi saat segar. Rasa seperti rambutan yang dicampur lengkeng ditambah adanya sedikit rasa durian. Harganya terjangkau  perkilogram. Buah ini bisa bertahan cukup lama tanpa pengawet, yaitu selama 1 minggu. Tapi jika disimpan dalam suhu 5 °C sampai 10 °C dan bisa bertahan sampai 20 hari.

Hanya satu kali dalam 1 tahun berbuah, yaitu antara bulan Juli hingga Oktober. Di Papua, buah matoa tumbuh tersebar dari dataran yang rendah hingga ketinggian + 1200 (meter di atas permukaan laut). Untuk dapat tumbuh subur serta memerlukan curah hujan yang sangat tinggi lebih dari1200 mm/tahun. Pohonnya tidak perlu perawatan yang khusus, karena pohon dan buah matoa  kebal terhadap gangguan serangga.

Banyak penelitian yang menemukan buah matoa ini bisa menjaga sistem imun di dalam tubuh, banyak juga pihak yang gak tahu bahwa buah ini ternyata banyak manfaatnya. Lantas apa saja manfaatnya? Mari simak penjelesan berikut.

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat Buah Matoa Bisa Meningkatkan Sistem Imun Dalam Tubuh , Biar Tidak Cepat Sakit

reps-id.com

Jika kamu sering sakit, berarti ada masalah terhadap imun kamu. Buah matoa mengandung vitamin C yang terkenal bisa mencegah radikal bebas serta meningkatkan daya tahan tubuh. Sehingga tubuh kamu dapat terhindar dari bebagai serangan bakteri dan virus.

2. Mengatasi Stres Kamu

Sering Kita Mengalami Stress di Karenakan Tugas yang Tidak Selesai-selesai, Manfaat Buah Matoa dapat Menenagkan Stres Kita

www.softub.com

Nah, apabila kamu mengalami stress dikarenakan ada tugas yang terselesaikan atau masalah yang lainnya.

Buah matoa memiliki nutrisi yang guna sebagai obat penenang alami, akan membantu untuk meringankan stres kamu. Salah satunya vitamin E dan memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan kulit dengan cara meningkatkan elestisitas kulit.

3. Menyehatkan Kulit

Banyak Dari Kita Tidak Merawat Kulit, Manfaat Buah Matoa Bisa Memberi Solusi Untuk Kulit

www.youtube.com

Beberapa produk kosmetik dalam Negeri seringkali memakai nutrisi vitamin E tentunya, tidak perlu repot untuk mencarinya.

Cukup kamu memanfaatkan buah matoa dan mengkonsumsi buah matoa, terdapat nutrisi yang sangat baik untuk membantu menyehatkan kulit kamu, selain itu kamu juga mendapatkan vitamin E yang bersumber dari bahan alami lagi.

4. Mencegah Resiko Kanker

Penyakit Kanker Menjadi Nomer Satu di Dunia Oleh Karena Itu Dengan Memakan Manfaat Buah Matoa Bisa Mencegahnya.

www.beritaloka.com

Kandungan antioksidan di dalam buah matoa akan mencegah timbulnya sel kanker tumbuh dan yang berasal dari karsinogen. Dengan mengkonsumsi buah matoa kamu akan terhindar dari resiko kanker yang beresiko kematian. Vitamin C yang terkandung dapat membantu mengaktifkan antioksidan tersebut.

5. Terhindar dari Resiko Penyakit Jantung

Jantung adalah Organ Penting di Dalam Tubuh Manusia, Maka

www.hellodoctor.co.id

Untuk mengurangi resiko penyakit jantung, vitamin C yang terdapat dalam buah manfaat buah matoa dapat menghindari penyakit jantung. Selain itu pola makan kamu yang kurang sehat, kamu dapat menggunakan buah ini sebagai penyeimbang.

Sebenarnya tak hanya buahnya saja untuk kesehatan, bagian tumbuhan lain pun biasa di gunakan sebai pengobatan dalam beberapa jenis keluhan penyakit. Terutama kulit pohonnya sering juga digunakan penduduk Priangan Jawa Barat sebagai obat luka, sedangkan masyarakat Malaysia menggunakannya untuk dicampurkan dalam air saat mandi sebagai obat demam.

Caranya dengan merebus kulit kayu dan daun pohon Matoa bersama dengan air. Nah, nantinya yang dipakai untuk mandi, silahkan untuk mencobanya. Sedangkan batang yang keras banyak dimanfaatkan suku penduduk Papua untuk tiang rumah dan digunakan untuk bahan perahu.

Mungkin sesudah mengetahui apa manfaat buah matoa, kamu pasti ada yang belum tahu dimana untuk mendapatkannya. Apa yang lansung pergi ke Papua, kamu tidak perlu jayh-jauh datang ke sana, buah matoa mungkin sudah ada di beberapa toko atau supermarket. Tentunya harganya lebih mahal, namun rasa dan khasiatnya kamu akan dapat.

 

Tinggalkan Balasan