8 Peristiwa Bencana Alam yang Banyak Terjadi di Dunia dan di Indonesia

Macam-macam Bencana Alam- Pernah kita menonton tv atau mendengar berita ada bahwa ada bencana alam di mana-mana. Di dalam agama inilah yang disebut kiamat kecil. Dan bencana alam sendiri apapun jenisnya atau bentuknya pasti merugikan kita.

Macam-macam bencana alam menjadi banyak dibicarakan, dan menjadi trending topik diberbagai Negara tentunya, disebabkan beragam bencana yang ditimbulkan oleh alam atau oleh tangan manusia sendiri dan terus datang tanpa kita sadari.

Nah, maka dari itu kita segera bersiap-siap apabila bencana alam sudah terdeteksi. Jika Allah SWT berkehendak kita terselamatkan atau tidaknya, itu semua atas izin Allah SWT dan kehendak-NYA.

Allah SWT, kalau berkehendak seperti itu, itulah sebagai pengingat kita untuk selalu menjaga alam agar tidak rusak. Meskipun kita dapat memprediksi akan datangya sebuah bencana, namun tidak ada yang bisa mencegahnya, sekuat apapun kita tetap tidak bisa.

Devinisi Bencana

  • -Bencana alam sendiri dapat kita denifisikan atau mengartikan, yakni sebuah kejadian yang menjadi pukulan atau dampak yang sangat besar bagi semua makhluk hidup. Meskipun bencana alam sudah biasa kita alami.
  • Tetap tidak dapat untuk menghindari atau menghentikan dengan cara apapun. Namun, kita hanya bisa mencegah bencana alam dengan menjaga kelestarian alam agar tidak berakibat fatal lagi seperti yang pernah alami sebelumnya.
  • -Karena bencana alam sering datang, pasti menimbulkan kerugian sangat besar itupun tergantung dari pencegahan yang telah dipersiapkan. Bila kita melakukan persiapan sebelum bencana alam datang dengan benar, mungkin saja kerugian tidaklah besar yang di hasilkan.
  • -Sebuah Konsekuensi juga timbul antara ketelibatan kita dengan pengrusakan alam yang ada. Contohnya saja, membuang sampah sembarangan, memotong pepohonan secara liar, tidak pernah ibadah, tidak merawat lingkungan sekitar. (Semua ini penyebab bencana alam).

NB: Hal yang bisa kita lakukan untuk mencegah alam agar tidak timbul lagi atau datang lagi. Maka dari itu, perbanyak ibadah kepada sang kuasa (Allah SWT) dan menjaga kelestarian alam di lingkungan sekitar, kemungkinannya akan sangat kecil timbulnya bencana alam.

Ini adalah konsep: “Macam-macam Bencana Alam”

Setiap belahan dunia pasti pernah merasakan ancaman bencana alam, entah itu dari langit, tanah, air atau juga bisa dari erosi bumi yang selalu akan setia untuk menunggu giliran untuk menghampiri kita semua.

Kekeringan

sedekahair.org

sedekahair.org

-Di antara bencana alam yang susah untuk dicegah dan datang menemui kita pada setiap tahunnya adalah kekeringan. Ini diakibatkan oleh bertambahnya suhu yang ada di bumi semakin panas dan curah hujan yang turun pada umumnya disebut dengan pemanasan global.

Apabila kejadian ini terjadi maka semua makhluk hidup akan mengeluh, karena berkurangnya kesediaan makanan. Bencana alam seperti kemarau sendiri selalu tiap tahun menjumpai kita, di seluruh Indonesia tanah air kita tercinta ini.

Bahkan pemerintah di Indonesia saat ini sangat sulit untuk mencoba untuk menanggulangi kekeringan yang ada.

Banjir

danishahnaffaizul.blogspot.com

danishahnaffaizul.blogspot.com

-Apabila curah hujan yang sangat tinggi dan jika tidak kita imbangi dengan saluran-saluran pembuangan air (selokan) yang memadai, maka banjir akan semakin merendam wilayah yang terkena banjir.

Dan biasanya banjir terjadi di sebabkan oleh luapan sungai, yang tidak mampu untuk menahan derasnya air yang datang akibatnya jebolnya sistem perairan, seperti waduk, sungai di suatu daerah.

Selain itu ada juga disebabkan akibat ulah tangan manusia sendiri, seperti contoh suka menebang pohon-pohon seenaknya, buang sampah sembarangan. Mereka tidak tahu kalau pohon sangat bermanfaat sebagai penyerap air ketika hujan.

Banyak pohon yang sudah ditebang, yah kita hanya pasrah dan menanam phon 1 demi 1 agar semua makhluk hidup tidak menderita.

Kebakaran Hutan

blog.reservasi.com

blog.reservasi.com

-Semua ini sangat erat kaitannya dengan alam dan oleh tangan manusia. Jika sudah terjadi maka memadamnya itu yang susah, sebab luas daerah yang terbakar jauh dari tempat penanggulangan bencana.

Bencana alam ini diperkirakan menyebabkan merusak pandangan dan mengurangi jarak pandang. Dan salah satu perkiraan penyebabnya oleh alam sendiri atau bisa jadi dikarenakan tersambar petir yang akhirnya mengeluarkan api.

Jika itu disebabkan oleh tangan manusia yang jahil suka menebang pohon seenaknya atau keserakahan mereka dalam membuka lahan dan juga tidak melihat sengsaranya orang lain. Ini semua akan menyebabkan timbulnya kebakaran akan melanda kita.

Gempa Bumi

bpbd.bengkuluprov.go.id

bpbd.bengkuluprov.go.id

-Bencana ini tidak bisa kita prediksi sebelumnya, namun dapat diukur kekuatannya melalui alat seismometer. Level kerusakan yang di akibatnya tergantung kekuatan gempa tersebut, kalau kekuatannya kecil (kerusakan diakibatkan tak parah).

Atau kebalikannya jika gempa itu kekuatannya sangat besar yang terjadi berbagai bangunan akan roboh, disebabkan tidak bisa menahan kerasnya goncangan gempa tersebut. Nah, ini semua disebabkan juga tidak memiliki sistem anti gempa (bisa menahan sedahsyat goncangan).

Akan tetapi jika yang kuasa (Allah SWT) berkehendak beda maka kita akan berbuat apalagi. Dan gempa sendiri ini terjadi sebab adanya pergerakan magma yang ada di dalam perut bumi, akibatnya pergerakan lempengan bumi.

Umumnya bencana alam seperti gempa bumi terjadi wilayah yang paling dekat dengan patahan lempengan bumi. Jika datangnya gempa bumi tidak dapat diperkirakan oleh kita, maka gempa bumi ini merupakan bencana alam paling berbahaya untuk semua.

Banyak hal yang dapat kita lakukan demi mengurangi kerugian, disebabkan oleh bencana alam seperti ini. Dengan membuat pondasi bangunan peredam gempa, atau bisa membuat bangunan anti gempa.

Angin Puting Beliung

versesofuniverse.blogspot.com

versesofuniverse.blogspot.com

-Tahukah kamu tentang angin puting beliung? Kalau belum belajar bareng yuk. Nah, bencana alam seperti angin puting beliung merupakan angin berputar dengan kecapatan sangat tinggi, dan diperkirakan gerakan secara vertikal dapat dihitung kejadian max 5 menit.

Masyarakat Indonesia sendiri menyebutnya angin lesus, namun jika di Negara Amerika disebut sebagai dengan tornado atau angin topan.Perbedaannya kalau di negara luar tornado kejadiannya lebih dari 1 jam dan dengan kecepatan max 320 km/jam diameter mencapai kurang lebih 500 meter.

Indonesia bencana ini belum bisa memprediksi dengan cepat akan datangnya angin lesus, sebab teknologi di tanah air tercinta, sebab teknologi kurang memadai. Beda dengan di Amerika mereka dengan cepat bisa memprediksi terjadi kapan datangnya angin topan.

Sehingga mereka bisa menghimbau warga untuk cepat mempersiapkan atau untuk capat mengungsi. Meskipun bencana alam ini dapat diprediksi dengan cepat, namun tetap saja bencana alam merugikan sangat besar buat penduduk setempat.

Tsunami

steamcommunity.com

steamcommunity.com

-Bencana alam ini berasal dari bahasa jepang “Tsunami” yang memilik arti gelombang besar. Tsunami sendiri merupakan akibat dari gempa bumi yang sangat besar di dasar laut. Dan akhirnya mebuat gelombang yang sangat besar dan deras.

Bahkan dapat mampu menyapu yang ada di depannya. Bencana alam seperti sangat berbahaya bagi manusia, sebab tidak bisa dprediksi kapan kejadiannya, bahkan kita pun sulit untuk mencegah ombak raksasa yang datangnya begitu cepat.

Tanah Longsor

dinifitriani457.blogspot.com

dinifitriani457.blogspot.com

-Bencana alam seperti tanah longsor sering terjadi di tanah air kita tercinta ini. Kejadian ini disebabkan adanya pergerakan tanah, dan biasanya selalu terjadi yang tempat tinggalnya di daerah pegunungan.

Apabila rumah yang dihuni semakin curam kemiringan tanahnya maka kemungkinan besar akan timbulnya tanah longsor. Untuk bencana alam seperti ini umumnya terjadi akibat hujan yang cukup deras, dan tanah akan sedikit sekali ditumbuhi oleh tanaman apapun.

Bahkan yang kita perlu tahu bahwa tanaman itu bisa menahan tanah-tanah dengan tujuan agar tidak mudah jatuh atau terseret oleh gravitasi bumi. Ada pula bencana tanah longsor yang alami, karena tanah longsor bisa jadi akibat tanah kurang padat, curah hujan deras, kemiringan tanah yang cukup curam.

Namun, bencana alam ini terjadi di dalam hutan, bisa jadi itu tidak masalah yang serisu buat kita. Bila tanah longsor terjadi di samping jalan, maka yang akan terjadi jalan tertutup dan tak bisa dilewati sampai akses jalan bisa bersih kembali.

Gunung Meletus

risastevi.files.wordpress.com

risastevi.files.wordpress.com

-Gunung meletus adalah bencana alam yang biasa terjadi di mana-mana, bahkan di Indonesia memiliki gunung yang sangat paling berbahaya yakni, Gunung Krakatau. Yang kini masih aktif sampai sekarang. Jika gunung mau meletus dapat dideteksi dengan alat yang sama untuk mendeteksi gempa, yakni seismometer, dengan arahan.

Yakni, mulai dari siaga, waspada, awas sampai puncaknya meletus. Gunung ini akan memuntahkan beragam macam material-material terdapat di perut bumi. Mulai dari abu, debu, kerikil, pasir, awan panas sampai yang paling bahaya yakni, larva atau magmanya.

Dimana ada waktu untuk dapat diprediksi, maka waktu peringatan untuk segera mengungsi segera dilakasanakan agar masyarakat setempat lebih aman, meski kerugian akan ditimpa itupun tidak bisa dihindari.

Magma sendiri merupakan cairan panas, asalnya dari perut bumi suhu derajat diperkirakan 1000  °C. Magma seperti ini biasa disebut dengan larva. Meskipun bencana gunung meletus membuat kerugian yang sangat besar.

Namun, ada keberuntungan di balik peristiwa bencana alam ini. Dari 1 hingga 2 bulan tanaman yang akan di tanami akan menjadi lebih subur dibanding dengan sebelumnya, ini disebabkan oleh adanya debu dan material yang dikeluarkan dari perut bumi memiliki zat huru-hara yang sangat tinggi.

Ini ada video bencana alam paling dahsyat, untuk menguatkan iman kita.

loading...

One Response

  1. ACT Fondation 7 April 2016

Tinggalkan Balasan