Tahukah Kamu Tentang Aliran Seni Lukis? Berikut Macam-macam Aliran Seni Lukis dan Pengertiannya

Kalau ditinjau dari segi teknis, lukisan merupakan kegiatan yang memakai pigmen atau warna dengan bahan pelarut yang akan digunakan di atas permukaan bidang dasar. Semisal pada kanvas yang dijadikan sebuah media untuk menghasilkan sensasi ilusi ruang, gerakan dan tekstur untuk mengekspresikan beragam macam makna atau nilai yang subjektif, baik itu bersifat intelektual, emosional, religius, simbolik dan lain-lain.

Selengkapnya baca juga di Pengertian Seni Lukis.

Terlebih lagi, aliran seni lukis kemudian dapat juga membedakan setiap hasil karya mereka.

Aliran Seni Lukis Surrealisme

Seni Lukis dengan ALiran Surrealisme dipelopori oleh salvador dali

www.youtube.com

Aliran seni Surrealisme-Merupakan aliran seni lukis yang sebagian hasil karyanya menyerupai bentuk-bentuk yang sering ditemui di alam mimpi dan sebenarnya merupakan bentuk dari alam bawah sadar manusia. Dalam kata lain, pelukis berusaha untuk menuangkan semua imajinasinya dan membebaskan semua fikirannya dari hal-hal yang sudah logis atau bahkan anti-mainstream yang kemudian diaplikasikan pada semua objek yang ia kehendaki.

Jarang juga ada orang yang dapat memahami maksud dari seni lukisan ini, salah seorang tokoh yang paling terkenal dalam aliran surrealisme, Salvador Dali.

Aliran Seni Lukis Naturalisme

seni lukis dengan aliran naturalisme

ilukmana.blogspot.com

Aliran Naturalisme adalah seni lukis yang menggambarkan segala sesuatu sesuai dengan alam nyata atau disebut nature. Seorang Basuki Abdullah merupakan salah satu yang termasuk pelopor atau maestro asal Indonesia yang melukis dengan aliran Naturalisme bertemakan “seorang perawan desa yang memakai pakaian lusuh.” Namun, justru tampak seperti bidadari. Selain Basuki Abdullah maestro asal Indonesia yang populer adalah Raden Saleh.

Aliran Seni Lukis Realisme

Seni Lukis dengan Aliran Realisme -Nyata-

pinasthikaartista.wordpress.com

Aliran ini merupakan seni lukis yang dalam hasil karyanya berusaha untuk menampilkan sebuah objek ke dalam sebuah karya yang sebagaimana tampil dalam kehidupan sehari-hari. Tanpa adanya tambahan ataupun embel-embel tertentu. Dengan kata lain, aliran seni yang ingin menunjukkan suatu kebenaran yang dilakukan sehari-hari atau sebuah kejadian yang sedang terjadi.

Aliran Seni Lukis Kubisme

Seni Lukis dengan aliran kubisme yang memiliki seni berbentuk kotak, overal, segita dan lain sebagainya.

janicalewinsky.wordpress.com

Aliran Seni Lukis Kubisme ini merupakan aliran yang lebih cenderung melakukan abstraksi suatu objek ke dalam macam-macam bentuk geometri demi untuk mendapatkan sensasi tertentu. Salah satu seorang tokoh atau pelopor seni lukis aliran kubisme adalah Pablo Picasso.

Aliran Seni Lukis Romantisme

Seni Lukis dengan aliran romantisme


gideonfirstian7.blogspot.com

Aliran Romantisme-Merupakan aliran seni lukis tertua dalam sejarah seni lukis modern di Indonesia. Hasil karya aliran romantisme ini pada umumnya terkesan untuk membangkitkan kenangan, keindahan atau romantis di setiap objek yang dihasilkan. Objek yang paling sering dieksplor oleh aliran ini biasanya latar belakangnya adalah alam.

Romantisme dirintis oleh pelukis-pelukis pada zaman penjajahan Belanda dan ditularkan kepada oleh pelukis para pribumi yang tujuannya untuk di koleksi dan digalerikan pada zaman kolonial. Salah satu tokoh terkenal dari aliran romantisme adalah Raden Saleh, di Indonesia.

Aliran Seni Lukis Plural Painting

dengan gaya stylis seni lukis dengan aliran plural-painting

senibudayasmandita.blogspot.com

Aliran Plural Painting-Seni yang merupakan aliran yang di dalam proses beraktifitasnya melalui semacam meditasi atau penggambaran intuisi yang tujuannya bisa mengambil dan menterjemahkan gerak kehidupan ke dalam bahasa secara visual.

Kemudian menjadikan plural painting sebagai konsep bahasa visual. Dimana untuk tujuan tersebut adalah mewujudkan idiom-idiom agar relatif bisa mencapai ketetapan dari apa yang sudah tertangkap oleh intuisi dengan memakai idiom-idiom yang lebih bersifat multi-teknik, multi-etnis dan multi-style.

Aliran Seni Lukis Badingkut (Isme)

seni lukis yang menggunakan aliran badingkut isme

forum.detik.com

Sebuah aliran seni lukis yang mempunyai kecenderungan pada proses pengayaan atau cara proses kreatifnya hasil pengembangan, dari Herry Dim yang telah ada sejak tahun 70-an. Hasil karya aliran ini adalag rangkaian bahan-bahan bekas atau bahkan dari temuan yang kemudian dapat menjadi sebuah karya seni yang berupa karya ruang (seni instalasi), dua dimensi (lukisan atau instalasi dinding), tiga dimensi (serupa dengan patung) ataupun karya seni tata panggung seperti teater.

Aliran Seni Ekspresionisme

Seni Lukis yang memakai aliran ekspresionisme

blog-senirupa.blogspot.com

Aliran seni lukis dapat diartikan yakni aliran seni lukis yang hasil karyanya lebih mengarah pada kecenderungan seorang seniman dalam upayanya agar mendistorsi kenyataan dengan beragam macam efek emosional. Hasil karyanya aliran ini bisa kamu temui dalam karya lukisan, film, sastra, musik dan arsitekstur.

Aliran Seni Lukis Dadaisme

seni yang menggunakan aliran dadaisme atau dada

pandeputudarmayana.blogspot.com

Aliran seni lukis yang merupakan sebuah gerakan budaya terlahir di wilayah netral, yakni Zurich, Switzerland, selama Perang Dunia I pada tahun 1916-1920 berlangsung. Gerakan tersebut diantaranya seni visual, teater, desain grafis dan sastra (puisi, teori seni dan pertunjukan seni).

Aliran Seni Lukis Fauvisme

seni lukis dengan aliran fauvusme

en.wikipedia.org

Aliran Favuisme-Aliran seni lukis yang memiliki umur cukup pendek yang dimulai menjelang era seni rupa modern. Nama fauvisme sendiri berasal dari kata sendirian (fauve) yang berarti binatang liar, yang dilontarkan oleh seorang pelopor aliran fauvisme bernama Louis Vauxcelles, ketika itu sedang mengomentari sebuah pameran yang bernama Salon d’Automne dalam sebuah artikel atau novel yang dibuat pada tanggal 17 Oktober tahun 1905.

Artikel Terkait Seni: Seni Rupa Tradisional, Seni Rupa Terapan dan Rahasia di Balik Aliran Seni Rupa.

Aliran Seni Lukis Neo-Impresionisme

seni lukis yang memakai aliran neo-impresionisme

sekartejaartstudio.blogspot.com

Neo ini merupakan sebuah aliran seni lukis di mana teknik melukisnya tidak lagi memakai warna dasar campuran, baik yang ada pada palet atau bahkan yang di atas kanvas. Melainkan ditempatkan pada beberapa titik kecil yang bersebelahan. Ketahuilah aliran ini berkembang dengan pesat di Perancis sekitar tahun 1886-1906 dan dipimpin oleh Georges Seurat.

loading...

3 Comments

  1. lianny hendrawati 10 Desember 2015
  2. Muhammad Syafiq 10 Desember 2015
  3. Anonim 3 Oktober 2016

Tinggalkan Balasan