Maafkan Aku Ibu..

Ibu melahirkan kita dengan susah payah dengan taruhan nyawa, dengan penuh kasih sayang dan mendidik kita hingga dewasa nanti. Dan berharap kita bisa menjadi anak yang berakhlak mulia di sisi Allah SWT dan di mata orang lain. Tanpa hadirnya seorang Ibu dimana kita akan berkeluh kesah tentang problem hidup kita. Dan kita harus menghormati Orang Tua, terutama seorang Ibu.

Hadist yang menyatakan tentang menghormati orang tua

عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ جَاءَ رَجُلٌ إِلَى رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ :يَا رَسُوْلَ اللهِ، مَنْ أَحَقُّ النَّاسِ بِحُسْنِ صَحَابَتِي؟ قَالَ أُمُّكَ، قَالَ ثُمَّ مَنْ؟ قَالَ أُمُّكَ، قَالَ ثُمَّ مَنْ؟ قَالَ أُمُّكَ، قَالَ ثُمَّ مَنْ، قَالَ أَبُوْكَ

Riwyat Abu Hurairah R.A beliau bercakap, “Seseorang datang kepada Rasulullah Saw, dan berkata, Wahai Rasullullah, kepada siapakah aku harus berbakti pertama kali? Rasullullah Saw menjawab, ibumu! Dan orang tersebut kembali bertanya kembali, kemudian siapa lagi? Rasul pun menjawab Ibumu! Dan orang tersebut bertanya kembali, Kemudian siapa lagi? Beliau menjawa, Ibumu. Orang tersebut bertanya kembali Kemudian siapa lagi, Nabi Saw menjawab, Kemudian ayahmu. (HR. Bukhori no. 5971 dan Muslim no. 2548)

Problematika Dengan Orang Tua

Ada sedikit cerita nih bisa anda perhatikan. Sebut saja nama nya Masyaf, Masyaf memiliki masalah dengan orang tuanya. Suatu hari Masyaf pergi  dan berpamitan dengan orang tua. Pada saat itu Masyaf berbohong nih, berpamitannya ke sekolah tak disangka dia di ajak temen. Ke sebuah angkringan game, kejadian buruk pun terjadi terhadap Masyaf, Masyaf pulang dari angkringan. Dia kecelakaan terhantam sepeda motor, dan segera di larikan ke rumah sakit terdekat. Itulah akibat berbohong terhadap orang tua.

Dari dahulu saya di bimbing dengan baik, agar kedepan-Nya menjadi orang yang sukses dan berakhlakul kharimah. Ter  , dan akhirnya saya sering membantah orang tua. Sering terjadi hal-hal yang buruk dalam hidup saya. Semenjak itulah saya mencoba untuk memperbaiki diri, dan mencoba menjadi lebih baik untuk diri saya dan orang tua. Bangkit dari hal yang buruk menjadi hal yang lebih baik. Belajar menjadi lebih baik itu memang susah akan tetapi membutuhkan proses dan tidak instan. Akan tetapi kita harus lakukan secara terus menerus dengan baik.

Hadist tentang amal baik (perubahan) yang disukai oleh Allah Swt:

عَبْدُ الله بن مَسْعُودٍ قال سَاَ لْتُ النَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم ايُّ الْعَمَلِ اَحَبُّ الى الله قال: الصَّلَاةُ على وَقْتِهَا قال: ثم اي قال:ثُمَّ بِرُّ الْوَالْدَيْنِ قال: ثم اي قال: الجِهَادُ فى سَبِيْلِ الله ( اخرجه البخاري و مسلم)

Artinya: “ dari Abdullah bin Mas’ud r.a. ia berkata: Saya bertanya kepada Nabi saw: Amal apakah yang paling disukai oleh Allah Ta’ala? beliau menjawab: “ Shalat pada waktunya. “ Saya bertanya lagi: “ kemudian apa?” beliau menjawab: “ berbuat baik kepada kedua orang tua. “ Saya bertanya lagi: “ kemudian apa?” beliau menjawab: berjihad(berjuang) di jalan Allah.” (H.R. Bukhari dan Muslim).

kinerjaaktif.com

                                                               

Forgive Me Mother

Forgive me mother (maafkan saya ibu). Betapa sedih hati ini, yang mempunyai banyak dosa. Betapa dahulunya engkau merawat ku dan menyayangiku dari mulai aku kecil sampai sekarang. Engkau tak pernah lelah, saat aku merintih dan menangis meminta air susu darimu. Dan engkau selalu tersenyum apabila ketika aku bandel. Ibu maafkan aku jika sampai kini aku mempunyai salah. Kini aku mulai meranjak dewasa, dan kini engkau mulai menua. Engkau selalu ada untuk ku jika aku mempunyai masalah.

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan