Inilah 15 Manfaat Buah Tin yang Harus Anda Ketahui

Buah tin merupakan buah yang kaya akan gizi, dikarenakan mengandung vitamin, mineral dan serta molekul gula, sedangkan bagi orang penduduk Arab, mereka sering merebus daun Buah tin sebagai obat mengatasi nyeri mentruasi.

Khasiat buah tin ini dihasilkan dari kandungan nutrisi. Sejumlah nutrisi seperti kalsium, mineral, protein, vitamin dan zat besi ada di dalam buah ini. Karena itu buah tin sangat bermanfaat untuk kesehatan.

Berikut Manfaat Buah Tin

winhealthplans.com

winhealthplans.com

1. Anti Bakteri, jamur dan virus

Buah tin mampu mematikan bakteri pengganggu kesehatan. Kandungan buahnya dapat mematikan mikroorganisme yang bisa mengakibatkan jamur dan virus.

2 Merawat wajah

Buah tin dapat digunakan untuk menyembuhkan jerawat dan menyehatkan kulit. Rutin mengkonsumsi buah tin ini, cukup dihaluskan, kemudian dijadikan masker untuk perwat kulit wajah.

3. Diet

Cocok sekali untuk orang-orang yang sedang melakukan program diet (penurunan berat badan). Menambahkan buah apel dan buah tin, dapat menjadi cemilan saat melakukan program diet.

4. Mengatasi Masalah Pencernaan

Tidak hanya buah pepaya yang mampu memperlancar pencernaan, namun juga buah tin dapat mengatasi sembelit atau susah buang air besar.

5. Mencegah Osteoporosis

Kandungan kalsiumnya sama seperti susu yang akan mempercepat pertumbuhan tulang dan gigi. Selain itu, kandungan kalsium dalam buah tin bermanfaat mencegah pengkeroposan tulang.

6. Asam Urat

Memperkuat tulang dan sendi, sehingga cocok bagi Anda yang menderita penyakit asam urat.

7. Mencegah Anemia

Memicu pembentukan sel darah merah (hemoglobin) sehungga sangat dianjurkan untuk dikonsumsi bagi penderita anemia. Selain itu, peningkatan darah merah juga mengoptimalkan daya ingat.

8. Mengobati Penyakit Usus dan Lambung

  • Pengobatan usus dan lambung ini dibuat dengan cara:
  • 6 buah tin di potong-potong.
  • Campurkan minyak zaitun dan potongan jeruk nipis setelah merata diamkan selama semalam.
  • Setelah itu siap untuk diminum.

9. Mencegah Penyakit Jantung

Kandungan Omega 3 dan Kalium dapat mencegah terjadinya jantung koroner. Zat kalium ini juga banyak terdapat juga di pisang dan mangga. Karena itulah disarankan buat Anda, untuk mengkonsumsi buah jus.

10. Penangkal Kolestrol

Dapat mengurangi kadar gula kolestrol dalam darah, karena mengandung perktin. Zat ini berguna menurunkan lemak, karena mengandung triglesida.

11. Mengatasi Insomnia

Buah tin dapat membuat tidur lebih nyenyak dan mengatasi insomnia, karena memiliki kandungan trytophan. Seperti yang terkandung juga di coklat.

12. Penangkal Tumor

Buah tin mengandung benzaldehid serta fenol yang berguna sebagai penangkal tumor/

13. Mengatasi Penyakit Diabetes

Caranya, Rebus lima ruas daun tin, lalu minum airnya. Manfaat dari air rebusan tersebut dapat membantu Anda mengatasi penyakit diabetes.

14. Penangkal Kanker Payudara dan Kanker Usus

Jika mengkonsumsi secara rutin dan benar, buah tin dapat membantu mengurangi resiko kanker payudara dan kanker usus besar.

15. Menjaga Kesuburan Pria dan Wanita

Buah tin mampu meningkatkan sperma di tubuh dan mengoptimalkan kesuburan bagi seseorang, karena mengandung anti oksidan yang sangat banyak. Anti oksidan tersebutlah yang membantu melindungi asam lemak seperma dan menghindarkan dari kerusakan.

Tentang Buah Tin

www.pohonbuahtin.com

www.pohonbuahtin.com

Buah ini memiliki ukuran 3-5 cm dan berwarna hijau. Beberapa jenis buah yang lain memiliki warna merah keunguan jika sudah masak. Apabila mau mengambil! hendaknya berhati-hatilah, karena getahnya bisa membuat kulit menjadi iritasi. Buah tin memiliki aroma dan rasa yang mirip dengan buah jambu. Buah ini memiliki tekstur kasat, empuk dan manis pula, serta memiliki kandungan yang tidak terlalu banyak dan banyak biji pada buahnya.

Indonesia sendiri sudah banyak sekali yang mengembangkan buah tin ini, mengingat manfaat buah tin sangatlah beragam yang berguna bagi tubuh.

Kandungan Nutrisi Pada Buah Tin

whatsforeats.com.au

whatsforeats.com.au

Buah tin memiliki 2 jenis yaitu, kering dan basah. Pembeda pada keduanya adalah, yakni pada kandungan kalorinya. Buah tin yang kering mengandung lebih banyak kalori, ssedangkan buah tin yang basah memiliki sedikit kalori. Seorang profesor Amerika Serikat mengatakan bahwa buah tin tidak mengandung kolestrol dan lemak.

Buah tin mengandung serat, zat besi dan kalium yang sangat tinggi. Dalam 10 gramnya terdapat lebih dari 20% serat, berjenis serat larut. Serat larut ini dapat menjaga kadar gula dalam darah Anda , yang berguna mengurangi kadar kolestrol. Sedangkan serat tidak terlarut dapat mencegah kanker pada usus besar. Serat yang terkandung dalam buah tin juga berfungsi menyuburkan sistem reproduksi baik pria maupun wanita. Silahkan mencoba. 🙂

Buah Tin Menurut Islam

Buah tin merupakan buah yang berasal dari Asia Barat dan sangat terkenal di dalam dunia Islam, karena buah ini kesukaan Nabi Muhammad SAW. Buah yang memiliki nama latin Ficus Carica ini juga disebutkan dalam Al-qur’an pada surat At-tin. Dikalangan umat Islam, buah tin dipercayai sebagai buah yang berasal dari surga dan mengandung banyak manfaat yang berguna bagi tubuh. Pada zaman nabi digunakan sebagai bahan untuk dijadikan pakaian.

loading...

7 Comments

  1. ika 6 September 2015
  2. Muhammad Syafiq 6 September 2015
  3. Rudy Ho 9 September 2015
  4. Muhammad Syafiq 9 September 2015
  5. Muhammad Syafiq 9 September 2015
  6. Ryan M. 12 September 2015
  7. CARA.pro 26 September 2015

Tinggalkan Balasan