Rahasia di Balik Manfaat Buah Bit yang Harus Anda Ketahui

Buah bit! Bagi sebagian kebanyakan belum mengenal buah bit, Buah bit banyak digunakan untuk pewarna alami pada makanan. Selain memiliki zat warna yang bagus, buah bit juga memiliki kandungan nutrisi sangat banyak bagi kesehatan tubuh. Buah bit bukanlah berasal dari bunga, melainkan dari umbi yang berada di dalam tanah seperti ubi. Tanaman ini berasal dari Eropa dan sekarang banyak dibudidayakan di Indonesia. Berikut penjelasan tentang nutrisi, manfaat pada Buah Bit.

Nutrisi Kandungan Buah Bit

whatsforeats.com.au

whatsforeats.com.au

Kira-kira apa saja kandungan nutrisi buah bit? Buah ini mengandung beberapa nutrisi yang sangat penting bagi kesehatan. Diantaranya adalah

  • Kalium 14,8%. Fungsinya: Memperlancar keseimbangan cairan di dalam tubuh.
  • Serat 13,6%
  • Asam Folat 34%. Fungsinya: Menumbuhkan dan mengganti sel-sel yang rusak.
  • Vitamin C 10,2%. Fungsinya: Menormalkan saluran pada darah dan enumbuhkan jaringan.
  • Zat Besi 7,4%. Fungsinya: Sistem kekebalan tubuh dan metabolisme energi
  • Magnesium 9,8%. Fungsinya: Menjaga fungsi otot syaraf
  • Fosfor 6,5%. Fungsinya: Memperkuat tulang pada tubuh
  • Tembaga 6,5%. Fungsinya: Membentuk sel darah merah
  • Betasianin. Funsinya: Pencegah Kanker
  • Caumarin. Funsinya: Untuk mencegah tumor

Ternyata banyak sekali bukan? Buah ini tergolong umbi-umbian, jadi yang dimanfaatkan adalah akarnya. Anda bisa mendapatkan manfaat buah ini dengan cara membuatnya sebagai jus. Kandungan didalam jus nutrisinya seperti: Copper, Fosfor, Gula Alami, Iodine, Kalsium, Klorin, Sulfur, Sodium, Vitamin B1, B2, C, P dan juga Zat Besi.

Selain untuk jus, Anda juga bisa mengasup Buah bit dengan cara direbus untuk salad, atau dibuat pure (dihaluskan) untuk sup. Perlu Anda perhatikan juga, kulitnya dianjurkan untuk disantap, nutrisi pada akar bit kaya akan kabohidrat (dalam bentuk gula dengan sedikit kandungan protein dan lemak) yang mudah menjadi energi serta zat besi yang membantu darah mengangkut oksigen ke otak.

Walaupun mengandung kabohidrat, kalorinya rendah. Jadi Anda gak perlu kuwatir, menyantap bit tidak akan menaikkan berat badan. Dalam mengasup jus bit, sebaiknya akar bit dicampur dengan buah atau sayur lainnya, karena akar bit saja membuat tali pita Anda menjadi kaku dan sulit bicara dalam waktu tertentu, kecuali Anda minum jus murnu dari akar bit organik yang justru langsung menyembuhkan kelumpuhan pada pita suara Anda.

Berikut Manfaat Buah Bit

1. Mencegah Anemia

www.duniainformasikesehatan.com

www.duniainformasikesehatan.com

Kurang darah atau Anemia, membuat tubuh kadang menjadi lemas. Anemia terjadi karena darah kekurangan zat besi, sehingga sel darah merah yang ada di dalam darah kian menurun. Buah bit bisa mengatasi masalah tersebut mengingat kandungan zat besi di dalamnya sangat tinggi, oksigen dapat di ikat dengan lancar oleh darah dan sel darah merah dapat beregenarasi dengan normal.

2. Memberi Tenaga dan Menyeimbangkan Tubuh

www.blog.eriknerum.com

www.blog.eriknerum.com

Minum jus buah bit bisa membantu orang berolah raga lebih lama 16% disebabkan oleh kandungan nitratnya dan mengurangi pengeluaran/ pembakaran oksigen dalam olah raga, sehingga rasa capek yang disebabkan oleh olah raga berkurang (Penelitian di Inggris: Univ of Exeter, BBC news, 6 Agustus 2009).

Karena itu minum jus yang dicampur bit pada malam hari bisa dipakai sebagai jus tonik, manfaat melancarkan aliran darah dan menambah energi.

3. Masalah Pencernaan

www.jpnn.com

www.jpnn.com

Bila Anda mengalami masalah pencernaan, rasa mual dan diare. Minum jus bit yang dicampur wortel dengan satu sendok makan jus lemon atau jeruk nipis serta dicampur dengan satu sendok makan madu di pagi hari sebelum sarapan akan membantu mengurangi masalah diperut. Daun bit juga bermanfaat menanggulangi sakit demam. Pemakaian cukup sekali sehari

4. Menjaga Kesehatan Jantung

smoothdietindonesia.com

smoothdietindonesia.com

Kandungan kalium di dalam buah bit ini mampu menurunkan tekanan darah tinggi yang dapat menghambat sirkulasi darah melalui jantung dan dapat mempengaruhi jantung.

Selain itu mengkonsumsi jus buah bit bermanfaat dalam mengurangi konsentrasi homosistein karena mengandung betain. Homosistein merupakan sebuah zat yang dapat mengakibatkan kerusakan pada pembuluh darah perifer dan juga stroke, akhirnya timbunan lemak di dalam tubuh yang menghambat aliran darah ke jantung dapat berkurang.

5. Menjaga Kesehatan Ginjal dan Kandung Empedu

tabloidnova.com

tabloidnova.com

Meminum jus buah bit setiap hari dapat membantu membersihkan ginjal dan kantung empedu, sehingga racun-racun yang tertimbun di dalam kedua organ dapat dikeluarkan dengan mudah.

 

 

loading...

Tinggalkan Balasan