Mengenal Ciri, Habitat dan Jenis-jenis Keunikan Kacang Merah

Tahukah kamu tentang kacang merah? Kacang merah adalah tanaman yang ketika tumbuh membutuhkan penyangga ketika tumbuh, memiliki daun majemuk jorong serta beranak daun tiga dan termasuk golongan “tanaman semak merambat”.

Selain memiliki kuantitas tersebut, kacang merah memiliki ciri-ciri, habitat dan jenis-jenis khas tersendiri loh. Apa saja yang dimiliki ciri khas kacang merah tersebut? Berikut ulasannya:

Ciri-ciri Khas Pada Kacang Merah

Kacang Merah adalah memiliki ciri-ciri

gardenhow.blogspot.com

Kacang ini akan tumbuh dengan memiliki tinggi sekitar 3,5 m- 4,5 m. Sedangkan buahnya sendiri berbentuk polong serta memanjang. Dalam satu polongnya saja terdapat 2 hingga 3 biji kacang merah.

Bentuk biji kacang merah sendiri memiliki ukuran yang lebih besar daripada biji kacang hijau ataupun kacang panjang dengan kulit bijinya yang berwarna merah bata (tua). Apabila biji dikupas, maka akan terlihat biji kacang yang berwarna putih, ajaib bukan?

Habitat Kacang Merah

Kacang Merah adalah Habitat

www.youtube.com

Kacang merah   adalah akan dapat tumbuh dengan baik, jika daerahnya memiliki suhu yang dingin dengan ketinggian antara 1.400 m sampai 2.000 m diatas permukaan air laut. Temperatur yang harus dipenuhi kacang merah untuk tumbuh adalah sekitar 16 C sampai 25 C dengan curah hujan sendiri antara 500 mm hingga 600 mm, akan tetapi dalam satu musim penanaman saja.

Bahkan kacang ini membutuhkan perawatan yang khusus, dikarenakan kalau tidak ditempatkan dengan baik tanaman ini akan cepat rusak. Maka dari itu kacang merah harus memiliki tempat yang lahannya memiliki pH antara 6.0 hingga 6.8 dengan menggunakan sistem drainase yang baik.

Jenis-jenis Kacang Merah

Jenis Kacang Merah Adalah

pixabay.com

Ada tiga jenis dari kacang merah yaitu red bean, kacang adzuki atau kacang merah kecil dan kidney bean (kacang merah besar). Dalam bahasa Jepang, adzuki memiliki arti berukuran kecil.

Sedangkan kacang adzuki memiliki warna yang lebih gelap dibandingkan red bean dan banyak tumbuh di kawasan Asia Timur. Sedangkan Kidney Bean adalah jenis kacang merah yang memiliki ukuran paling besar diantara kedua jenis kacang merah lainnya. Jenis ini juga banyak dijumpai di Indonesia.

Kandungan Kacang Merah Untuk Tubuh

Kacang Merah adalah Kandungan Nutrisi

pixabay.com

Kacang merah kaya akan kandungan asam folat, kalsium, karbohidrat kompleks, serat, dan protein yang tergolong tinggi. Kandungan karbohidrat kompleks dan serat yang tinggi dalam kacang merah membuatnya dapat menurunkan kadar kolesterol darah. Kadar indeks glikemik kacang merah juga termasuk rendah sehingga menguntungkan penderita diabetes dan menurunkan risiko timbulnya diabetes.

Kacang merah adalah juga mempunyai sumber karbohidrat kompleks, serat makanan (fiber), vitamin B (terutama asam folat dan vitamin B6), fosfor, mangaan, besi, thiamin, dan protein. Setiap 100 gram kacang merah kering yang telah direbus dapat menyediakan 9 gram protein atau 17 persen dari angka kecukupan protein harian.

Kandungan protein dan profil asam amino dalam 100 gr kacang merah (kidney bean) dari yang terbanyak adalah asam glutamat (1323 mg), asam aspartat (1049 mg), leucine (693 mg), lysine (595 mg), arginine (537 mg), serine (472 mg), phenylalanine (469 mg), valine (454 mg), isoleucine (383 mg), proline (368 mg), threonine (365 mg), alanine (364 mg), glycine (339 mg), dan lain-lain sisanya di bawah 300 mg.

Bahkan kacang merah ini banyak mengandung protein, lemak, natrium, serat, vitamin B1, vitamin B2, asam folat, dan mineral.  Oleh karena itu, kacang merah sangat bermanfaat bagi tubuh serta sangat dianjurkan untuk dikonsumsi secara rutin.  Kandungan vitamin B1 mampu mencegah beri-beri serta menjaga metabolisme, sel saraf, sedangkan protein nabatinya mampu mecegah tumbuhnya sel kanker pada usus besar. Zat besi dan tembaga yang ada di dalam kacang merah berguna untuk mencegah anemia serta membantu pembentukan berbagai enzim penting dalam tubuh kamu.

Baca Selengkapnya Tentang “Kacang Merah“:

Cara Efektif Budidaya Kacang Merah
  Fakta Kandungan Nutrisi Kacang Merah
7 Manfaat Menakjubkan Pada Kacang Merah
  Resep Es Kacang Merah

loading...

Tinggalkan Balasan