Beragam Jenis Olahan Kulit Mentahan dari Perusahaan Kulit Mentah

Jenis Kulit yang ada di dalam Industru Perkulitan

Di bawah ini akan menjelaskan tentang, beberapa olahan jenis kulit yang akan menghasilkan sebuah karya. Bahkan banyak juga pengusaha lokal maupun mancanegara jual beragam kulit sapi dan domba yang beragam jenis corak yang begitu menarik bagi para peminat jenis-jenis kulit seperti di bawah ini.

  1. Kulit Full Grain

Kulit ini dari proses tahapan yang disamak dengan melalui zat penyamak atau full krom dengan nerfnya (rajah yang masih asli) , tidak mamakai belahan atau digsok. Serta jenis kulit seperti ini akan memiliki kualitas tinggi sehingga akan bisa menaikkan  harga penjualan kulit ke pada konsumen.

  1. Kulit Corrected Grain

Kulit ini memakai samakan dengan melalui zat penyamak krom, minyak dan yang lainnya. Sebab kualitas kulit tidak baik yang dikarenakan cacat alami seperti hewan dulunya dirawat dan kena cambukan, juga kena penyakit cacar, ditusuk dan mengalami aneh lainnya dan akan muncul cacat pada permukaan kulit.

Nah, untuk mengantisipasi dari kecacatan yang ada permukaan  pada kulit, kulit perlu melalui proses penghalusan dengan mesin amplasan atau mengamplas manual hingga menjadi halus dan rata. Setelah itu dicat dengan menggunakan cat sintesis, dan kulit ini sepertinya akan kurang baik dan agak kaku karena masalah yang di atas.

  1. Kulit Light Buffing

Kulit ini memiliki tahapan lama dalam  proses pengerjaannya, namun tahapannya masih sam dengan kulit corrected, disisi lain ada pembedanya, yakni kulit light buffing diamplas ringan terlebih dulu pada permukaan tersebut, dan keseimpulannya kulit ini akan menjadi kualitas yang lebih baik lagi nantinya.

  1. Kulit Artificial

Kulit ini memiliki keindahan pada letak tahapan akhir penyelesaian pengolahan terakhir, yakni dengan cara memberi dengan motif khusus, semisal buaya, biawak, ular, motif kulit jeruk atau yang dibutuhkan si konsumen. Tujuannya dari pembuatan motif merupakan untuk menutup kecacatan yang diakibatkan oleh cacat alami dari hewan tersebut atau mekanis.

Kulit Artificial ini seiring menyerupai aslinya atau disebut kulit KW (buatan).

Jenis Kulit Menurut Nama Istilahnya

  1. Kulit Batik

Kulit yang dibuat atau diolah dari hewan domba atau kambing

  1. Kulit Beledu

Kulit mentah yang telah jadi dari hewan, seperti kerbau, sapi, kuda, domba, kambing, dan yang lainnya. Setelah itu disamak dengan memakai krom yang bagiannya nerf (permukaan kulit), setelah itu diamplas hingga halus. Pada umumnya dipakai untuk pembuatan sepatu, jaket, dan beserta jenis olahan lainnya.

  1. Kulit Boks atau full grain, corrected grain

Kulit mentah yang biasanya pemakaian dari kulit sapi dan lazim dipakai dengan tujuan untuk dijadikan sebuah karya seperti kulit pada sepatu pada bagian atas (upperleater).

  1. Kulit Split

Kulit yang sudah jadi, yang pengolahannya dari kulit hewan seperti kuda, kerbau yang dibelah dengan mesin pembelah. Akan membuahkan 2 bagian atau bahkan lebih, yakni bagian nerfnya (grain split) dan daging (flesh split) dengan tujuan akan menghasilkan sebuah karya yakni sepatu, sandal, ikat pinggang dan yang lain seperti yang kamu lihat disekitarmu.

  1. Kulit Glace

Kulit mentah yang sudah menjadi matang dan bahan tersebut dari hewan, kuda, kerbau, domba, kambing yang akan disamakkan serta krom, dan pada umumnya di pakai atau difungsikan untuk pembuatan sepatu kulit khusus perempuan.

  1. Kulit Jaket

Yang ini kulit sudah jadi atau matang dan biasanya dibuat dari bahan yakni hewan seperti domba atau kambing yang disamak krom, dan pada umumnya berguna dalam pembuatan jaket kulit.

  1. Kulit Kering

Kulit yang baru segar dan telah melalui proses pengeringan, dan pada umumnya dengan cara dijemur pada saat matahari terik, akan mudah cepat kering.

  1. Kulit yang Berlapis (Lining)

Untuk kulit ini dipilih yang sudah jadi atau telah matang, dan bahan dari pengolahannya bahan dari kulit domba, kambing, sapi, kerbau yang lazim dan disamak nabati, kemudian diwarna atau tidak diwarna sama sekali yang dipakai untuk pelapisan.

  1. Kulit Lap

Kulit yang sudah jadi berbahan dari kulit domba atau kambing yang telah disamakkan minyak kemudian diamplas pada bagian nerf  (permukaan kulit) sampai menghasilkan kulit lunak, rata dan menjadi lemas. Bahkan pada umumnya kulit Lap ini ipakai untuk lap kaca, optik, dan lain-lain.

  1. Kulit Perkamen

Kulit mentah dalam keadaan kering dan pemakainnya sering digunakan untuk pembuatan wayang, kap lampu, penyekat, kipas, bedug masjid, dan lain-lain.

Lanjutannya, Baca Juga “Jual Beragam Kulit Sapi dan Domba Murah”

Tinggalkan Balasan