Ketahui 11 Contoh Jenis Alat Musik Ritmis, Cara Memainkannya Beserta Namanya

Pada sebelumnya kita telah mengetahui pengertian seni musik. Nah kali ini kita akan mempelajari tentang alat pengiring atau disebut dengan “alat musik ritmis.” Kita coba ulang lagi pengertian musik agar tidak lupa.

Musik: “Sebuah sarana hiburan yang digemari oleh semua kalangan masyarakat dari zaman pra-sejarah sampai zaman kita yang sudah modern ini”. Bicara tentang musik, tentu tak akan terlepas dari sebuah alat musik yang disebut instrumen musik.

Menurut fungsinya, alat musik juga terbagi menjadi 3 belahan yaitu harmonis, melodis serta ritmis. Langsung saja kita pelajari hal-hal tentang “Alat Musik Ritmis”

Pengertian Alat Musik Ritmis

Nah, dalam pengertian alat musik ritmis telah terjadi perbedaan dalam mengartikan apa itu musik ritmis. Ketika kita disuruh menjelaskan apa itu alat musik ritmis, akan mendapatkan jawaban yang berbeda.

Akan tetapi, dari banyak penjelasan tentang pengertian alat musik ritmis, semua pasti akan menjelaskan ritmis adalah sebuah alat musik pengiring.

Dapat kamu mengambil kesimpulannya, bahwa pengertian alat musik ritmis yang gak bernada atau nadanya tersebut tetap. Seperti penjelasan di atas, -alat musik ritmis- dapat difungsikan sebagai alat musik pengiring.

Terlebih lagi, alat musik ritmis juga memiliki fungsi sebuah pengatur tempo nada lagu atau disebut irama lagu. Alat musik ritmis bisa memainkan alat musik ritmis diantaranya yakni dapat kamu pukul dengan tangan atau alat, dikocok atau juga dengan digesek.

Jenis-jenis Alat Musik Ritmis

Nah kita telah mengetahui penjelasan tentang alat musik ritmis. Berikut ini adalah beragam jenis alat musik ritmis yang terdapat di dunia.

Alat Musik Ritmis -Drum-

Drum -alat musik ritmis- atau alat pengiring dalam sebuah lagu di dalam permainan bentuk konser

en.wikipedia.org

Drum – Alat musik yang dengan cara dipukul. Awalnya, terdiri dari atas kulit yang direntakan pada sebuah penyangga. Kita dapat memainkannya dengan cara dipukul menggunakan alat yang disebut stick drum.

Di zaman kita yang sekarang, telah banyak pabrik yang memproduksi drum. Bahkan dipasaran, drum yang beredar bukan hanya terdiri dari atas kulit saja, melainkan ditambah dengan plastik yang berbahan super kuat.

Sebenarnya drum di dunia terdapat beragam jenis, contohnya kendang, timpani dan lain-lain. Akan tetapi, kalau ada orang yang menyebutkan dengan nama drum, pasti yang melintas dipikiran adalah drum buatan pabrik yang terdiri atas plastik yang direnggakan.

Dalam dunia musik pop atau yang lain pemain yang memainkan drum set disebut drummer.

-Kastanyet-

Kastanyet -Alat Musik Ritmis- biasa dimainkan di dalam permaianan tari salsa di daerah Spanyol

id.aliexpress.com

Kastanyet-Alat musik ini dimainkan untuk mengiringi tarian khas negara Spanyol. Alat musik dari Spanyol ini berbahan dari kepingan kayu keras berbentuk cekong atau gading gajah. Bingung cara memainkan alat musik ini?

Kamu dapat memainkan alat musik ritmis khas Spanyol dengan cara menepuk nepuk tangan kiri yang diletakkan kastanyet dengan memakai tangan kanan.

Alat Musik Ritmis -Kendang-

Kendang sebuah -Alat Musik Ritmis- yang biasa dimainkan untuk mengiringi senandung Jawa

balebudayabandung.wordpress.com

Gendang ini alat musik ritmis khas tanah Jawa atau dapat kita sebut dengan “kendang”, alat musik ritmis yang meruoakan instrumen dalam gamelan dengan senandung khas dari Sunda. Utama dari fungsi gendang adalah yaitu mengatur sebuah irama nada.

Kendang dapat dimainkan dengan cara memukul-mukulkan tangan ke kulit yang telah direnggakan. Bahkan diantara dari jenis kendang ini dapat di bagi 4, yakni kendang kecil, kendang ciblon atau kebar (kendang menengah) kendang kalih (kendang gede) dua kendang ini merupakan pasangan dari ketipung.

Alat Musik Ritmis -Konga-

Konga -Alat Musik Ritmis- yang hampir mirip dengan Kendang

pixabay.com

Konga- Alat musik ritmis dengan nama konga ini hampir mirip dengan kendang, akan tetapi bentuk dari konga lebih panjang, dan terdapat keunikan tersendiri dari bentuknya tersebut. Konga dibuat dengan bahan kayu. Kulit hewan yang dipakai untuk permukaanya bisa menghasilkan sebuah bunyi yang sangat khas.

Untuk gantungannya tersebut, konga diletakkan di sebuah penyangga agar posisi tersebut dapat seimbang saat kita memainkannya. Teknik yang digunakan alat musik ritmis (konga) yakni dengan cara dipukul memakai kedua tangan tanpa alat bantu sekalipun.

Alat Musik Ritmis -Marakas-

Marakas adalah -alat musik ritmis- yang bunyinya rincik-rincik ketika memainkannya

www.maracatime.com

Marakas ini merupakan sebuah alat musik ritmis tradisional Spanyol. Suara rincik dan semarak yang dihasilkan alat musik marakas sangat identik dengan suasana angin laut yang segar di daerah pantai. Ketika kita memainkan akan menghasilkan sebuah bunyi, ini terjadi disebabkan karena adanya butiran keci-kecil yang terdapat di dalam marakas.

Alat musik ini termasuk juga dalam jenis perkusi autophones atau idiophones dan juga salah satu bagian penting dari musik Salsa, Cuba, Charanga, Rumba dan Trova Ensemble.

Alat Musik Ritmis -Rebana-

rebana -alat musik ritmis- biasa dimainkan untuk mengiringi senandung sholawat

toserbapesantren.com

Alat musik yang merupakan kendang kecil dan mempunyai bentuk bundar dan sangat pipih. Terdapat bingkai yang berbentuk lingkaran yang dibuat dari bahan kayu yang dibubut. Salah satu sisi yang berbahan lapis kulit kambing untuk ditepuk ketika dimainkan.

Kesenian di negara Melayu, yakni Brunei, Singapura, Malaysia dan Indonesia termasuk banyak yang memakai alat musik ritmis rebana dengan alunan dari padang pasir, yakni dengan musik kasidah, hadroh dan gambus.

Kamu dapat memainkan alat musik ini dengan cukup memukulnya dengan telapak tangan.

Alat Musik Ritmis -Triangle-

Triangle -alat musik ritmis- pegiring dalam permainan drum band

imgarcade.com

Seperti pada namanya alat musik ritmis -triangle- dengan bentuknya segitiga. Alat musik ini termasuk dalam kategori perkusi idiofoni. Dikarenakan alat yang bisa menghasilkan suara dari getaran seluruh tubuh alat ini. Bahan terbuat dari bahan logam.

Kita dapat memainkan musik -triangle- dengan cara memukulnya dengan menggunakan alat dari batang pemukul dari besi seperti gambar di atas.

Alat Musik Ritmis -Timpani-

timpani sebuah -alat musik ritmis- seperti gendang yang terbuat dari biri-biri

blogs.isbreda.com

Merupakan alat musik ritmis dan cara memaikannya menggunakan dengan memakai mallet timpani. Mallet Timpani sendiri terbuat dari berbahan dari katu yang diameter tersebut sekitar 2 cm, dan ujung tersebut dibalut dengan memakai bola kapas.

Terbuat dari bulu biri-biri dari Eropa, tekstur bola kapas tersebut sangat lembut. Tabung timpani di atas terbuat dari bahab kuningan atau fiber dan berbentuk seperti sebuah mangkuk besar.

Alat Musik Ritmis -Tifa-

tifa- alat musik ritmis- pembuatan berasal dari Papua

www.triptrus.com

Alat musik seperti -tifa- ini berasal dari Papua dan sebenarnya alat ini kemiripinnya hampir menyamai dengan bentuk gendang. Baik itu cara kita memukul, ataupun bentuk bahan yang dipakai, dengan bahan sama yakni kayu dan kulit hewan.

Namun, bentuk dari -tifa- sendiri lebih memanjang dan bodinya sedikit ramping di bagian tengah. Sangat berbeda dengan bentuk gendang yang cenderung membesar di bagian tengahya. Alat musik ritmis seperti ini, kamu harus memainkannya dengan berdiri dan dipukul-pukul memakai tangan, seperti halnya gendang.

Alat Musik Ritmis -Tamborin-

tamborin -alat musik ritmis- yang dimainkan oleh pemain jalanan

m.kwikku.com

Tamborin – Umumnya dimainkan untuk mengiringi lagu dengan irama riang. Bentuknya lingkaran berbahan dasar dari logam dan pada setiap sisi terdapat logam bulat dan tipis dengan dipasang rangkap. Namun, ada juga jenis tamborin yang berbahan dasar dari kulit.

Bingkai tamborin disekelilingnya terdapat beberapa kerincingan logan yang dapat mengeluarkan sebuah bunyi gemericing saat kita memainkan alat musik ritmis ini. Dengan cara digoyangkan tamborin akan mengeluarkan bunyi khasnya.

Alat Musik Ritmis -Simbal Tangan-

simbal tangan -alat musik ritmis- yang sering dimainkan pada permainan marching band

id.aliexpress.com

Salah satu alat musik yang dimainkan di zaman pra sejarah yakni sebuah timbal. Alat musik ritmis ini terdiri dari dua buah lempengan logam yang bentuknya tersebut berbentuk lingkaran dan menonjol pada bagian tengahnya.

Sponsored By: Grosir Murah

Cara memainkan simbal, kamu benturkan atau menggesekkan kedua pada lempengan ini. Contoh simbal tangan, yakni yang sering dipakai pada permainan marching band.

Artikel Terkait Tentang Seni: Seni Rupa Terapan, Seni Tradisional, Aliran Seni.

One Response

  1. lia amaunut 21 Oktober 2016

Tinggalkan Balasan