Apa Arti Seni Lukis? Berikut 6 Contoh Seni Lukis Beserta Keterangannya

Seni Lukis-Merupakan karya seni yang menerapkan media cat, pigmen, warna atau media lainnya ke sebuah permukaan. Media ini pada umumnya diterpkan dengan cara memakai kuas, namun ada juha yang menggunakan alat lain seperti pisau, spons dan sebagainya. Kalau lukisan itu mengandung makna yang mendalam dan membuat para penikmat seni lukis akan membuat penasaran apa itu makna lukisan yang dibuat.

Maka lukisan tersebut dapat terkenal dan sangat dinilai berharga atau ternilai mahal. Berikut ini contoh karya seni rupa murni berupa lukisan. Lukisan yang kami contohkan merupakan salah satu dari lukisan yang populer atau terkenal di dunia dan termahal.

Lukisan Monalisa

Contoh Seni Lukis beserta keterangannya

monalisa.org

Monalisa ini merupakan lukisan yang paling populer di mata dunia dan paling banyak dikunjungi dan paling banyak diparodikan di dunia. Lukisan monalisa dibuat oleh Leonardo Da Vinci pada tahun 1503. Ekspresi wanita yang ada di dalam lukisan ini sangat misterius terutama senyumnya itu. Hingga kini Lukisan Monalisa dipajang di Museum Louvre, Paris Perancis pada tahun 1797 hingga kini.

Lukisan Starry Night

Contoh Seni Lukis Starry Night Beserta Keterangannya

karmel.hr

Starry Night dilukis oleh seorang pelukis Belanda yakni Vincent van Gogh pada bulan Junia tahun 1889 silam. Lukisan ini merupakan salah satu bagian sejarah budaya barat paling populer di negara tersebut.

Uniknya lukisan ini bersama beberapa lukisan terkenal buatannya dibuat, van googh saat itu tinggal di rumah sakit jiwa. Lukisan Starry Night dibuat pada siang hari dan menggambarkan pemandangan yang ia lihat dari luar jendela kamar tidurnya yang saat itu mengahadap ke timur.

Lukisan The Kiss

Contoh Seni Lukis The Kiss Beserta Keterangannya

www.jackygallery.com

Lukisan ini dilukis oleh pelukis Austria Gustav Klimt diantara pada tahun 1908 dan 1909. Lukisan sebagian besarnya terdapat warna emas tersebut menggambarkan pasangan yang saling berpelukan (merangkul), masing-masing tubuh mereka ditutupi oleh selimut emas dengan dekorasi bergaya “Art Nouveau.” Saat ini lukisan “The Kiss” berada di Museum Osterreichische Galerie Belvedere di Istana Belvedere, Wina, Australia. Lukisaan ini dianggap sebagai karya pada periode modern awal dan karya Klimt yang paling terkenal.

Lukisan Luncheon of The Boating Party

Contoh Seni Lukis Beserta Keterangannya -The Boating Party-

www.windowssearch-exp.com

Lukisan ini dilukis oleh seorang pelukis impresionis Perancis Pierre Augeste Renoir diantara pada tahun 1880 hingga 1881. Lukisan Luncheon of The Boating Party termasuk seni lukis yang di pamerkan dalam pameran “Lukisan Imresionis” ketujuh pada tahun 1882 dan saat itu dikatakan sebagai tulisan yang terbaik oleh tiga orang kritikus.

Lukisan Luncheon ini memperlihatkan kekayaan dipandang pada bentuk, figur dan landskep. Pada lukisan ini membentuk sebuah gambaran sekelompok teman “Renoi” yang sedang bersantai pada sebuah balkon di tepi pantai. Luncheon Of The Boating Party kini berada di “The Phillips Collection” di Washington, D.C.

Lukisan Girl With Pearl Earring

Contoh Seni Lukis Beserta Keterangannya -Girl With Pearl Earring-

emilybooks.wordpress.com

Lukisan ini dilukis oleh pelukis Belanda yang bernama Johannes Vermeer pada abad ke-17 tahun 1665. Lukisan hGirl With Pearl Earringini terkadang disebut sebagai “Mona Lisa Belanda” dan bahkan pernah dijadikan novel, juga pernah difilmkan dengan judul yang sama pada lukisan tersebut. Lukisan ini menggambarkan seorang gadis dengan sorban dan anting-anting mutiara. Anting-anting mutiara yang menjadi daya tarik dalam lukisan ini. Lukisan yang dibuat oleh Johannes ditemukan di “Mauritshuis” Den Haag, Belanda.

Lukisan Cafe Terrace At Night

Contoh Seni Lukis beserta Keterangannya

batampos.co.id

Lukisan ini dilukis oleh seniman orang Belanda yang bernama Vincent van Gogh di Kota Arles, Perancis pada pertengahan September 1888. Lukisan Cafe Terrace At Night ini menggambarkan sebuah kafe di Arles yang kini disebut Cafe van Gogh dengan warna hangat dan perspektif yang begitu mendalam. Lukisan tersebut saat ini berada di “Kroller-Muller” Museum di Kota Otterlo, Belanda. Ini merupakan lukisan karyanya yang pertama kali menggambarkan langit berbintang sebelum Starry Night.

 

2 Comments

  1. indra 9 Desember 2015
  2. vie24 22 Desember 2015

Tinggalkan Balasan