Kiat Sukses Melukis Wajah dengan Mudah Memakai 3 Trik Ini

Lukis wajah-Merupakan sebuah karya seni yang dapat diraba dan di rasakan keindahan oleh para penikmatnya. Lukisan sendiri sangat erat dengan namanya gambar. Banyak sekali teknik yang dapat kita lakukan untuk bisa mendapatkan karya seni indah serta ternilai mahal.

Seni lukis sudah dikenal sejak dahulu dan sudah tidak asing di telinga orang, tetapi yang membedakan sekarang adalah media dan teknik yang di pakainya. Dan di era itu lukisan wajah sudah dinikmati dari arang, kapur atau bahan-bahan yang kita jumpai sekarang.

Umum dan dasarnya seni lukis dapat kita artikan lagi bahwa kegiatan untuk mengolah sebuah medium dua dimensi dengan tujuan mendapatkan kesan orang lain yang tentunya masuk di dalam arti seni itu sendiri.

Untuk kita para follower atau pemburu lukisan, suatu karya jenis bukanlah hanya sekedar kumpulan warna yang tergabung, tanpa didasari suatu makna, melainkan sebuah pesan yang dituangkan dalam goresan kuas itu.

Kalau ngomong tentang melukis wajah, yang perlu kita pelajari adalah dengan membuat garis bantu, dan garis bantu ini bertujuan untuk mempermudah kita dalam pembuatan melukis wajah seseorang. Di bawah ini kita akan mempelajari bagaimana dan apa yang dipakai untuk melukis wajah? Simak baren-bareng yuk.

Trik 1

Melukis wajah seorang pria dengan memakai gambar dasar bulat.

Cara Melukis Wajah (26

Kita buat gambar lingkaran penuh, coba dengan melihat gambar di atas.

Cara Melukis Wajah (27

Selanjutnya, buat gambar garis vertikal mulai dati atas sampai bawah dengan mencontoh gambar yang di atas. Garis ini berfungsi untuk menegaskan bahwa gambar yang akan kita buat tersebut menghadap ke depan.

Cara Melukis Wajah (28

Nah, lingkaran penuh sudah kita buat dan garis juga. Berikutnya, kita membuat garis untuk menentukan pipi, dagu serta rahangnya.

Cara Melukis Wajah (29

Tahap ini kita buat sketsanya dulu untuk menentukan panjang, lebar serta menentukan di mana letak mata, hidung, telinga dan mulutnya. Lihatlah contoh yang di gambar di atas.

Cara Melukis Wajah (30

Sesudah itu buat sketsa tampilan dari mata, alis, hidung, telinga serta juga mulut. Kita tiru gambar yang di contohkan di atas.

Cara Melukis Wajah (31

Jika selesai, coba sekarang kita membuat sketsa detail rambut, dan garis leher. Seperti yang dicontohkan di atas.

Cara Melukis Wajah (32

Seketsa rambut dan anggota kepala telah selesai. Sekarang kita membuat garis tipis atau halus di sekitar area wajah yang telah ditentukan, ingat kalau bisa memakai pensil yang ujungnya runcing. Dengan tujuan mempertegas gambar, menentukan highlights , seperti gambar yang dicontohkan di atas.

Cara Melukis Wajah (33

Berikutnya kita perjelas lagi bagian sisi-sisi yang penting, contohnya mata, alis, hidung, telinga, dan mulut dengan memakai pensil yang ujungnya agak tebal (bulat). Kita dapat menggunakan pensil yang ukurannya 0.8 pada tahapan ini.

Cara Melukis Wajah (34

Anggota wajah sudah selesai dan sudah terbentuk. Waktunya kita menghapus garis bantu yang kita buat tadi memakai penghapus seperti yang dicontohkan di atas.

Cara Melukis Wajah (35

Jika sudah bersih dari garis bantu yang tidak terpakai lagi, sekarang kita dapat mewarnainya sesuai selera warna yang dipilih.

Cara Melukis Wajah (36

Agar nampak nyata atau nampak hidup, kita dapat menambahkan bayangan pada sisi gambar yang telah dibuat.

Trik 2

Melukis Wajah Seorang Gadis

 

 

Cara Melukis Wajah (1)

Pertama, kita buat alat bantu dengan membuat gambar oval, target kita melukis wajah seorang wanita.

Cara Melukis Wajah (2)

Keterangan: Ketika melukis wajah seorang wanita, wajahnya tidak sepenuhnya bulat. Maka dari itu kalau bisa kita buat sketsa dengan membentuk oval. Nah, ingat bagian bawahnya dibuat lebih runcing dibanding dengan yang atas tersebut.

Cara Melukis Wajah (3)

Untuk cara mudahnya yang dapat kamu lakukan, dengan cara memetakan bentuk oval yang telah kamu gambar tadi menjadi empat bagian dengan memakai garis bantu. Untuk lebih detailnya kamu bisa lihat gambar di atas.

Cara Melukis Wajah (4

Barusan kita telah membuat garis bantu seperti gambar sebelumnya, langkah berikutnya coba membuat garis lagi di bawahnya sebagai garis bantu untuk membuat gambar hidung dan mulutnya.

Cara Melukis Wajah (5

Nah, tadi sudah kita menggambar hidung dan mulutnya. Sekarang pada garis horizantal atas yang kita buat tadi, selanjutnya buat dua buah lingkaran sempurna sebagai guna untuk menggambar kedua bola matanya.

Cara Melukis Wajah (6

Lingkaran sempurna yang telah dibuat kita pakai sebagai untuk tempat menggambar sebuah alis, dan untuk bagian bawahnya dapat kita buat tulang pipi.

Cara Melukis Wajah (7

Jika bingung ketika membuat ukuran bola mata tidak pas, maka berikutnya buat garis bantu untuk dengan tujuan bola mata kiri dan kanan sama.

Cara Melukis Wajah (8

Jika sudah membuat bola dengan ukuran yang pas dan sama besarnya. Cobalah kita untuk membuat bagian bola mata. Seperti yang dicontohkan oleh gambar di atas.

Cara Melukis Wajah (9

Kalau sudah bikin kedua mata coba kita tambahkan masing-masing satu lingkaran sisi kanan dan kiri. Dan gambar tambahan tersebut akan bisa kita pakai sebagai kelopak matanya.

Cara Melukis Wajah (10

Untuk lebih mempertegas pembatas antara hidung dan kedua rangga matanya, coba kita bikin atau tambahkan bayangan hitam, seperti yang dicontohkan di atas. Dengan tujuan agar lukisan atau gambar terlihat seperti hidup.

Cara Melukis Wajah (11

Setelah lengkap, coba kita buat dua buah telinga. Dan pastikan kalau sisi bawah telinga sejajar dengan sisi bawah hidung, sedangkan untuk sisi atasnya telinga pastikan kita sejajarkan dengan kedua alis mata. Kalau bisa, kita buat agar gambar telinga yang dibuat menempel dengan dasar wajah.

Cara Melukis Wajah (12

Berikutnya yakni bikin rambut, ketika kita melukis atau menggambar sebuah rambut. Pastikan juga untuk posisinya itu sejajar dengan hidung kamu dan coba untuk arahkan keluar.

Cara Melukis Wajah (13

Kalau sudah membuat gambar itu semua, jangan berpikiran kalau ukuran sebuah leher itu kecil, jika berpikiran seperti itu. Maka lukisan atau gambar yang kita buat akan nampak buruk nantinya.

Untuk membuat leher dan cara mempermudahnya dengan membuat dari titk pertemuan antara garis horizontal sisi bawah dengan sisi bawah wajah.

Cara Melukis Wajah (14

Setelah kita menyelesaikan tahapan yang di atas tadi. Saatnya kita untuk mempertegas bentuk sebuah gambar, berikan bayangan di sekitar bibir. Semakin kita mempertegas bayangan tersebut, maka lukisan akan nampak semakin tua.

Cara Melukis Wajah (15

Jika ingin penampilan lebih cantik, kita bisa menambahkan dress sesuai dengan selera.

Cara Melukis Wajah (16

Kita sudah memyelesaikan semua tahapan, tinggal kita menghapus garis bantu tadi. Agar gambar kita terlihat nampak hidup.

Trik 3

Melukis wajah dengan bentuk sesuai dengan keinginan kita

Cara Melukis Wajah (17

Pertama, kita buat gambar kepala dengan bentuk yang diinginkan, entah itu kotak, bulat, atau oval.

Cara Melukis Wajah (18

 

Tahapan ini seperti tahapan sebelumnya, buatlah garis bantu guna untuk menentukan letak hidung, mata, mulut dan telinganya.

Cara Melukis Wajah (19

Cara Melukis Wajah (20

Setelah itu kita buat garis bantu dengan tujuan menentukan ukuran dari mata, hidung, mulut, dan telinga yang akan dibuat nantinya. Seperti gambar di atas.

Cara Melukis Wajah (21

 

Tahap ini kita tentukan detail rambutnya. Untuk model gaya rambut kita bisa sesuaikan dengan selera, tak perlu harus berpatokan dengan gambar yang dicontohkan di atas.

Cara Melukis Wajah (22

Selanjutnya, pakailah pensil yang ujungnya itu runcing guna untuk menambahkan detil halus di area sekitar mata, hidung, mulut, dan telinga. Dlam proses ini kita dapat memakai pensil yang ukurannya 0.5.

Cara Melukis Wajah (23

Tahapan ini kita tambahkan bentuk alis memakai pensil yang ujungnya agak besaran, dengan memakai pensil yang ukurannya itu 0.8 dalam proses melukis.

Cara Melukis Wajah (24

Setelah proses di atas selesai. Kemudian bersihkan hingga bersih semua garis bantu yang tidak terpakai dengan memakai penghapus seseuai selera.

Cara Melukis Wajah (25

Ini yang terakhir, kita dapat memberikan warna rambut, mata, dan anggota lainnya dengan memakai pensil warna. Jika dalam tahapan ini bersifat opsional, dapat juga di pratekan, juga bisa tidak. Namun, kalau ingin hasilnya tampil maksimal, menarik mata, disarankan kasih warna.

Dengan melihat video ini. Kamu akan mendapatkan sebuah inspirasi.

sumber: carajuki.com dan gambar dari wikihow.com

loading...

One Response

  1. Anonim 29 Juli 2016

Tinggalkan Balasan