5 Tips Cara Merawat Sepatu Kulit, Bagi Kamu yang Suka Memakainya

Sepatu adalah satu-satunya aset utama, yang akan dinilai dari dalam diri seseorang. Apalagi pria dewasa, jenis sepatu yang kita secara tak langsung juga akan mencerminkan sebuah karakter atau sifat. Bagi kamu penggemar sepatu-sepatu bermodel formal seperti derby atau oxford.

Kemungkinan kamu merupakan contoh tipe yang sangat menjaga penampilan diri dan pastinya juga fashionable. Pada umumnya terdapat jenis sepatu yang digemari, yakni sepatu yang berbahan dasar dari kulit.

Memang sepatu yang berbahan seperti kulit begitu menarik seseorang untuk memakainya, dan nantinya banyak yang mengatakan bahwa kalau memakai sepatu kulit akan terlihat keren. Dan bahkan secara tak langsung, sepatu formal seperti berbahan kulit akan menunjukkan kemapanan seseorang dapat dilihat dari sisi luar dan dalam.

Jika dilihat dari luar, yang memakai pasti terlihat mapan dan kalau dilengkapi dengan status pekerjaan dan kondisi keuangan yang begitu stabil, akan nampak wow. Selain itu, dilihat dari sisi dalamnya juga, untuk yang memakainya terlihat sudah dewasa nan matang terlihat dari segi berpikirnya dan perilaku.

Kebanyakan juga yang bilang memang lucu, namun tak akan dapat dipungkiri jika terkadang banyak orang yang berpikiran ke arah tersebut, apalagi seorang cewek.

-Gaya serta habits (kebiasaan) seseorang dalam memakai sepatu akan muncul sebuah refleksi dari diri sendiri. Bahkan secara tak langsung sengaja atau tak sengaja akan menunjukkan seperti apa diri kamu yang sebetulnya. Terutama dalam hal kebersihan diri serta ketelitian, pada umumnya kebanyakan seorang laki yang akan sedikit melupakan.

Serta menganggap remeh dengan 1000 alasan. Sepatu yang terlihat kusut, dan apalagi tak terawat pula akan jadi sebuah bumerang untuk diri sendiri. Nah apakah kamu seperti ini?

-Sedangkan untuk sepatu yang bahannya berdasar kulit, memang tergolong akan susah untuk merawatnya. Sebab jika tak jeli dan tidak tahu gimana merawatnya bahan kulit pada sepatu akan mudah rapuh, bahkan pecah. Apalagi terkena sengatan panas yang mungkin akan bisa membuat warna sepatu cepat hilang dan kelihatan tidak menarik lagi.

Terkadang juga banyak orang yang sengaja membuat sepatunya kotor dengan tujuan agar nampak rebel, namun percayalah sepatu yang bersih akan menunjukkan pribadi yang terlihat baik. Jadi gaes, di bawah ini akan memberi refensi gimana cara agar sepatu kulit kamu tetap terawat:

wrgmag.com

wrgmag.com

  • 1. Bekenalan terlebih Dahulu Pada Sepatu Kulit

Untuk langkah awalnya, agar sepatu terawat, kamu harus mengerti jenis bahan kulit apa yang digunakan dalam pembuatan sepatu yang dipakai. Kalau kulit tersebut berkualitas bagus, kamu akan bernafas dengan lega dan akan begitu mudah untuk merawatnya, meski itu akan membutuhkan modal yang cukup besar pula.

-Berkenalan pada sepatu kamu, maksudnya adalah ketahuo apakah sepatu kulit itu elastis atau tidak. Apakah dia kuat untuk berhadapan dengan perubahan cuaca atau bahkan tidak kuat sama sekali. Dan kalau bisa juga kenali juga, tingkat pada kelembabannya tersebut.

  • 2. Perhatikan Posisi Ketika dalam Menata Sepatu, Setelah Memakai

Sesudah mengenali, berikutnya adalah gimana saat kamu menyimpan sepatu tersebut setelah memakai. Kalau kamu menarih di atas rak sepatu, biasakan juga untuk memberi jarak antar sepatu kulit dengan sepatu lain yang dimiliki. Ini bertujuan untuk menghindari resiko gesekan yang dapat membuat luka baret pada permukaan kulit sepatu yang kamu miliki tersebut.

-Dan kamu pasti akan menyesal kemudian, ketika sepatu favorit memiliki scratch yang begitu nampak saat tampil dihadapan semua orang.

  • 3. Kalau Bisa Menghindari dalam Ruangan yang Lembab

Saat kamu meletakkan sepatu dalam sebuah kotak, terlebih dahulu untuk memastikan bahwa kamu sudah apa belum untuk memberi silica gel yang menemani sepatu. Ini bertujuan agar tidak bermunculan jamur serta tidak akan lembab pada sepatu kulit yang kamu miliki itu.

-Selain itu, kalau tidak ada teman seperti silica gel yang menemani sepatu kulit. Pasti akan menimbulkan sepatu kulit akan mudah lapuk dan tentunya kamu akan malu untuk memakainya dihadapan seorang cewek.

  • 4. Belajar untuk Mengetahui Bagaimana Cara Mencuci dan Mengeringkan Sepatu dengan Benar

Belajar saat memproses mencuci sepatu kulit dengan benar itu sangat penting, karena akan berpengaruh besar dalam merawatnya. Biasakan pula untuk memakai sikat yang VIP untuk membersihkannya atau kalau gak nemu, kamu bisa menggunakan sejenis sponge.

-Sikat VIP atau sikat khusus untuk sepatu berbahan kulit tentunya akan memiliki permukaan yang rata serta halus pula dan tidak akan membuat scratch atau kerusakan pada sepatu yang kamu miliki itu. Kemudian, proses pengeringan sepatu tentu harus diperhatikan pula.

-Ingat jangan menjemur sepatu kulit di luar rumah ketika matahari sudah memperlihatkan terik panasnya. Sebab suhunya akan dapat membuat kulit pada sepatu cepat rapuh dan rusak. Saat memakai hair dryer untuk mengeringkan sepatu kulit, sangat diperlukan untuk kamu melapisi terlebih dahulu sepatu kamu dengan koran bekas untuk menghindari suhu yang panas berlebih ke arah lapisan kulit sepatu.

  • 5. Menyemir Sepatu Juga Diperlukan

Agar tetap membuat sepatu kamu nampak keren dan cemerlang, usahakan untuk biasa menyemirnya dengan tujuan agar warna pada sepatu kulit tetap cerah dan nampak terlihar seperti baru. Usahakan juga untuk mencari produk semir sepatu yang telah dipercaya untuk mempertahankan warna pada sepatu kulit.

-Ingat pula membeli semir sepatu dengan warna yang sesuai sepatu kulit yang kamu miliki sekarang, dengan tujuan agar tidak cepat rusak. Ketika menyemir juga, kalau bisa biasakan diri dalam satu arah jangan sampai tak berarah, ini bertujuan agar sepatu kamu tidak berubah dan akan nampak alami.

-Untuk menghindari keretakan pada lapisan kulit pada sepatu. Kamu juga dapat mengatasinya dengan beragam jenis produk yang memang ditujukan untuk melapisi kulit dari perubahan cuaca atau suhu yang ada seperti terkena terik matahari dan hujan. Ini semua tujuannya agar sepatu nampak kelihatan alami terus menerus.

Memang merawat  sepatu memag begitu mudah, namun ada pula orang yang tak sabar dalam menghadapinya. Sebab proses atau tahapan ini memang membutuhkan tenaga serta kesabaran yang ekstra. Dalam hal ini kamu tidak akan membuang waktu kamu, demi merawat sepatu.

Yang seperti ini terkadang banyak orang justru akan menambah nilai atau kesan positif pada penampilan seseorang. Karena sepatu yang bersih dan rapi akan menampakkan bahwa jiwa seorang pria yang rapi.

Video Tips Merawat Sepatu

Tinggalkan Balasan