Cara Ampuh untuk Menyetem atau Menyetel Gitar, Bagi Kamu Pemula

Bagi yang suka dengan gitar dan ingin menjadi seorang guitaris, maka kamu perlu mempelajari bagaimana cara menyetem guitar dengan baik. Karena ini adalah sebuah keharusan untuk kamu sang guitaris.

www.pvsm.ru

Dan jika telah melakukannya penyetelan terhadap nada-nada terhadap masing-masing di senar gitar dengan tepat, dan senar itu akan keluar nada yang standar, yakni E-A-D-G-B-E. Nah, jika kamu menyetel gitar dengan baik, ketika memainkan gitar memaka cord akan terbentuk nada yang harmonis, coba kamu bandingkan dengan gitar yang belum di stel dengan benar, maka akan keluar suara yang menyakitkan alias fals.

Namun, ada banyak cara untuk menyetel atau menyetem gitar yang dapat kita lakukan, cara-cara ini juga tergolong mudah dan gampang untuk dilakukan, bagi kita yang masih pemula untuk mempelajari cara bermain gitar.

Di era modern ini sudah banyak teknologi canggih, sehingga yang kita mau melakukan apapun dengan mudah dan gak ribet lagi. Banyak orang yang memakai alat canggih untuk menyetel gitar atau kamu dapat menyetel gitar secara manual sendiri.

Cara Menyetel Gitar Manual

NB: Ingat sebelum menyetel gitar, kamu harus berhati-hati untuk melakukan latihan menyetem atau menyetel gitar, karena kalau salah. Akan keluar nada yang sangat fals (tidak enak di dengar).

Pertama, cara menyetel gitar secara manual kayak gini, paling banyak dipakai. Memang, dengan cara manual kamu tidak membutuhkan biaya yang banyak untuk melakukannya. Namun, kamu membutuhkan kepekaan telinga, dalam melakukan penyetelan senar gitar dengan cara ini.

Kamu bingung melakukannya? Nah, caranya kamu tentukan tulu senar no. 1. Kemudian kamu tekan senar no.2 pada fret ke 5, (harus disamakan dengan nada senar no.1). Berikutnya kamu tekan senar no.3 fret yang ke-4 (harus disamakan dengan nada no.2).

mp3gudangku.blogspot.com/

Keterangan:

Senar 1= Fret ke 5 samakan senar 2
Senar 2= Fret ke 4 samakan senar 3
Senar 3= Fret ke 5 samakan senar 4
Senar 4= Fret ke 5 samakan senar 5
Senar 5= Fret ke 5 samakan senar 6

Setiap fret dan senar di atas harus kamu samakan sampai nadanya, hal yang akan kamu lakukan ini, maka gitar telah ter stem dengan baik. Memakai dengan cara yang satu ini, ada kelemahannya, nada yang sudah tentukan bukan nada yang standart (E-A-D-G-B-E).

Atau nada tersebut tergantung dari seberapa yang kamu setel pada senar patokan (senar 1).
Selain itu, kamu bisa dengan memakai cara yang di bawah ini. Mungkin akan membantu kamu untuk menyetem atau menyetel gitar.

Cara Menggunakan Tuner (Untuk Menyetel Gitar)

www.getlagu.xyz

Memakai tuner atau menggunakan alat mempermudah kamu untuk menyetem gitar, dan alat ini lebih akurat dibandingkan dengan cara di atas tadi. Tuner merupakan sebuah alat yang dibuat khusus untuk mempermudah kita, sehingga tak perlu susah susah untuk mencari cara menyetel gitar.

Cara kerja Tuner- Alat ini akan menagkap sebuah gelombang frekuensi yang diterima dari bunyi getaran senar gitar dan tuner sendiri akan menerima gelombang dari gitar. Nha, untuk alat ini ada dibagi menjadi dua jenis.

Pertama, kamu bisa memakai clip tuner, tuner jenis ini bisa kita jepitkan di headstock gitar serta dengan cepatnya menangkap bunyi senar gitar. Kedua, kamu bisa memakai pedal tuner, jenis ini berbeda dengan yang sebelumnya.

Kita harus membutuhkan sebuah alat, yakni kabel yang menghubungkan antara gitar dengan tuner pedal, sehingga gitar kamu sendiri harus terdapat pickup atau equalizernya. Nah, cara menyetel gitar akan lebih mudah dengan alat bantu (tuner) yang satu ini.

Kamu hanya perlu untuk memetik senar, contoh nih senar no.1 maka dari tuner sendiri akan muncul tampilan seperti penunjuk. Apakah sudah tepat atau belumkah, nada yang dihasilkan? Kamu harus menyetel no.1 samapai muncul tampilan nada E yang kita butuhkan tadi.

Seperti berikut:

  • Senar 1 akan muncu not E
  • Senar 2 akan muncul not B
  • Senar 3 akan muncul not G
  • Senar 4 akan muncul not  D
  • Senar 5 akan muncul  not A
  • Senar 6 akan muncul not E

Atau kamu bisa download aplikasi tuner di Android kamu. Kalau belum bisa melakukannnya, berikut cara menggunakan aplikasi tuner di Android.

www.musicforums.ru

  1. Pertama, kamu download aplikasi tuner di hp Android kesayangan kamu. Sebetulnya, kalau kita lihat di play store banyak aplikasi untuk menyetel gitar, namun cara kerjanya sama dengan clip tuner di atas tadi.
  2. Kamu harus mendekatkan hp Android di gitar dan setelah itu sesuaikan nada senar gita dengan mekai patokan yang ada gambar di atas. Nah, semoga konten ini bisa bermanfaat bagi kamu, atau kamu bisa ngasih tau caranya ke teman-teman agar mereka juga bisa.

Sekarang kamu tidak perlu ribet lagi mencari bantuan untuk menyetem gitar, sekarang ada alat-alat canggih yang bisa kamu gunakan.

Kalau Masih Bingung Coba Lihat Video Ini, Ok!

loading...

One Response

  1. Dicky Ahmad 14 Oktober 2016

Tinggalkan Balasan