Mau Menanam Kacang Merah? Beginilah Caranya,

Budidaya kacang merah meupakan sektor jenis usaha pertanian yang telah dilakukan para petani Indonesia sejak daulu kala loh. Karena kacang merah ini menjadi salah satu jenis polong-polongan yang banyak dikonsumsi oleh masayarakat Nusantara (Indonesia) tanah air pada khususnya.

Kacang merah menjadi potensi pasar yang cukup besar bagi komoditas masyarakat tentunya, sehingga membudidayakan kacang merah merupakan salah satu jenis usaha yang sangat banyak menguntungkan bagi seorang petani, terlebih lagi dengan teknik penanaman secara organik.

Selain daya beli masyarakat yang relevan tinggi, kacang merah merupakan salah satu cara menanam tanaman yang tidak perlu memerlukan perawatan yang rumit. Tanaman ini mudah tumbuh dalam iklim apapun dan jarang terkena berbagai penyakit tanaman pada umumnya.

Akhir-akhir ini kesadaran sangat tinggi yang dimiliki oleh masyarakat Indonesia meningkat drastis, dalam mengenai konsumsi makanan yang sehat dan bebas dari residu racun (pestisida, fungisida dan herbisida) merupakan peluang besar untuk memulai usaha budidaya kacang merah dengan sistem tanaman organik.

Bagi kamu yang tertarik untuk memulai berbisnis kacang merah, tiada salahnya untuk melakukan budidaya kacang merah dengan cara organik, sebelum memulai kamu perlu memperhatikan beberapa hal berikut:

1. Syarat Tumbuh Kacang Merah Organik

syarat tumbuh saat menanam kacang merah

pixabay.com

Pada dasarnya untuk memulai cara menanam kacang merah cukuplah mudah. Tanaman ini mampu tumbuh di media apapun, akan tetapi untuk memperoleh hasil dengan optimal, kamu dapat memilih melakukan iklim basah sampai kering pada ketinggian yang khusus dan bervariasi diatas permukaan laut.

Cara menanam kacang merah ini pun tidak memerlukan curah hujan yang tinggi, tetapi kamu perlu memperhatikan benar-benar suhunya. Dikarenakan tanaman kacang merah akan tumbuh dengan baik jika mendapat paparan sinar matahari yang cukup.

2. Olah Tanah Cara Menanam Kacang Merah

Olah tanam Ketika Cara Menanam Kacang Merah

pixabay.com

Faktor penting yang diperhatikan sebelum menanam kacang merah atau tanaman yang lainnya. Sebaiknya olah tanah perlu dilakukan untuk meningkatkan kesuburan lahan, serta mengendalikan beberapa penyakit tanaman yang terdapat pada lahan. Cara menanam kacang merah dan mengolah tanah dengan baik dan benar klik (http://kinerjaaktif.com)

3. Pemilihan Bibit

Pemilihan Bibit Dengan Benar Saat Cara Menanam Kacang Merah

renepicota.org

Pemilihan bibit yang baik perlu mendapatkan perhatian yang khusus saat cara menanam kacang merah, sebab kunci sukses budidaya secara organik adalah memilih bibit unggul sangat penting. Kamu dapat bertanya pada toko pertanian penjual toko benih unggul di sekitar kota. Karena varietas kacang merah sangatlah beragam.

4. Pemeliharaan Tanaman

varmintbites.com

varmintbites.com

Dalam melakukan budidaya cara menanam kacang merah pola organik, pemeliharaan merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk kamu perhatikan. Pada pemeliharaan inilah yang menentukan bagaimana kualitas biji yang dihasilkan dari tanaman kerabat buncis yang merupakan penghasil kacang merah.

Proses pemeliharaan ini meliputi beberapa hal yaitu mengenai penyiangan, penyemprotan pupuk organik cair dan padat, pengairan juga penanggulangan terhadap hama penyakit guna memanfaatkan pestisida organik.

Penyiangan dapat kamu lakukan dengan membersihkan lahan dari tanaman pengganggu tanaman utama yaitu kacang merah dan pemupukan dapat anda lakukan setelah usia tanaman 1 minggu , menggunakan pupuk organik cair.

Hal yang tidak kalah penting saat dalam melakukan budidaya kacang merah adalah mengenai penanggulangan hama dan penyakit yang dapat mengganggu hasil panen. Pada tanaman kacang merah, hama yang biasanya muncul yaitu kumbang daun. Jenis hama ini dapat anda musnahkan dengan menggunakan tangan kosong ataupun dengan pestisida organik yang dapat anda buat sendiri.

Pestisida ini dapat anda buat dengan mencampurkan beberapa bahan di antaranya yaitu bawang putih, cabe rawit, jahe, jeruk dan juga sambiloto. Beberapa bahan tersebut anda haluskan kemudian anda campur dengan air dan gunakan untuk menyemprot hama tersebut.

Organik selain mudah untuk kamu buat, tidak memberikan efek pada kualitas biji yang dihasilkan karena menggunakan bahan-bahan alami tanpa adanya pengaruh bahan kimia. Oleh karena itu, kacang merah ini sangat sehat serta menyehatkan untuk anda konsumsi karena tidak tercemar bahan kimia berbahaya.

Demikian refrensi yang saya berikan mengenai budidaya kacang merah organik. Semoga dapat memberikan manfaat dan gambaran untuk kamu yang akan melakukan budidaya kacang merah.

Baca Artikel tentang Kacang Merah:

loading...

Tinggalkan Balasan