4 Cara Mudah Untuk Budidaya Tebu

Tebu merupakantanaman yang bisa menghasilkan beberapa produk turunan yang sangat bermanfaat bagi kehidupan. Produk tanama tersebut antara lain gula, tetes dan blothong (ampas tebu). Seperti yang kita tahu, gula merupakan salah satu sembilan dari bahan makanan pokok yang harus ada untuk bahan konsumsi.

Kebutuhan gula sendiri setiap tahunnya cenderung melonjak seiring dengan bertambahnya populasi penduduk yang otomatis meningkatkan konsumsi gula. Namun pada kenyataannya produksi untuk gula pertahunnya hanya mengalami peningkatan kecil sehingga tak mampu mencukupi kebutuhan di pasaran.

Selain itu untuk tetes tebu sendiri masih dijadikan alternatif untuk suplemen pakan ternak atau pupuk tanaman, sedangkan untuk ampas tebu atau blothong dapat dipakai untuk bahan bakar pabrik pembakaran bata, genteng, maupun kerupuk. Banyak sekali manfaat yang dapat kita ambil dari tebu, termasuk juga dalam membentuk usaha dibidang agro tanaman tebu. Jika kamu tertarik untuk memulai menjalani agro bisnis tebu, berikut panduan untuk kamu.  Cara menanam tebu dengan kulitas baik ikuti cara di bawah ini.

Persiapan Awal, Budidaya Tebu -Lahan-

Lahan Untuk Tebu

aryansyahyudhi.blogspot.com

Siapkan lahan yang akan ditanami dengan pemberian pupuk kandang atau kompos sebanyak 1-2 kwintal per hektarnya. Ratakan dan diamkan selama kurang lebih 1-2 Minggu, kemudian dibajak agar tanah gembur.

Lakukan pengguludan rendah dengan panjang guludah disesuaikan dengan luas lahan dengan lebar guludan mencapai 50 cm. Selanjutnya, berikan jarak antar guludan sekitar 30 cm dan tandai jarak tanam bibit minimal 30 cm. Lakukan penanaman 1-2 hari setelah penggundulan selesai.

Tahap Kedua, Budidaya Tebu -Pembibitan-

Pembibitan Tebu Dengan Benar dan Berkualitas

eddygostu.blogspot.com

Pilihlah bibit yang baik dan dari jenis yang unggul itu akan mempengaruhi kualitas tebu. Bibit dapat dibeli dari kebun bibit tebu miliki pabrik atau dari petani lain. Rata-rata kebutuhan bibit stek adalah 70.000 batang per hektarnya. Potong bibit dengan posisi miring dan panjang bibit 25-30 cm dengan jumlah mata bibit mata tersebut minimal 3-4 mata.

Tahap Ketiga Budidaya Tebu -Penanaman-

Penanaman Tebu dan Perawatan Tebu agar Tebu Tumbuh dengan baik

zamagrobiz.blogspot.com

Pertama-tama ratakan lahan kamu tersebut dan gemburkan dengan dibajak, lalu tanah dibuat guludan rendah dengan jarak yang bisa diseusaikan luas lahan. Selanjutnya, tanam bibit tebu sedalam kurang leboh + 5-10 cm dengan kedaan posisi miring. Sesuaikan dengan masa giling pabrik gula yang umumnya bulan Mei, Juni dan Juli sehingga saat panen nanti dapat sama dengan masa giling pabrik.

Tahap Akhir Budidaya Tebu -Perawatan-

PerawatanTebu dengan Memotong Rumput liar Agar Tebu berkualitas

yayasanpalung.wordpress.com

Lakukanlah pengairan secara teratur setiap 1-2 Minggu sekali dari awal tanam hingga umur 2 bulan. Setelah itu pengairan diberikan jika diperlukan saja. Ketika umur mencapai 5-7 hari, lalu kontrol tanaman tebu tersebut ada yang mati atau tidak.

Kalau ada yang mati segeralah lakukan penyulaman maksimal sampai usia tanam 1,5 bulan dengan sulaman seragam agar tanaman bisa tumbuh dengan baik. Perawatan selanjutnya, pembersihan rumput liar, jika sudah dirasa terlalu banyak dan peninggian guludan setelah usia tanam mencapai 2 bulan. Ingat, perhatikanlah juga drainase lahan agar ketika musim hujan telah tiba maka tidak terjadi genangan air yang membuat tanaman menjadi cepat busuk.

Artikel Terkait: Cara Menanam dan Mengolah Lahan Dengan Benar

Lakukan beset/perontokan daun kering sebanyak 3 kali dalam sekali musim tanam, yakni saat sebelum guludan tanaman berumur 7 bulan dan 4 minggu sebelum dipanen. Jika ada tanaman yang roboh, ikat tanaman tebu yang roboh tadi dengan tanaman lain satu rumpun, agar tanaman dapat tegak dan tumbuh dengan maksimal. Pemupukan sebelum tanam bisa diberikan TSP sebanyak 1 kwintal per hektarnya. Setelah umur tanaman menginjak 25 hari, berikan pupuk ZA 0,5-1 kwintal per hektar dengan cara ditaburkan di dekat tanaman. Sedangkan untuk tanaman yang sudah berumur 1,5 bulan maka diberikan ZA 0,5 – 1 kwintal per hektar dan KCl 1-2 kwintal per hektar ditaburkan di dekat tanaman.

 

loading...

Tinggalkan Balasan