Beginilah Cara Membuat Sepatu Kulit Bagi Kamu yang Masih Pemula

Kebanyakan diantara kita, yang belum tahu bagaimanakah cara untuk membuat sepatu? Hanya tahu cara merawat dan memakainya saja.

Bahkan sepatu ini dapat dianggap sebagai perlengkapan atau disebut juga kebutuhan primer yang sangat dibutuhkan sebagai alat pelindung agar kaki tetap kondusif, saat berada di luar ruangan.

Berbagai fungsi yang diperuntukkan untuk sepatu, akan tetapi secara generik dipakai untuk beragam keperluan disaat eksklusif terutama ketika kamu berada di dalam ruangan.

Banyak cara atau ide untuk membuat sebuah sepatu dengan segala jenis serta ukuran-ukuran, atau berbagai fungsi. Namun, untuk kali ini kita akan mempelajari bagaimana proses permbuatan sebuah sepatu.

Fungsinya diperuntukan untuk sebagai pelindung kaki dari bahaya benda-benda tajam dan bahaya yang menunggu lainnya ketika kita berada di luar sebuah ruangan. Bahkan sepatu telah menjadi satu-satunya kebutuhan dasar, apabila dihubungkan dengan kebutuhan masyarakat secara global atau menyeluruh.

Tak mengenal usia juga, mulai dari pelajar, pekerja kantoran, pejabat, masyarakat kecil dari kalangan kelas menengah maupun atas, dan siapapun pernah memakai sepatu dalam kesempatan serta keperluan yang ada.

Bahkan yang umurnya sekarang meranjak dewasa sekarang pun menganggap sebuah sepatu bukan lagi sebagai keperluan tambahan, namun merupakan satu-satunya gaya hidup atau kalau jaman sekarang disebut staylish.

Nah, hal seperti ini akan berdampak juga kepada perusahaan atau industri kecil sepatu mulai sekarang terus berkembang dan mulai bersaing, dikarenakan banyak yang mendapati respon sangat besar sekali dari pihak masyarakat luas.

Beragam merek dan brand yang biasa sampai terkenalpun mudah untuk kita jumpai pada sentra-sentra atau toko sepatu di seluruh penjuru dunia. Untuk sekarang perkembangan indrustri sepatu juga tidak mau terlepas dari banyaknya fans (penggemar).

Terutama lagi kalau anak muda yang ingin mendapatkan nilai penampilan lebih dari orang lain dengan memakai sepatu pada setiap aktifiatsnya di sekolah ataupun pekerjaannya harus selalu ditemani dengan alas kaki favoritnya.

Secara garis besar, bagian-bagian sepatu terdiri dari sol, hak, kap, tali dan lidah. Sepatu atau kebanyakan dari orang menyebutnya dengan alas kaki jaman sekarang memiliki peranan krusial, tidak saja untuk menambah kesan elegan dalam sebuah penampilan, akan tetapi juga akan memberikan sebuah keamanan pada kaki seseorang.

Selain itu, tidak juga krusial lai, namun sepatu itu akan menambah nilai seni budaya pada seseorang, sebab dengan menggunakan alas kaki, ia berarti juga akan mendapatkan penghargaan dari setiap bagian tubuhnya itu.

Awal Mula Pembuatan Sepatu atau Setiap Perkembangannya

www.lemsshoes.com

www.lemsshoes.com

Berbagai fase sejarah terjadi di dalam perkembangan sepatu sebagai salah satu kebutuhan manusia. Bahkan diprediksi dan dicatat, dan sekarang sepatu banyak yang memakai sol karet diproduksi oleh manusia sejak tahun 1800 tahun silam. Ketika itu juga sepatu dinamai dengan simbol Plimsolls.

Untuk sepatu keds sendiri pertama kali di produksi dan dibuat pada tahun 1892 oleh sebuah perusahaan atau industri sepatu karet terkenal. Serta 16 tahun setelah itu salah satu jenis sepatu dari merek dan brand ternama sekarang ini,  bernama Converse telah sukses didirikan. Menurut sejarah yang tercatat, sepatu Converse yang dulu didirikan oleh Marquis M. Converse sekarang menjadi sepatu yang ikon mode terkenal di Amerika bahkan seluruh penjuru dunia.

Dikala itu juga, sepatu dengan beragam jenis, brand dan merek terus mengalami perkembangan yang sangat pesat, untuk trendnya mengikuti perkembangan jaman sekarang. Juga dikondisikan dengan kebutuhan masyarakat untuk sekarang. Perkembangan teknologi sekarang juga sangat berpengaruh pada kualitas serta kuantitas sapatu untuk diproduksi.

Kita bahkan banyak menjumpai proses pembuatan sepatu atau alas kaki dengan memakai kecanggihan teknologgi yang begitu canggih, dan tentu dengan bentuk dan bahan yang modern pula, nah yang kali ini harganya juga tentu melambung tinggi juga.

Jaman sekarang sepatu-sepatu harga yang dibandrol beragam, ada yang mahal dan menyediakannya dengan kualitas terbaik. Terbuat dari komposisi bahan-bahan terpilih dan melalui proses begitu ketatnya akan menghasilkan kualitas yang baik pula. Banyak identifikasi mengatakan beberapa jenis sepatu harganya dapat mencapai jutaan rupiah.

Jenis kualitas seperti ini akan bertahan lama, dan sepatu dengan kualitas baik akan dapat dipakai sebagai verifikasi kelas sosial pada komunitas maupun sebuah perkumpulan-perkumpulan tertentu yang di mana akan menimbulkan gejolak pasar yang akan terus meningkat.
Meski untuk sekarang pemakaian sepatu yang berbahan dasar kulit binatang dilarang, bahkan bukan jarang lagi seseorang memakai sepatu dari kult binatang mendapatkan protes dari pihak wewenang, seperti kasus yang beginipun juga tidak akan mengurangi seseorang untuk membuat dan membeli jenis sepatu dengan berbahan kulit hewan.

Nah, dikarenakan sepatu ini kualitas dan kuantitas akan bertahan lama dan kuat. Pembuatan sepatu yang diproses bukan hanya dari kulit binatang saja, melainkan banyak yang diproduksi untuk sekarang ini memakai bahan yang berdasar dari kulit sintesis, kets dan kanvas.

Agar memiliki sebuah kesan yang menarik, indah, dan rapi orang yang menggunakan sepatu akan menambahkan kaus kaki untuk alas dengan tujuan agar mengindari kejadian fatal seperti lecet atau luka yang mungkin saja disebabkan oleh pemakaian sepatu dalam jangka panjang.

Durasi untuk waktunya juga dibutuhkan dalam jangka yang lama. Bahkan untuk pemakaian kasut atau kaus kaki sendiri juga akan bermanfaat untuk menyerap keringat di kaki, agar kaki kamu tidak lembab dalam pemakaian sepatu.

Tentu juga akan menambahkan nilai kebersihan dari sesorang yang akan memakai sepatu. Di bawah ini akan menjelaskan bagaimana proses atau langkah-langkah yang harus dikerjakan dalam membuat sebuah sepatu.

Cara Membuat Sepatu yang Berbahan Dasar dari Kulit

Kalau kita sudah melakukan refensi untuk menentukan bahan apa yang ingin kita pakai dalam proses pembuatan sepatu, selanjutnya ikuti tahap-tahap yang di bawah ini.

1. Proses pertama, buat pola atau bentuk sepatu yang kita inginkan, atau kamu mungkin bisa mengintip-mengintip terlebih dahulu dari buku atau refensi lainnya. Untuk pola yang akan kamu buat sepatu, bisa kamu sesuaikan dengn model yang lagi trend jaman sekarang ini. Bukan hanya itu, pola sepatu yang akan dibuat kalau bisa sinkron dengan kenyamanan kamu ketika memakainya.

2. Tahapan kedua, selanjutnya kamu pangkas dan jahit yang kamu buat dengan bahan kulit yang tadi. Jahitan potongan ini biasa disebut dengan KAP atau atasan sepatu. Kemudian jahitannya lengkapi dengan sebuah lapisan, yang kamu pakai bisa dari kain TDR atau kamu berkeinginan untuk lebih nyaman lagi pakai lapisan KAP sepatu yang terbuat dari spon hlem.

3. Tahapan yang satu ini, kamu bisa mulai untuk menentukan sol sepatu kulit yang akan dipakai. Sol akan juga menentukan model yang akan kita buat dalam proses pembentukan sepatu kulit.

4. Sesudah menentukannya, kemudian tentukan juga sebuah cetakan sepatu yang akan disesuaikan dengan sol sepatu yang sudah dibuat. Sebuah sepatu cetakan generik yang terbuat dai bahan kayu atau bahannya dari triplex tebal akan mudah untuk dibentuk.

5. Kalau sudah selesai atau beres, kita akan bisa menempelkan kap sepatu pada cetakan tadi. Kemudian lakukan proses ini sehingga kap sepatu akan bisa membentuk seperti pada biasa yang kamu lihat disepatu.

6. Untuk step kali ini, saat menempelkan kap sepatu pada cetakan tadi harus teliti. Satu lagi saat melakukan proses kap sepatu ini benar-benar akan membentuk seperti sepatu pada umumnya kamu lihat.

NB: Untuk menempelkan kap sepatu pada cetakan wajib kita lakukan seteliti mungkin, tarik pada bagian kap sepatu sampai benar-benar separti sepatu      pada umumnya.

7. Langkah berikut ini saatnya memasang sol sepatu. Untuk sol sepatu kalau bisa ketika dipasang pada sisi bawah cetakan sampai sisi bagian sol dan kap menyatu. Tahapan ini harus diteliti juga saat melakukannya, dikarenakan pada sisi bagian ini pada umumnya kekuatan akan membentuk untuk sepatu protesis akan bisa diuji kuantitas serta kualitasnya.

Tambahan, gunakan lem sepatu yang berkualitas dengan tujuan agar saat merekatkan sol sepatu dan kap yang kita sudah siapkan tadi akan kuat. Selain itu untuk menambahkan kekuatan pada tempelan sol sepatu yang kamu buat, sesudah tahapan perekatan sebaiknya banyak yang menyarankan kita menunggu lem tersebut sampai mengering dan betul-betul kuat paripurna dengan kap. Durasi yang diperukan untuk tahapan ini merupakan kurang dari satu malam, lebih cepat.

8. Proses atau tahapan selanjutnya yang tidak begitu kalah krusialnya, yakni melepaskan cetakan sepatu. Selain itu untuk menjadi sepatu kulit yang seutuhnya, cetakan juga diwajibkan untuk dilepas dari kap dan sol sepatu. Akan tetapi pastikan kap serta sol sepatu yang telah kamu rekatkan dengan lem sepatu agar tetap menyatu sebaik mungkin.

9. Berikutnya , sesudah kita melepaskan sepatu. Tahapan berikutnya silahkan untuk mengecat sepatu, proses ini dapat kita lakukan dengan memakai cat yang disemprot atau jenis alat cat yang lainnya. Kamu bisa meluapkan ide kamu dan kreasikan kreatifmu ke dalam rona sepatu yang akan dibuat. Umumnya rona sepatu berwarna hitam dan coklat.

Kombinasi rona bisa kamu coba jika itu memungkinkan, akan tetapi yang kamu ingat adalah sepatu yang akan kamu jadikan itu bahan dasarnya kulit, kalau bisa imbas dengan warna mewah dan elegan. Selain itu juga harus tetap inheren dan protesis pada sepatu kulit yang dibuat untuk kamu sendiri atau seseorang.

10. Ini tahap terakhir, yakni kita bisa menempelkan spon sepatu yang tujuannya adalah agar nyaman ketika dipakai. Kamu juga bisa menambahkan lemekan, atau yang lainnya. Bahkan kamu bisa beri tambahan yakni gambar timbul atau aksesoris tambahan. Pokoknya bisa dikreasikan sesukamu.

11. Sepatu kulit sudah kamu jadikan melalui tahap yang melelahkan dan kali ini bisa dipakai.

Terakhir kalinya, sekian untuk belajar tentang asal-usul sepatu dan cara pembuatannya dengan bahan kulit. Selain berbahan kulit, sepatu protesis sendiri juga bisa dicoba bahannya dari kain celana jeans yang kusut tidak terpakai. Tahapannya untuk membuat sederhana, untuk langkah-langkahnya sama seperti proses pembuatan sepatu kulit pada umumnya.

Hanya pembuatan jenis ini yang tidak membutuhkan cetakan. Itupun baik dari kap ataupun sol sepatu langsung direkatkan dengan lem sepatu. Namun untuk peroses membuat lebih rinci, barangkali nanti kita akan belajar lagi jika ketemu lagi dengan konten yang berbeda. Jika ada salah kata atau penjelasannya. bisa kamu tambahkan di kolom komentar. Terimakasih.

Semoga konten ini dapat membantu kita untuk menambah wawasan, dalam mengetahui beragam hal mengenai sepatu atau cara membuatnya. Semoga berhasil dan selamat untuk mencoba.

O, iya satu lagi. Jika kamu ingin membeli jenis-jenis sepatu murah dan berkualitas. Di bawah ini ada link yang akan menunjukkan ke kamu refensi list harga sepatu septy murah, dan sepatu lainnya. Terimakasih.

Ini ada video yang mungkin akan membantu kamu, dalam membuat sepatu kulit.

One Response

  1. aqso 3 September 2016

Tinggalkan Balasan