4 Langkah Mudah untuk Bisa Membuat Robot Sederhana Tanpa Pemograman

Cara Membuat Robot Sederhana- Kemunculan robot berawal dari, bangsa Yunani kuno yang telah membuatnya terlebih dahulu. Mereka memiliki seorang insinyur Yunani kuno yang menciptakan organ serta jam air dengan komponen yang bisa kita pindahkan.

Sebelum itu, di zaman Nabi Muhammad SAW juga sudah ada mesin perang yang memakai roda bisa melontarkan bom, kamu bisa mencoba cek di alamat ini mualimin.org, ternyata banyak yang bersaing dalam pembuatan robot, pada zaman itu.

Gambar Penemu Robot di Jaman Nabi -Al Jazari- 

www.almanalmagazine.com

www.almanalmagazine.com

Dan pada tahun 1770 lalu, orang yang membuat jam bernama Pierre Jacquet Droz, Swiss. Pierre telah menciptakan sebuah 3 robot dengan mekanisnya. Robot tersebut memiliki keunikan tersendiri, yakni dapat melakukan fungsi spesifik.

Spesifik maksudnya robot tersebut dapat melakukan aktifitas seperti manusia lakukan, yakni menulis, memainkan musik serta orgen, dan terkhir bisa menggambar. Pada tahun mendatang tepatnya 1898.

Nikola Tesla menciptakan sebuah boat yang bisa dikontrol melalui radio romote control, dan mendemokan di sebuah mall yang bernama Madison Square Garden. Sayangnya pencitaan boat autonomus tidak berlanjut atau gagal, dikarenakan kekurangan dana.

Dan di tahun berikutnya 1967, Jepang tak mau kalah dan mereka baru bangkit dan mulai mengimpor robot Versatran dari AMF. Kejayaan robot sendiri di mulai tahun 1970, saat itu profesor yang bernama Victor Scheinman dari Universitas Stanford.

Beliau pintar mendesain lengan standar. Konfigurasi kinematiknya sangat dikenal banyak orang menyebutnya “standar lengan robot.”

Terakhir pada tahun 2000 , Honda, bukan nama mobil namun nama orang? Honda ini telah memamerkan robot yang sudah dibangun bertahun-tahun lamanya bernama Asimo, serta disusul oleh Sony, yakni robot anjingnya bernama Aibo.

Catatan Robot Sederhana

Robot itu memang keren, namun sepintas kalau kita belum mngenal sama sekali tentang dunia robotika, mungkin hal kayak gini dilihat begitu keren dan rumit tentunya. Karena pada inti pada komponennya.

Komponen tersebut tidak dapat kamu lakukan dengan sembarangan, selain perakitan cara membuat robot membutuhkan ketelitian dan keahlian khusus untuk bisa melakukannya. Dan apakah orang yang tidak bisa melakukan apapun, bisa membuat robot.

Bisa semua, asalkan mau belajar dan dibelajari. Nah, sampai saat ini banyak sekali orang sukses yang telah mendirikan les atau sekolah untuk perakitan robot, school robotic (sekolah robot).

Namun, dari sekian sekolah robotic yang ada, bukan menjadi suatu hal yang lengkap atau kompleks kalau kita telah mengetahui bahan apa saja yang kita perlukan untuk membuatnya. Dan banyak sekali saat ini telah membuka toko online.

Toko online tersebut menjual komponen robotika, kamu dapat membelinya secara bebas (tak perlu izin khusus). Terlebih lagi pembelian perlengkapan robot juga terdapat panduan, baik itu diwujudkan video ataupun berupa buku panduan.

Untuk membuatnya, mungkin kamu memerlukan bahan-bahan yang ada di bawah ini.

  • Sensor, ada 3 macam sensor

Pertama, Sensor Sharp GP2Y0A21YK0F 10-80CM (sensor pelacak didasari oleh infra red ini dapat memetakan lingkungan sekitar kita). Kedua, Sensor BDFD-1000 tracing sensor module (pendeteksi suara), Terakhir, LM393 Sound Detection Snsor Module.

Itu cuman 3,  sebetulnya ada banyak lagi tentang “sensor.”

  • Processor

Ini adalah sebuah alat untuk memproses segala perintah yang telah ada, dimana perintah ini dpakai untuk memutuskan, didasari apa yang ditangkap oleh sensor di atas. Processor dapat kita rakit sendiri.

Akan tetapi, kalau kita yang merakitnya sendiri akan terjadi kesulitan dalam pemilihan komponenya. Untuk mudah, bantu dengan alat yang bernama arduino board yang telah disediakan oleh perusahaan Arduino.

Alat tersebut dibuat lengkap, sudah terinstal processor “ic mikro controller”, mikro ini telah terpasang di board pcb dengan board akan membantu mengintegrasi dengan cara menyalurkan listrik.

Prosesnya, dari sensor ke mikro controller, selanjutnya data di proses, setelah itu kamu putuskan apa yang akan dilakukan oleh robot, dengan cara on/off (memutuskan atau mengalirkan) arus listrik, sehingga motor atau roda bergerak dengan sesuai otak robot (ic mikro controller).

  • Motor

Terakhir yang kamu butuhkan motor–>Umumnya berbentuk dinamo, tugasnya menggerakkan robot maju, mundur atau berputar.

Mengenal Robot Jaman Kini -Robot Avoider-

www.instructables.com

www.instructables.com

Para robotik mungkin sudah kenal dekat dengan robot yang satu ini, nah robot ini disebut robot halang rintang. Robot ini memanfaatkan sebuah sensor, dan apabila robot avoider ini menabrak dinding atau kena benda yang ada di depannya.

Maka motor ini akan berputar menurut keadaan area rintangannya, apabila dia menabrak robot ini akan membelokkan badannya ke kiri atau ke kanan, bahkan mundur saat limit switch bersamaan kena dinding.

Untuk selanjutnya Kinerja.Aktif akan memberikan cara membuat robot sederhana tidak menggunakan sistem PCB, namun hanya memanfaatkan barang bekas untuk pembuatan robot, seperti mainan.

Untuk pemula seperti kita, tutorial ini dapat kamu pelajari. Tapi, kita harus mengikuti prosedur dan langkah-langkah yang telah diringkas dari sumber terpecaya. Yuk, coba simak tutorial berikut ini.

Membuat Robot Sederhana dari Mainan Bekas

Kita siapkan terlebuh dulu mainan mobil bekas yang masih ada bagian motor serta rodanya. Untuk bodinya, kita dapat memakai triplek atau airlyc, dengan alasan belum punya modal banyak. 😀

Mainan Mobil Robot yang Kita Butuhkan 

Cara Membuat Robot Sederhana -Mainan Bekas-

Gambar Ini, Skema dari Toteboot.

robotika53.blogspot.com

robotika53.blogspot.com

Gambar di bawah ini adalah rangkaian PCB, dan alur rangkaian harus rapi tidak boleh semrawut nantinya akan berakibat fatal. Kemudian kamu dapat membuat rangkaian PCB ini menjadi 2 kali untuk motor sebelah kiri serta kanan.

Gambar Rangkaian PCB di dalam Sebuah Robot Sederhana yang Kita Buat

wizamisasi.com

wizamisasi.com

Rangkaian PCB Tampak Kelihatan dari Atas 

ases123456789.blogspot.com

ases123456789.blogspot.com

PCB Tampak Keliatan dari Bawah 

robot-id.com

robot-id.com

Bahan yang Kita Butuhkan untuk Pembuatan Robot Sederhana, ada 12 macam, yakni:

  1. Ukuran 20 x 20 cm untuk Triplek atau Arcylicnya
  2. 2 Buah Mobil Remote Control untuk Dapat Membuat Robot
  3. 5 Volt 8 pin untuk Relay nya, Kalau Bisa 2 Unit
  4. Limit Switch untuk 1 robot dibutuhkan 2 Buah
  5. IC Regulator merk 7805 untuk 1 buah
  6. Transitor TIP31 sebanyak 2 Buah untuk 1 Robot
  7. Variabel Resistor 2 Buah
  8. PCB Polos yang ukurannya 8 x 5 cm
  9. 4 Buah (Speser atau Baut)
  10. Warna Hitam untuk Header pin 
  11. Kapasitor dan Resistor
  12. Terakhir Kita membutuhkan Kabel Timah, dan Baterai 3xAA beserta Lippo 7,4 Volt

Langkah-langkah Pembuatan Robot yang Bisa Kamu Ikuti

Ikuti langkah di bawah ini secara berurutan, jangan sampai kita salah.

Langkah ke-1 

www.robot-id.com

www.robot-id.com

Langkah Ke-2 

www.ceritadinding.com

www.ceritadinding.com

Langkah Ke-3

wizamisasi.com

wizamisasi.com

Langkah Terakhir 

www.robot-id.com

www.robot-id.com

Atau Kamu Bisa Menonton Video Ini. Kalau Belum Bisa? Akan Menjadi Contoh untuk Membuat Robot

loading...

2 Comments

  1. juna 12 Juli 2016
  2. aldiy 17 September 2016

Tinggalkan Balasan