3 Cara Mudah Membuat Antena Sendiri di Rumah untuk Pemula

Cara Membuat dan Memasang Antena TV

Jika beli antena tv di orang lain itu sudah mainstrem, namun kalau membuat sendiri dengan karya sendiri harga nilainya itu lebih mahal dibanding di toko. Membuat antena untuk tv sendiri pasti kamu tidak terbayangkan sebelumnya. Kamu tak usah khawatir, sebab kamu akan mendapatkan refensi atau sebuah informasi tentang mengenai cara membuat antena tv berbagai arah. Bahkan antena yang kita buat kali ini lebih bagus dibandingkan dengan antena buatan luar negeri yang harganya terlalu mahal.

Nah, sebelum membuatnya kamu hanya perlu mengeluarkan gocap alias 50.000, kamu bisa bikin antena canggih. Langsung aja yuk bareng-bareng bagaimana cara membuatnya:

Keuntungan Jika Kamu Membuat Antena Sendiri

Pertama kamu bisa membuat dan mengatur antena tv yang diinginkan. Kamu dapat membentuk sendiri antena tv yang kamu pilih, entah itu kecil atau besar. Tapi, saya sarankan kamu pakai antena yang kecil. Kenapa? Hal ini akan sangat berpotensi dalam rangka membuat antena yang kamu miliki ini tidak memakan banyak space atau ruang dalam rumah.

Kedua, kamu dapat memasangnya dimanapun dan kapanpun. Kamu tinggal memilihnya, dipasang di atas atap atau dibawahnya. Kelebihannya juga, antena seperti ini tidak mudah berkarat ketika perubahan cuaca. Terutama ketika musim hujan datang.

Ketiga, biaya yang kita keluarkan untuk membuatnya sangat murah meriah, sehingga tidak perlu ragu lagi untuk melakykan trial error ketika kamu menerapkan langkah-langkahnya.

Keempat, kualitas gambar yang dapat kamu dapatkan ketika membuat antena tv tersebut, gambar luar biasa bagusnya. Keluarga dan kerabat dapat menyaksikan siaran tv yang diingkan sesuai selera. 🙂

Nah, untuk proses pembuatannya kamu memerlukan bahan-bahan berikut ini:

Beberapa bahan ini kamu butuhkan untuk membuat antena tv sederhana namun canggih. Bahan yang kamu perlukan, yakni:

  • Seng kurang lebih ukurannya itu lebih dari 1 meteran. Kamu dapat memakai seng nisplang kalau ingin kualitas lebih bagus. Untuk membelinya, kamu bisa membelinya di toko material atau toko manapun yang kamu inginkan.
  • Jangan lupa, baut dan paku
  • Gunting seng, jangan dilupakan
  • Palu juga
  • Terakhir, Obeng yang kamu perlukan.

Alat-alat sudah tersedia, selanjutnya kamu tinggal mrangkainya:

Langkah Pembuatan Antena Tv:

Langkah Pertama, potonglah seng dengan ukuran yang presisi. Cara memotong dengan ukuran berapa? Kamu tidak perlu khawatir, gambar di bawah ini bisa kamu pakai acuan:

carageek.com

Berikutnya, pasang seng yang telah kamu potong tadi membentuk dan rangkai bagan-bagan seperti gambar berikut.

www.drakemedia.net

www.drakemedia.net

Tahap Akhir, kamu bisa letakkan di bawah atau di atas atap, yang pasti aman dan terjaga dengan baik.

Catatan Penting:

Setelah kamu bisa membuat antena tv tersebut, yang kamu perhatikan yakni:

  • Perhatikanlah koneksi kabel sudah kencang atau belum. Kalau perlu kamu bisa pakai alat bantu solder untuk mengencangkan kabel dan driver tersebut. Ingat koneksi kabel yang tidak kencang akan membuat kualitas gambar dari siaran televisi yang kamu lihat tadi menjadi error (kesemutan dan buram).
  • Koneksi atau pemasangan kabel pada jack serta konektor tadi harus dalam kondisi kencang dan benar.
  • Tidak perlu memakai booster, kalau itu tidak memang tidak diperlukan. Kalau antena yang ada pada rumah kamu sudah cukup bagus, maka pemakaian booster sebaiknya kita abaikan saja atau dihilangkan.
  • Jika benar-benar ingin memasangnya diluar maka sebaiknya seng reflector yang tersedia diganti menggunakan ram kawat atau seng yang ada banyak lubang di dalamnya.

Kalau kamu masih bingung, nih ada siswa siswi smp yang mempratekkan, cara membuat antena tv segala arah.

 

Perhatikan hal-hal kesalahan ini, yang dapat menyebabkan gambar tv kamu kacau:

  1. Posisi dan ketinggian antena yang tidak tepat.
  2. Arah antena harus berada posisi atau arah yang tepat.
  3. Kualitas kabel antena yang juga dapat mempertimbangkan gambar tv.

Kesimpulannya, cara membuat antena tv segala arah tidak sesulit yang anda bayangkan. Membuat antenna tv sendiri akan membantu anda dalam menciptakan antenna dengan cara yang kreatif dan tidak ribet.

Baca Juga : “Both Portable”

One Response

  1. Anonim 31 Oktober 2016

Tinggalkan Balasan