Cara Memotong Video dengan Editan Keren

Bingung cara memotong video? Banyak cara untuk memotong video dan harus butuh bantuan dari sebuah software. Ada puluhan software yang bisa kamu pakai untuk melakukan memotong (cutting) video. Banyak aplikasi yang bisa kamu coba yakni, Free Video Cutter ini sangat mudah digunakan bagi pemula.

Software seperti ini di share gratis sama pembuatnya dan sudah disupport dengan format video MPEG5, DivX, WMV, Quictime MOV dan FLV.

Video cutter untuk memotong atau edit video

linux.softpedia.com

Cara Memakainya

  1. Download dan install software Free Video Cutter.
  2. Kemudian, klik Open Video untuk memilih video yang akan kamu edit atau potong.
  3. Aturlah video yang ingin kamu potong, entah dimulai dan berakhir pada detik keberapa.
  4. Pilih format output video
  5. Klik Save Video untuk memulai proses pemotongan

Software lain dapat juga berfungsi untuk melakukan proses editor dan cutting (pemotongan) yakni, VideoPad.
Bagi yang suka hobi merekam momen-momen tertentu pasti akan menyadari bahwa tidak semua durasi dalam video tersebut bagus untuk ditampilkan. Nah, dari itulah butuh kamu potong, akan tetapi terkadang juga butuh diedit agar terlihat menarik.

Selain itu, ada juga software yang tidak kalah bagus dengan Video Cutter yakni, VideoPad. Untuk penggunaannya dapat kamu pelajari sendiri, karena sangat mudah menggunakannya. Paling penting adalah download dan install sofware saja. Software tersebut free (gratis), tak perlu regristasi lagi.

Memberi Efek Slow Motion di Video

Nah, untuk memberikan efek slow motion, banyak sofware yang dapat dipakai dan kami merekomendasikan kepada kamu untuk memakai software Adobe Premiere, software ini sangat keren ketika memberi sebuah efek slow motion pada video, akan tetapi software ini berbayar, jika mau gratis ada pembahasan dibawah, lanjutkan membacanya ya.

Kita kali ini membahas Adobe Premiere dulu. Jika sudah terinstal, ikutilah langkah-langkah berikut ini.

  • 1. Buka Premiere

i.ytimg.com

i.ytimg.com

  • 2. Inport video yang ingin diberi efek slow, lalu seret video yang telah diimport tadi kebagian timeline.

cdn2.digitalartsonline.co.uk

cdn2.digitalartsonline.co.uk

  • 3. Aturlah posisi sequence marker dari video yang ingin diberi efek, kemudian klik Razoor Tool. Opsi ini berguna untuk memotong video yang ingin diperlambat atau diberikan efek slow motion.

img.brothersoft.com

img.brothersoft.com

  • 4. Nah, untuk langkah berikut, kamu langsung saja pilih video terus klik kanan di videonya dan pilihlah opsi yang speed atau duration.

i.ytimg.com

i.ytimg.com

  • Nah, bagian ini kamu tinggal atur sendiri ingin dibuat berapa banyak speednya. Pada contoh ini dibuat untuk 50%.

ajp1991.files.wordpress.com

ajp1991.files.wordpress.com

Tinggal tekan tombol Enter dan terus lihat hasilnya. Dijamin dua jempol dah.

Gimana, mudah dan cakep kan jika memakai Adobe Premiere? Nah, sekarang ada juga yang gratis, dapat dipakai software namanya Cineform Studio “GoPro”. Jika kamu ingin download dapat langsung ke link GoPro.

Software ini sangat gampang pemakainnya, kamu dapat melihat tutorial di video dibawah. Sayangnya tutorial video ini memakai bahasa inggris. sumber: cara.media

Semoga bermanfaat, demikian dari kami.

 

Tinggalkan Balasan