Antara SUCCSESS dan YAKIN !!

Sukses adalah impian dan tujuan hidup seseorang yang bersifat “positif” baik untuk dirinya sendiri atau untuk orang lain ,seseorang akan meraih kebahagiaan dari sisi materi dan non materi apabila bisa meraih kesuksesan(impian) tersebut ,  kesuksesan berawal dari hal yang tidak mudah untuk diraih , dan kesuksesan adalah sebuah perjalanan , “Perjalanan” yang mempunyai tujuan akhir,,dan di ibaratkan juga “sukses” seperti menaiki tangga,,setelah menggapai satu kesuksesan kita harus menggapainya dan jangan berhenti di tengah jalan,

“Dan betapa kesuksesan itu seperti ujian yang penuh dengan uji coba atau bersifat test(kehidupan) dan penuh rintangan yang membentang , penuh kebimbangan dan kekhawatiran seta perasaan takut yang penuh bayangan akan mengalami suatu kegagalan , penuh cobaan dan kesengsaraan dan penuh perjuangan.”

DEVINISI SUKSES :

MENURUT PARA TOKOH TERKENAL!! 

Penulis Maya Angelou yang baru saja wafat di usia 86 beberapa hari lalu, pernah mengatakan bahwa sukses adalah “jika seseorang menyukai dirinya”, menyukai apa yang dilakukannya, dan menyukai bagaimana ia melakukan pekerjaannya.

Politikus Inggris, Winston Churcil mengatakan bahwa sukses adalah keras hati. Karir politik Churchill berlangsung pada masa-masa sulit di era kebangkitan militer Hitler. Tak heran jika definisI sukses menurutnya adalah kegagalan-kegagalan tanpa kehilangan antusiasme.

CEO Zappos, Tony Hsieh mengatakan bahwa sukses adalah hidup sesuai dengan nilai-nilai yang diyakininya. Menurutnya nilai dasar personal mendefinisikan siapa individu tersebut sebenarnya dan nilai dasar perusahaan pada akhirnya yang menentukan karakter dan merek produknya. “Bagi individu, karakter adalah takdir. Bagi organisasi, budaya adalah takdir,”

kinerjaaktif.com

kinerjaaktif.com

” SUKSES” menurut “Pakar-pakar” terkenal:

1. BRIAN TRACY

Brian Tracy adalah pembicara sukses internasional, sudah sangat berpengalaman dan keahliannya diakui di dunia.

alam sebuah bukunya, dia menulis definisi sukses.

Success is the ability to live your life the way you want to live it, doing what you most enjoy, surrounded by people who you admire and respect.”
– Brian Tracy, Million Dollar Habits

Saya terjemahkan dech, Sukses adalah kemampuan untuk menjalani hidup Anda sesuai dengan keinginan Anda, melakukan apa yang yang paling dinikmati, dikelilingi oleh orang-orang Anda senangi dan hormati.”

Apakah berbeda dengan definisi wikipedia diatas? Menurut saya tidak berbeda, hanya saja definisi ini lebih spesifik sesuai dengan keinginan masing-masing. Ini definis Brian Tracy karena dia memiliki tujuan:

  • Kemampuan untuk menjalani hidup Anda sesuai dengan keinginan
  • melakukan apa yang yang paling dinikmati,
  • dikelilingi oleh orang-orang Anda senangi dan hormati.

Bagaimana dengan Anda? Bisa sama, bisa berbeda.

2. EARL NIGHTINGALE

Success is the progressive realization of a worthy ideal.”
– Earl Nightingale, The Strangest Secret

Sukses adalah realisasi progresif dari ideal Anda yang bernilai. Saya paling menyukai definisi ini.  Apa yang ideal menurut Anda? Nah, hal tersebut terealisasi dalam kehidupan Anda. Ini adalah definisi sukses yang LUAR BIASA”

3. ZIG ZIGLAR

“mendapatkan banyak hal yang bisa dibeli oleh uang – dan semua hal yang tak bisa dibeli oleh uang. Anda bisa membeli kasur, tapi Anda tak bisa membeli tidur yang nyenyak.”
– Zig Ziglar

Masih sama, tetap pada pencapaian (mendapatkan) dan tujuan.

Dr. John C. Maxwell

first of all, success is knowing our purpose in life”. Dr. John C. Maxwell.

Maxwell menjelaskan sebuah proses ini dari pencapaian sukses. Dia mengatakan purpose (tujuan), karena saat Anda sudah mengetahuinya, maka jalan untuk mencapainya sangat terbuka. Intinya tetap pada pencapaian dan tujuan. Jika Anda menterjemahkan secara dangkal, apakah layak “orang yang hanya tahu tujuan” disebut sukses?

Dia mengatakan:  “Seven Steps to Success” ( “Tujuh Langkah untuk Sukses” )

  1. Make a commitment to grow daily. (Buatlah komitmen untuk tumbuh setiap hari.)
  2. Value the process more than events. (Menghargai proses lebih dari peristiwa)
  3. Don’t wait for inspiration. (Jangan menunggu inspirasi.)
  4. Be willing to sacrifice pleasure for opportunity. (Bersedia mengorbankan kesenangan demi kesempatan.)
  5. Dream big. (Bercita-cita tinggi.)
  6. Plan your priorities. (Rencana prioritas Anda.)
  7. Give up to go up.” (Jangan menyerah untuk naik)

Artinya ada proses untuk meraih sukses (bukan hanya mengetahui saja), ada komitmen, pengorbanan, impian, rencana, dan pantang menyerah.

#YAKIN!!!

Kenapa anda harus “YAKIN”??

Yakin menurut istilah adalah meyakini sesuatu itu seperti itu dan mey
akini bahwa hal itu tidak mungkin kecuali seperti itu, serta senantiasa akan sesuai dengan kenyataan.

 “DAN YANG TIDAK MUNGKIN BISA MENJADI MUNGKIN      DENGAN KEYAKINAN”

!!!DEFINISI YAKIN!!!

“MENURUT PAKAR DALAM ISLAM”

Abu Hilal al-Askari mendefinisikan bahwa yakin adalah tetapnya jiwa dan dadanya merasa tenteram dengan apa yang ia ketahui.

AL-BAEDHOI (W. 691 H) mengatakan bahwa yakin adalah mengokohkan ilmu dengan meniadakan keraguan dan kesamaran tentangnya dengan cara Nadzr (berfikir mendalam) dan Istidlal (menunjukkan dalil)

QURAISY SHIHAB menjelaskan bahwa yakin adalah pengetahuan yang mantap tentang sesuatu disertai dengan tersingkirnya apa yang mengeruhkan pengetahuan itu, baik berupa keraguan, maupun dalil-dalil yang dikemukakan lawan. Itu sebabnya Allah tidak dinamai mencapai tingkat yakin karena pengetahuan Yang Maha mengetahui itu sedemikian jelas sehingga tidak pernah sesaat atau sedikit pun disentuh oleh keraguan. Berbeda dengan manusia yang yakin. Sebelum tiba keyakinannya, ia terlebih dahulu oleh keraguan. Namun, ketika ia sampai pada tahap yakin, keraguan yang tadinya ada menjadi sirna. Itu disebabkan Allah menjelaskan ayat-ayatnya dalam bentuk beragam dan silih berganti. Sehingga keraguan terkikis sedikit demi sedikit dan yang bersangkutan mencapai tahap yakin. 

MAKNA YAKIN DALAM AL-QURAN !

AL-QURAN MENCERITKAN: “TIDAK ADA KERAGUAN”

Ketika orang-orang Yahudi ingin menangkap Nabi Isa as, Allah telah menyerupakan murid Nabi Isa yang berkhianat menjadi seperti Nabi Isa. Kemudian Allah mengangkat nabi Isa kepadaNya. Sehingga yang mereka salib itu bukanlah Nabi Isa, dan ternyata mereka ketika menyalibnya pun ada dalam keraguan. Tidaklah mereka merasa yakin. Sebagaimana telah diceritakan oleh Allah dalam Al-Qur’an.

وَقَوْلِهِمْ إِنَّا قَتَلْنَا الْمَسِيحَ عِيسَى ابْنَ مَرْيَمَ رَسُولَ اللَّهِ وَمَا قَتَلُوهُ وَمَا صَلَبُوهُ وَلَكِنْ شُبِّهَ لَهُمْ وَإِنَّ الَّذِينَ اخْتَلَفُوا فِيهِ لَفِي شَكٍّ مِنْهُ مَا لَهُمْ بِهِ مِنْ عِلْمٍ إِلَّا اتِّبَاعَ الظَّنِّ وَمَا قَتَلُوهُ يَقِينًا [النساء/157]

Dan karena ucapan mereka: “Sesungguhnya kami telah membunuh Al Masih, Isa putra Maryam, Rasul Allah”, padahal mereka tidak membunuhnya dan tidak (pula) menyalibnya, tetapi (yang mereka bunuh ialah) orang yang diserupakan dengan Isa bagi mereka. Sesungguhnya orang-orang yang berselisih paham tentang (pembunuhan) Isa, benar-benar dalam keragu-raguan tentang yang dibunuh itu. Mereka tidak mempunyai keyakinan tentang siapa yang dibunuh itu, kecuali mengikuti persangkaan belaka, mereka tidak (pula) yakin bahwa yang mereka bunuh itu adalah Isa.

KESIMPULAN : “YAKINILAH APA YANG KAMU HARAPKAN ATAU KAMU IMPIKAN MESKIPUN ITU TIDAK MUNGKIN TERJADI , DENGAN KEYAKINAN YANG TIDAK MUNGKIN MENJADI MUNGKIN ” RIGHT !!

 

#MUHAMMAD SYAFIQ!!

HABISKAN JATAH GAGAL MU.. SAMPAI KAMU JATUH ..! DAN BANGKITLAH DENGAN SEBUAH KEYAKINAN DAN RAIHLAH KESUKSESAN MU DI WAKTU MUDA!! (GO ACTION, BE SUKSES)

loading...