Fisiologi: Cara Kerja Anatomi Jantung yang Jarang Diketahui Orang

Anatomi Jantung Manusia-Jantung adalah salah satu tanda bukti kebesaran Allah SWT kepada seluruh manusia. Karena dengan mengenal serta memahami kerja jantung kardiovaskular beserta seluruh sistem yang ada di dalamnya.

Maka sungguh besar Allah SWT telah memberi nikmat kepada kita kesehatan dan bisa hidup sampai sejauh ini, di beri nafas gratis sampai umur kita saat ini. Maka kita harus menjaga kesehatan jantung dan tubuh kita serta kita harus selalu bersyukur. Inilah konsep anatomi cara kerja jantung.

Konsep Anatomi Jantung

Jantung: satu-satunya organ utama di dalam tubuh kita. Secara ilmu Fisiologi, jantung ini sebagai pemompa darah. Dan pompa ini sangat erat dengan sistem peredaran pada tubuh kita, saat bekerja jantung ini akan memompa ke seluruh jaringan pada tubuh kita.

Pompa pada jantung sendiri terdapat empat bilik. Bilik yang bekerja di atas disebut atrium dan sebaliknya ventrikel bilik yang bekerja di bawah.

Pada bagian jantung tersebut menjadi dua tugas. Jantung bagian kanan bertugas memompa darah ke paru-paru, dan arah sebaliknya ditugaskan memompa darah ke seluruh jaringan tubuh kita.

Atrium dan ventrikel sendiri dipisahkan oleh sebuah katup, sedangkan pada bagian kanan dan kiri jantung dipisahkan oleh sebuah sekat yang biasa disebut dengan septum. Nah, katup pada anatomi jantung berguna diutamakan dengan tujuan agar darah yang telah terpompa tidak masuk lagi.

Fisiologi -Anatomi Jantung-

contoh gambar jantung pada tubuh kita -anatomi jantung-

jantung.net

Jantung-Organ yang terdiri dari sebuah otot. Cara kerjanya sendiri seperti sebuah otot polos, bekerja di luar kemauan kita. Ini semua dipengaruhi oleh susunan saraf otonom. Jadi jantung akan berdetak sendiri tanpa kita sadari.

Cara kerja dan fungsi jantung-Untuk mengatur distribusi darah ke seluruh sistem jaringan tubuh kita. Jantung sendiri memiliki bentuk seperti buah pisang, dan besarnya sendiri sebesar kepalan tangan pemilik jantung.

Gambaran kronologis anatomi jantung-Seperti buah pisang dan bagian atasnya tumpul (pangkal jantung) yang dinamakan dengan basis kordis. Dan pada bagian sisi bawah agak runcing dinamakan dengan aspeks kordis.

Letak jantung-Dalam rongga dada sebelah depan atau kavum mediastinum anterior, sebelah kiri sisi bawah pertengahan rongga dada, dan di atas diafragma serta dari pangkal belakang kiri antara kosta 5 dan 6 dua jari di bawah papilla mas.

Apabila pada tempat ini kita raba akan ada denyutan jantung, dinamakan dengan iklus kordis. Ukurannya ini diperkirakan lebih sebesar genggaman tangan kanan kita dan beratnya sendiri kurang lebih 250 hingga 300 gram.

Lapisan Anatomi Jantung

Paling utama pada dinding jantung terdiri dari serat-serat otot jantung yang tersusun dengan bentuk spiral, saling erat atau berhubungan dengan diskus interkalatus. Dan lapisan jantung pun terdiri dari:

  • Perikardium
  • Miorkadium
  • dan Endokardium

Konsep Lapisan 3 Anatomi Jantung:

Perikadrdium Atau Epikardium, Epi sendiri dapat bermakna yang berarti “di atas”. Sedangkan Cardia bermakna “jantung.” Pada sisi ini merupakan sebuah membran tipis di bagian luar dan membungkus jantung.

Lapisan tersebut menjadi 2, yakni:

1. Perikardium fibrosum dinamakan “viseral”: Sisi kantong yang membatasi pergerakan jantung terikat pada bagian bawah sentrum tendinium diafragma, dan bersatu dengan permbuluh darah besar merekat di sternum melalui ligmentum sternoperikardial.

2. Perikardium serosum dinamakan “parietal”, pembagian ada dua macam. Peritalis membatasi perikardium fibrosum yang dimakan epikardium. Sedangkan perikardium fiseral mengandung sedikit cairan yang berperan sebagai pelumas untuk mempermudah pergerakan jantung.

-Myokardium-

Myo bermakna “otot”, dan merupakan lapisan tengah, terdiri dari otot jantung dan membentuk sebagian besar dinding jantung. Untuk serat-serat otot sendiri tersusun membentuk spiral dan melinkari jantung. Nah, lapisan otot inilah yang sebagian besar akan menerima darah dari arteri koroner.

-Endokardium-

Kata “Endo” sendiri bermakna “di dalam.” Ini adalah bagian lapisan tipis dalam endothelium, suatu jaringan epitel unik yang melapisi sisi dalam seluruh sistem sirkulasi peredaran pada tubuh kita.

Ruang-ruang Pada Anatomi Jantung Manusia

Soal materi tentang anatomi jantung kita. Maka organ jantung sendiri terdiri atas 4 ruang, pertama atrium (serambi) yang memiliki 2 ruang berdinding tipis. Sedangkan ventrikel (bilik) memiliki 2 ruang yang berdinding tebal.

Atrium serta ventrikel jantung, kedua ini dipisah oleh katup, untuk bagian kanan dan kiri jantung dipisah oleh sekat yang dinamakan dengan septum. Septum merupakan partisi otot kontinue yang mencegah pencampuran darah dari kedua sisi jantung.

Pemisahan tersebut dipentingkan, sebab separuh jantung kanan untuk menerima serta memompa darah yang mengandung oksigen rendah, sebaliknya bagian sebelah kiri berguna untuk memompa darah yang mengandung oksigen tinggi.

Untuk pemisahan sendiri jantung terdiri dari beberapa ruang jantung, yakni bagian atrium dan ventrikel, masing-masing dari jantung ini dibelah juga jadi 2. Atrium kanan kiri, dan ventrikel kiri dan kanan.

Anatomi Jantung -Atrium-
Fungsi-fungsi dari atrium jantung, konsepnya berikut ini:

Atrium kanan, berfungsi sebagai penampungan dinamakan reservior. Dimana darah rendah oksigen dari seluruh tubuh untuk ditampung. Darah ini mengalir lewat jalan vena kava superior dan vena kava inferior.

Serta lewat jalan sinus koronairus yang berasal dari jantung sendiri. Atrium kanan ini akan menerima darah de-oksigen dari tubuh lewat vena kava superior (kepala dan bagian atas) dan inferior (kaki dan dada lebih rendah).

Simpul sinoatrial akan mengirimkan implus yang menyebabkan jaringan otot jantung dari atrium, berkontraksi dengan cara koordinasi seperti gelombang. Sedangkan katup trikspid memisahkan atrium kanan dari ventrikel kanan.

Dan akan terbuka untuk tidak mencegah darah de-oksigen yang akan dikumpulkan atrium sebelah kanan dan mengalir ke ventrikel kanan.
Atrium Kiri-Menerima darah akan kaya oksigen dari kedua paru-paru melalui 4 buah vena pullmonalis. Yang kemudian darah akan mengalir ke ventrinel kiri, selanjutnya ke seluruh tubuh lewat jalan yang namanya aorta.

Ini adlah sebagai konstraksi yang dipicu oleh sinoatrial kemajuan melalui atrium, darah yang akan melewati katup mitral ke ventrinel kiri. Kita sudah mengetahui tentang atrium kiri dan kanan, sekarang lanjut ke materi Ventrikel.

Ventrikel

ruangan dan alur jalur darah -anatomi jantung-

yusupkrisfe.files.wordpress.com

1. Ventrikel kanan-Menerima darah dari atrium kanan dan dipompa ke paru-paru kita lewat jalan arteri pulmonalis. Kemudian ventrikel kanan akan menerima darah de-oksigen sebagai kontak atrium kanan.

Selanjutnya katup paru akan menuju ke arteri paru tertutup, yang kemungkinan untuk mengisi ventrikel dengan sebuah darah. Apabila ventrikel telah penuh, mereka akan berkontrakan.

Sebagai kontrak vetrikel kanan, menutup katup trikuspid dan katup paru yang terbuka. Apabila katup trikuspid menutup ini bertujuan untuk mencegah agar darah dari dukungan ke atrium kanan, pembukaan katup paru yang kemungkinan darah mengalir ke arteri pulmonalis menuju ke paru-paru kita.

2. Ventrikel kiri-Yang akan menerima darah dari atrium kiri, akan dipompakan ke seluruh tubuh kita lewat jalan aorta. Ventrikel kiri ini akan menerima darah yang isi kandungannya sebuah oksigen sebagai kontrak atrium kiri.

Darah akan melewati katup mitral ke ventrikel kiri. Kemudian katup aorta menuju aorta yang tertutup, dan ini memungkinkan untuk mengisi darah ke ventrikel kiri.

Apabila ventrikel penuh dengan darah, dan akan berkontraksi dengan sendirinya. Sebagai kontrak vertikel kiri, menutup katup mitral dan katup aorta akan terbuka. Penutupan katup mitral akan mencegah darah dari dukungan atrium kiri dan akan menjadi pembukaan katup aorta dan ini memungkinkan darah akan mengalir sendirinya ke aorta dan mengalir ke seluruh sistem tubuh kita.

Anatomi Jantung Manusia -Mengenal Siklus Jantung, Sistem Peredaran Darah-

siklus jantung dan aliran darah yang mengalir -anatomi jantung-

www.slideshare.net

Jantung memiliki siklus, dan ini termasuk juga dalam bagian ilmu fisiologi jantung sendiri. Ketika jantung akan bekerja berselingan dan berkontraksi untuk mengosongkan isi jantung itu sendiri dan merelaksasikan dalam rangka mengisi darah kembali.

Siklus ini akan dipecah menjadi 2 bagian. Pertama siklus jantung yang dinamakan siklus periode sistol yang berarti (konstraksi dan pengosongan isi). Kedua siklus periode diastol yang berarti (merelakasikan dan pengisian jantung).

Dan ventrikel dan artium yang tadi mengalami siklus sistol serta diastol yang terpisah. Ini akibat konstraksi penyebaran ekstitasi (mekanisme listrik yang ada di jantung kita) ke seluruh jantung. Sedangkan relaksasi ini timbul, setelah repolarisasi atau tahapan relaksasi dari otot jantung.

Sistem Peredaran Darah Anatomi Jantung

belahan contoh aliran CO2 dan 02 pada jantung -anatomi jantung-

www.inigresik.com

Peredaran jantung bisa dipisah menjadi 2 bagian, yakni peredaran darah kecil dan peredaran darah besar. Dan ini dikarenakan darah yang akan kembali dari sirkulasi sistemik (dari seluruh tubuh kita).

Masuk ke atrium kanan lewat jalan vena besar yang dikenal sebagai vena kava. Apabila darah yang masuk ke atriun kanan, asalnya itu dari jaringan tubuh telah di ambil O2-nya serta ditambahi dengan C02.

Darah yang miskin oksigen akan mengalir dari atrium kanan lewat jalan katup menuju ke ventrikel kanan. Kemudian memompanya keluar melalui arteri pulmonalis ke paru-paru kita. Dengan demikian, sisi kanan jantung memompa darah miskin oksigen ke sirkulasi paru jantung.

Dalam sistem paru jantung, darah akan kehilangan CO2-nya dan akan menyerap 02 segar sebelum akan dikembalikan ke atrium kiri lewat jalan vena pulmonalis.

Dengan demikian, darah yang kaya oksigen kembali ke atrium kiri ini, lalu kembali ke dalam ventrikel kiri. Dan bilik sendiri yang akan memompa darah ke semus sistem tubuh kecuali paru jantung.

Kesimpulannya adalah, sisi kiri jantung memompa darah yang kaya akan O2 masuk ke dalam sirkulasi sistemik. Sebuah arteri besar yang membawa darah akan menjauhi ventrikel kiri dinamakan aorta. Aorta sendiri bercabang sebuah arteri besar dan mendarahi jaringan sistem pada tubuh kita.

Katup Pada Anatomi Jantung Manusia

katup jantung pada tubuh kita -anatomi jantung-

www.echotuts.web.id

Jantung memiliki katub sendiri terbagi menjadi 4 macam, yakni:

Katup Trikuspidalis

Sebuah katup yang keberadaanya di antara atrium kanan dan ventrikel kanan. Jika katup ini terbuka, darah akan mengalir dari atrium kanan dengan yang dituju ventrikel kanan. Katup trikuspid dapat berguna sebagai pencegah kembalinya aliran darah.

Dan aliran darah tersebut menuju ke atrium

Katup Trikuspidalis

Katup trikuspidalis berada diantara atrium kanan dan ventrikel kanan. Bila katup ini terbuka, maka darah akan mengalir dari atrium kanan menuju ventrikel kanan. Katup trikuspid berfungsi mencegah kembalinya aliran darah menuju atrium kanan dengan cara menutup pada saat kontraksi ventrikel. Sesuai dengan namanya, katup trikuspid terdiri dari 3 daun katup.

Katup Pulmonal

Setelah katup trikuspid tertutup, darah akan mengalir dari dalam ventrikel kanan melalui trunkus pulmonalis. Trunkus pulmonalis bercabang menjadi arteri pulmonalis kanan dan kiri yang akan berhubungan dengan jaringan paru kanan dan kiri.

Pada pangkal trunkus pulmonalis terdapat katup pulmonalis yang terdiri dari 3 daun katup yang terbuka bila ventrikel kanan berkontraksi dan menutup bila ventrikel kanan relaksasi, sehingga memungkinkan darah mengalir dari ventrikel kanan menuju arteri pulmonalis.

Katup Bikuspid (Bikuspidalis).

Katup bikuspid atau katup mitral mengatur aliran darah dari atrium kiri menuju ventrikel kiri. Seperti katup trikuspid, katup bikuspid menutup pada saat kontraksi ventrikel. Katup bikuspid terdiri dari dua daun katup.

Katup Aorta. Katup aorta terdiri dari 3 daun katup yang terdapat pada pangkal aorta. Katup ini akan membuka pada saat ventrikel kiri berkontraksi sehingga darah akan mengalir keseluruh tubuh. Sebaliknya katup akan menutup pada saat ventrikel kiri relaksasi, sehingga mencegah darah masuk kembali kedalam ventrikel kiri.

  • Dan mengenai fisiologi jantung itu terdiri dari :
  • Sistem pengaturan jantung.
  • Sistem kelistrikan jantung.
  • Siklus jantung.
  • Bunyi jantung.
  • Curah jantung.

Demikian tadi beberapa hal yang berhubungan dengan pengenalan dan juga mengenal akan anatomi fisiologi jantung dan juga pembahasan mengenai patofiologi jantung akan dibahas tersendiri dalam artikel yang terpisah.

Kalau belum paham kamu bisa menonton video ini:

Tinggalkan Balasan