9 Tips Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Bagaimana sih cara meningkatkan rasa percaya diri? Meningkatkan rasa percaya diri adalah cara paling ampuh, menghilangkat sifat rendah diri. Ingat rendah diri itu berbeda dengan rendah hati. Rendah diri itu sifatnya buruk yang menjadi sebab seseorang tidak memiliki rasa percaya diri. Sedangkan rendah hati adalah sifat baik di mana seseorang bisa menghargai orang lain di sekitarnya dan dirinya sendiri.

1. Selalu Ada Niat Untuk Berubah

chenfang1205.wordpress.com

chenfang1205.wordpress.com

Intention be Change Yang penting kamu ada niat untuk berubah. Yakin pada diri kamu sendiri, dan berusaha untuk meningkatkan percaya diri kamu.

Seperti hadist di bawah ini:

 عَنْ عُمَرَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهم عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ إِنَّمَا الْأَعْمَالُ بِالنِّيَّةِ وَلِكُلِّ امْرِئٍ مَا نَوَى فَمَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ

إِلَى اللَّهِ وَرَسُولِهِ فَهِجْرَتُهُ إِلَى اللَّهِ وَرَسُولِهِ وَمَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ لدُنْيَا يُصِيبُهَا أَوِ امْرَأَةٍ يَتَزَوَّجُهَا فَهِجْرَتُهُ إِلَى مَا

هَاجَرَ إِلَيْهِ

Barang siapa yang hijrahnya kepada Allah dan Rasul-Nya, maka hijrahnya kepada Allah dan Rasul-Nya, dan barang siapa yang hijrahnya karena dunia atau karena wanita yang hendak dinikahinya, maka hijrahnya itu sesuai ke mana ia hijrah. (HR.Bukhori, Muslim, dan empat imam Ahli hadis). Maka dari itu apabila kita mau mengubah diri kita itu harus ada niat.

2. Belajar Menghindari Kebiasaan Rendah Diri

www.elainebaileyinternational.com

www.elainebaileyinternational.com

Learning to avoid customs Belajar menghindari kebiasaan.  Belajarlah untuk melakukan hal yang positif buat hidup kamu. Hanya sebagai penonton saja  dan berdiam diri saja dan tidak melakukan apapun, seseorang tidak akan pernah bisa berkembang ap. Merubah kehidupan mu menjadi yang berguna bagi orang lain dan diri kamu sendiri, akan menghilangkan kebiasaan (habits) rendah diri. Yang akan meningkatkan rasa percaya diri kamu.

3. Decision Berani Mengambil Keputusan

www.123rf.com

www.123rf.com

Decision berani mengambil sebuah keputusan. Belajar Mengambil keputusan berarti memerlukan rasa keberanian yang cukup besar dalam mengambil sebuah keputusan, yang akan melatih percaya diri kamu. Tetapi, mengambil keputusan harus dilakukan oleh kamu sendiri. Tanpa adanya intervensi dari seseorang, pasti akan meningkatkan rasa percaya diri kamu.

4. Kenali Diri Kamu yang Sebenarnya.

2esas6arma.blogspot.com

2esas6arma.blogspot.com

Indentify Yourself  Kenali diri kamu yang sebenarnya. Seperti apa dirimu?  Kenali kelebihanmu dan apa yang menjadi kekuranganmu? Dari situlah kamu akan tahu apa yang akan harus lakukan. Untuk menjadi lebih baik, dan meningkatkan rasa pede kamu.

5. Selalu Menikamti Apa yang Kamu Lakukan

family.wikinut.com

family.wikinut.com

Always Enjoy Life Selalu menikmati apa yang kamu sedang kerjakan dalam hidup kamu. Adalah sebuah indikasi bahwa kita telah melakukan sesuatu dengan hal yang benar. Mengerjakan sesuatu yang baik dengan hasil yang memuaskan, dan akan menambah kepedeanmu dalam hidup.

6. Bersikap Tenang dan Jangan Grogi

qyusader.blogspot.com

                                                                                                                                                                                                                qyusader.blogspot.com

Calm and do not be nervous. Bersikap tenang dan jangan grogiBersikap grogi akan membuat kamu akan mengurangi kepercayaan diri kamu, cobalah besikap tenang dan wajar. Serta fokus dengan apa yang akan kamu kerjakan. Dengan bersikap tenang. Kamu akan lebih menguasai keadaan, baik keadaan di sekitarmu maupun keadaan dalam diri sendiri. Yang membuat kamu berpikir lebih kreatif, realistis, dan akan menghilangkan nervous kamu.

7. Berani Mencoba dan Jangan Takut Gagal

www.youtube.com

www.youtube.com

Dare to Try and do not be afraid of failure Berani mencoba dan jangan takut gagal. Setiap orang pernah melakukan salah dan pernah gagal. Kesalahan akan membuat kamu lebih berhati-hati lagi. Kegagalan adalah kunci untuk meraih kesuksesan. Jangan pernah takut untuk mencoba lagi dan terus mencoba. Sebuah kegagalan adalah awal dari kesuksesan yang tertunda.

8. Membenahi Kekurangan Diri

salamsukses.blogspot.com

salamsukses.blogspot.com

“Fix shortcomings” Membenahi kekurangan pada diri kamu. Setelah kamu berhasil mengoptimalkan kelebihan pada diri kamu.Barulah memulai memperbaiki kekurangan diri kamu sedikit demi sedikit. Akan tetapi jangan fokus dalam memperbaiki kekurangan saja, sehingga kamu lupa mengasah dan meningkatkan kelebihan yang kamu miliki. Yang akan menghilangkan rasa pede kamu.

9. Menambah Wawasan Kepercayaan Diri

blogalwafa.blogspot.com

blogalwafa.blogspot.com

Adding insight Menambah wawasan kepercayaan diri. Kepercayaan diri akan timbul dengan sendirinya ketika kamu sudah memiliki ilmu dan wawasan yang luas. Dengan memiliki wawasn yang luas seseorang lebih mampu dan tahu bagaimana caranya bersikap dan menyelesaikan masalah. Wawasan membuat diri kamu lebih dewasa dalam berpikir dan bertindak. Tetapi ingatlah, jauhkan diri kamu dari sifat sombong dn meremehkan orang lain. Yang akan membuat diri kamu sial.

 

 

 

 

 

 

 

 

loading...

One Response

  1. Dubooh 23 Januari 2017

Tinggalkan Balasan