Yuk, Kita Ketahui 10 Nama-nama Malaikat Allah dan Tugasnya

Rukun Iman Kepada Malaikat Allah-Rukun iman dalam Islam ada 6 perkara dan salah diantaranya adalah iman kepada malaikat Allah SWT. Maksudnya, kita meyakini akan adanya malaikat-malaikat Allah. Meski pun malaikat Allah, merupakan makhluk ghaib yang diciptakan dari nur (cahaya) dan tidak bisa dilihat oleh kasat mata, namun malaikat juga salah satu dari makhluk ciptaan Allah yang harus kita ketahui.

Banyak sebetulnya malaikat-malaikat yang Allah ciptakan, namun yang wajib kita ketahui sebagai umat Islam ada 10 nama malaikat. Tidak ada yang mengetahui berapa jumlah pasti malaikat Allah.

Penjelasan Malaikat Allah dan Tugasnya!

Zat malaikat sendiri halus, serta tidak nampak oleh mata kasar manusia biasa. Akan tetapi mampu dilihat oleh manusia yang luar biasa seperti Nabi dan Rasul. Rupa malaikat yang sebenarnya hanya diketahui oleh Allah SWT. Namun berdasarkan hadist yang ada, malaikat mampu menjelama dalam berbagai wujud manusia dan makhluk lainnya. Malaikat berakal, boleh berkata-kata dan mampu bergerak yang jauh dalam masa atau waktu yang singkat. Kewujudan malaikat semata-mata hanya untuk taat dan menjalankan perintah Allah SWT.

Malaikat tidak makan, minum, mengantuk dan tidak memiliki hawa nafsu. Sesungguhnya malaikat banyak jumlahnya dan Allah lah yang tahu jumlah mereka ada berapa. Dalam ilmu tauhid orang islam diwajibkan mengenal 10 malaikat dan tugas mereka.

Yuk, simak apa saja tugas 10 malaikat:

10 Nama-nama Malaikat Allah beserta Tugasnya

syiahali.files.wordpress.com

1. Malaikat Jibril

Malaikat paling utama dan malaikat yang pernah shalat dengan Rasullullah SAW. Tugas dari malaikat Jibril sendiri adalah menyampaikan wahyu dari Allah SWT. Allah SWT juga menamakan Malaikat Jibril sebagai “Ar-ruh Al-amin”.

2. Malaikat Mikail

Tugas dari malaikat Mikail sendiri, yakni pembawa rezeki dengan menumbuhkan tumbuh-tumbuhan dan menurunkan hujan. Maka dari itu kamu harus bersyukur apabila hujan turun ke permukaan bumi, karena itu merupakan pemberian dari Allah SWT, melalui malaikat Mikail.

3. Malaikat Israfil

Malaikat Israfil memiliki tugas untuk meniup sangkakala pada hari kiamat kelak. Jika Allah Swt, memerintahkan kepada malaikat Israfil melaksanakan tugasnya, maka yang akan terjadi adalah kehancuran alam dunia dan seisinya.

4. Malaikat Izrail

Malaikat Izrail diperintahkan untuk mencabut setiap nyawa dari semua makhluk hidup, terutama manusia. Maka dari itu kita harus mempersiapkan amal baik kita di dunia, untuk bekal di akhirat kelak.

5. Malaikat Munkar

Malaikat Munkar di perintahkan oleh Allah Swt, untuk mempertanyakan pertanyaan manusia di alam kubur.

6. Malaikat Nakir

Tugas dari malaikat Nakir sendiri sama seperti malaikat Munkar.

7. Malaikat Raqib

Allah Swt memerintahkan malaikat Raqib untuk mencatat amal baik perbuatan kita di dunia selama ini. Sekecil apapun amal baik, tetap akan dicatat sebagai bekal kita diakhirat.

8. Malaikat Atid

Tugas malaikat Atid adalah kebalikan dari malaikat Raqib yakni mencatat amal buruk kita di dunia. Maka dari itu, kita harus berhati-hati saat melakukan sesuatu amalan. Sekecil apapun dosa yang kita lakukan baik disengaja atau pun tidak, pastilah akan ada buktinya kelak.

9. Malaikat Malik

Allah Swt memberi tugas kepada malaikat Malik untuk menjaga neraka. Pasti amal buruk kita akan mendapat balasan ketika kita hidup di dunia.

10. Malaikat Ridwan

Sedangkan malaikat Ridwan untuk bertugas menjaga syurga Allah Swt.

“Malaikat ini Allah ciptakan dari nur atau cahaya, yang sifatnya ghaib. Malaikat diciptakan lebih dulu dari manusia. Malaikat juga diberikan oleh Allah SWT akal namun tidak diberi hawa nafsu, sehingga malaikat hanya menyembah Allah dan taat pada perintah Allah serta selalu tunduk pada Allah”

Teman saya juga menjelaskan tentang ini, yuk mampir “nettik.net”

Baca Juga, Yuk!:

“Gamabaran Jembatan Sirotol Mustaqim”

“Biografi Muhammad Al-fatih”

loading...

Tinggalkan Balasan