10 Manfaat Daun Gaharu untuk Kesehatan

Mengenal Daun Gaharu

Daun ini merupakan sebuah tanaman dengan nama latin Aquilaria melaccensis. Kalau kamu ingin mencari pohonnya, pohon ini banyak ditemui di benua Asia seperti, Bangladesh, Bhutan, India sampai Indonesia (yang diutamakan di Kalimantan dan Sumatera), Iran, Malaysia, Myanmar, Philipina, Singapura dan Thailand juga memilikinya.

Untuk nama lainnya orang Inggris mengatakannya dengan Agarwood, Aloewood, Eaglewood, atau dengan nama Lign aloes. Karena semakin banyak yang menebang dan memanfaatkannya, akhirnya kayu gaharu beserta daunnya semakin langka. Untuk isu Internasionalnya sendiri, pohon ini semakin dilindungi sebab semakin terancam punah dan di India sendiri memperlakukannya dengan konservasi dengan adanya kelarangan untuk mengeskpornya.

Orang Cina sendiri secara harfgiahnya, kayu gaaru diartikan dengan kata lain yakni kayu yang ditenggelamkan. Nah, untuk sekarang mari kita kenal fungsi serta dan manfaat yang dapat digunakan dari kayu gaharu beserta daunnya. Silahkan membaca:

Ciri-ciri Tanaman Kayu Gaharu

pohon gaharu beserta daunnya

www.rollickiana.com

Banyak yang sering mengatakan sahabat atau kerabat dalam blog lain, dengan dicirikan seperti pohon cemara yang dapat tumbuh besar dengan diperkirakan lebih 15-30 cm dann untuk diameternya sendiri 1,5-2,5 meter beserta mempunyai bunga berwarna putih. Daunnya sendiri jika diukur mecapai panjang 5-11 cm dan lebarnya hingga 2-4 cm.

Spesies Aquilaria ini sudah beradaptasi dengan tujuan bisa hidup dimanapun dia berada dan di beragam habitat lain, bahkan bisa masuk dalam habitat yang berbatu, berpasir serta berpasir sekalipun. Tumbuh tanaman dan kayu gaharu sendiri di dekat lereng dan pegunungan dan juga dapat tumbuh tanah di dekat rawa.

Gaharu sendiri pada umumnya akan tumbuh bisa antara ketinggian 0-850 meter, dengan suhu hariannya mencapai rata-rat 20-22 derajat celcius. Aquilaria malaccensis atau disebut dengan kayu gaharu sendiri sudah diberitakan tersebar luas diselatan dan Asia Tenggar termasuk negara kita.

Yakinnya Atas Manfaat dan Penggunaanya, Apakah Kamu Juga yakin?

Mari kita simak refensi di bawah ini:

Jika kita banyak membaca atau sering mencari tentang literatur Islam, kayu gaharu sendiri banyak telah disebutkan, contohnya saja di shahih muslim yang menjadikannya salah satu obat juga. Apakah kamu mengenal Ibnu Sina? Ibnu Sina sendiri dikenal dan dikenang sebagai tokoh kedokteran modern.

Menyebutkan daun gaharu beserta kayu gaharu dalam kitabnya atau di pembukuannya Al-Qanun Fi Tib yang berarti bisa mencegah beserta menyembuhkan penyakit pada tubuh kita. Misal saja, mulai dari gangguan pikiran sampai ke urat-urat saraf, Insya Allah bisa sembuh.

Setelah itu kita beralih di daerah Tibet dan Asia Tenggara, di sana menjadikan kayu gaharu beserta daunnya bermanfaat menjadi salah satu praktek medis memakai metode tradisional. Untuk perkembangannya sendiri, banyak penelitian yang menyatakan kandungan secara kimiawi. Daun gaharu dapat membantu sebagai asupan zat terapi yang dapat di hasilkan, dengan contoh hasil yakni minyak esensial dan obat gusi.

Brand atau merek dari bahan kayu Gaharu sendiri dianggap berharga sekali, dikarenakan dekan juga dengan istiadat keagamaan yang memakainya sebagai ritual keagamaan masing-masing.

Kandungan Zat pada Daun Gaharu

Pada konstituennya secara bioktif, dapat dinyatkan yang paling penting dari tanaman gaharu sendiri yang ditemui di blogger atau website ternama, yakni:

  • Alkaloid, zat ini sangat bermanfaat atau dapat difungsikan sebagai antibiotik dalam tubuh, namun dengan dosis yang tepat.
  • Tannin, zat senyawa yang terkandung di dalam daun gaharu bayak berfungsi sebagai antiseptik.
  • Flavonoid, zat ini dapat kita jumpai juga di daun gaharu, dapat berfungsi sebagai antiinflamasi dengan fungsi sebagai mengatasi gejala peradangan.
  • Senyawa fenolik, dalam tanaman bioaktid sendiri, sangat begitu pentingya untuk pigmentasi tanaman.

Manfaat Daun Gaharu dalam Masyarakat Luas

Gaharu sendiri dinyatakan sebagai pengobatan herbal pada mulanya, untuk pengobatan medis dan juga banyak membuktikan dapat menyembuhkan penyakit kronis seperti:

Diabetes
Stroke
Asam urat
Masalah ginjal
Kanker prostat
Asma
Tiroid kelelahan kronis
Disfungsi seksual
Kegelisahan
Gangguan tidur
Penurunan berat badan
Detoksifikasi
Mabuk
Sembelit
Tekanan darah tinggi
Kadar gula darah yang tidak stabil (seperti diabetes)
Masalah gangguan kulit
Pencegahan Penuaan dini
Merawat paru-paru
Gangguan peredaran darah
Pengobat sakit kepala

Untuk pemakainnya metode tradisional ini digunakan dalam cangkir dengan seduhan teh yang enak banget. Bahkan beberapa negara sendiri, daun gaharu dan kayu gaharu memiliki cerita panjang dalam sejarahnya untuk Asia Tenggara. Daun teh gaharu yang biasa diseduh sudah dipakai 100 tahun di selurh kepulauan di Asia Tenggara sendiri.

Para praktisi kesehatan tradisional juga dan tidak hanya para spiritualnya yang memakainya dalam aktivitas ibadah. Masyarakat juga sering memakai untuk mengobati lambung yang sedang sakit, ginjal dan masalah pernafasan juga biasa diatasi dengan daun gaharu ini. Apabila berkeinginan untuk memakainya dalam kedokteran medis biasa memberikan dosis perhari kalau bisa maksimalnya hanya 3 gram.

Manfaat dan Khasiat Daun Gaharu dalam Aktifitas Setiap Hari

1. Daun Gaharu Berfungsi Sebagai Anti Depresi

Pada ekstrak benzene yang terkandung dalam daun gaharu, banyak digunakan atau berfungsi sebagai untuk melancarkan sistem syaraf pusat sebagai anti depresi. Nah, biasanya seperti ini dikarenakan kayu gaharu atau daun gaharu mengandung senyawa aktif bernama agarospirol, yang di mana berfungsi sebagai antideprsi atau stress.

Dengan kemampuan menekan syaraf pusat yang akan dapat memberi ketenangan dan luar biasanya dapat mengembalikan kebugaran pada tubuh yang lagi loyo.

2. Daun Gaharu yang Kamu Seduh dala Teh Dapat Bermanfaat Sebagai Anti Penuaan

Teh gaharu biasa diproses dari daun pohon gaharu untuk penelitiannya sendiri telah ditemukan, dan sudah banyak yang menyatakan. Kalau daun gaharu sendiri di dalam kaya akan kandungan genkwanin, yang merupakan glikosida alami tanpa kimiawi, yang secara tersebar luas dan dikenal sebagai manfaat untuk kecantikan.

Banyak refensi sudah ditemukan dan diisi atau dirangkum dalam website ini, menyatakan bahwa glikosida sendiri merupakan bentuk dari genkwanin yang bisa membantu menghilangkan merkuri secara efisien. Untuk tehnya yang terbuat dari daun gaharu sendiri terkandung glikosido, mempunyai manfaat untuk diet yang banyak menyakininya dapat membantu dalam memperlambat proses penuaan dini.

Jika kamu menyeduh teh yang terbuat dari daun gaharu, itu tidak mengandung zat aditif senyawa dengan pengawet atau pewarna buatan. Seringkali kosmetik yang kamu ditemui untuk wanita mengandung zat merkuri, yang sudah banyak yang bilang bahwa itu dapat menyebabkan penuaan dini prosesnya akan lebih cepat.

Nah, kalau kamu meminumnya dari sekarang akan dapat menghilangkan merkuri dari dalam tubuh, sebagaima yag sudah dilansir ada di agarwood. Sehingga dalam hal ini bisa mengurangi resiko dalam gangguan neurologis merkuri yang sudah dipaparkan dan bekerja untuk mencegah penuaan kulit. Nah, ketika tubuh hilang dari racun merkuri yang biasa diseduh dalam gelas, luar biasanya akan terbentuk sendiri kulit yang sehat dan bebas dari noda. Jadi gak usah pakai yang namanya kosmetik lagi.

4. Menjaga Berat Badan

Manfaat lain dari teh gaharu sendiri, dapat membuat tubuh mengalami detoksifikasi, apalagi terletak pada seseorang denga tubuh kelebihan berat badan dan terlebih lagi bagi yang membutuhkan sebagai manfaat dari detoksifikasi yang terjadi. Ini bisa terjadi disebabkan dengan dasar apapun program dietnya manusia masih menimbun neurotoksin.

Bukan hanya disebabkan dari masalah kosmetik yang dipakai saja. Namun, juga dikarenakan makanan yang diaspu oleh kita sendiri pada hari-harinya itu, salama mungkin akan membuat gangguan pada secara neurologis. Nah, banyak juga kan manfaatnya daun gaharunya, di bawah masih ada lagi.

5. Mengurangi Rasa Mabuk

Gaharu sendiri direkomendasikan untuk diminum setiap hari dengan tujuan akan mendapatkan manfaatnya dalam menjaga dan mempertahankan kesehatan dalam waktu yang bisa panjang. Banyak juga yang memanfaatkannya untuk menghilangkan mabuk, atau hanya untuk mengurangi rasa mabuknya saja.

Ketika teh tersebut diminum slelama intoksikasi, minuman ini akan bekerja di dalam tubuh untuk menghilangkan alkohol (racun) dalam tubuh.

6. Menambah Energi

Selain seperti manfaat yang di atas, daun gaharu juga dapat ningkatin yang namanya energi di dalam tubuh, agar gak loyo dan akan lebih ringan beraktivitasnya fisik sehari-harinya. Sementara itu pada awal setiap kita mengosumsi teh gaharu, secara langsung kita akan teratur mendapatkan peningkatan jumlah kuantitas dalam tubuh untuk buang air kecil.

Nah, terbukti sudah menunjukkan teh gaharu bekerja untuk tubuh kita. Pembilasan ketika menjalankan detiksifikasi yang terjadi sebagai akibat dari minum teh gaharu adalah berfungsi untuk melumasi perut.

7. Menenangkan Tubuh yang Lagi Tegang

Mungkin banyak dari kita yang belum tahu, bahwa sejak berabad-abad lalu, teh gaharu sudah digunakan untuk menanangkan gangguan kecemasan dan apabila ada gangguan pada tidur. Aroma yang dihasilkan dari daun mempunyai efek menenangkan dengan bekerja alami dengan cara mengurangi kesetresan.

Sehingga akan memungkinkan orang untuk menggapai tidur dengan durasi waktu panjang dan akan lebih tenang dari sebelumnya. Nutrisi yang terkandung dalam teh daun gaharu sendiri banyak yang mengemukakan bahwa ini sangat bermanfaat sekali untuk kesehatan paru kita, jika lagi aada yang bermasalah.

Nah, dengan ini menunjukkan bahwa daun gaharu bisa ningkatin sirkulasi darah di tubuh yang terpenting adalah untuk metabolisme pada tubuh.

8. Bisa Kita Olah Menjadi Minyak

Daun gaharu sendiri dapat dijadikan menjadi minyak essensial, dengan dapat dipadukan dengan minyak essensial yang lain. Misalkan, kita dapat mengetahui pada bunga mawar yang dapat dimanfaatkan, bunga melati, geramium, dan cendana. Di bawah ini kita akan mengetahui, apa saja manfaatnya?

“” Tonik yang efektif dengan memiliki sifat diuretik, akan dapat mengurangi epilepsi, dan antimikroba. Karena minyak gaharu sendiri merupakan afrosidak yang paling ampuh dari semua minyak essensial lain.
“” Akan berguna dalam gangguan saraf, pencernaan, keluhan dalam masalah paru-paru, penyakit cacar, rematik, sakit selama melahirkan atau sesudahnya, dapat menghentikan orang yang memiliki penyakit kejang dalam sistem pencenaan dan pernafasan, demam, sakit perut, asma, kanker, kolik, diare, mual, regurgitasi, kelemahan pada orang yang lanjut usia, sesak nafas, menggigil, sakit umum dan sirosis pada hati.
“” Minyak ini dari dulu telah dipakai sebagai pengobatan paru-paru dan tumor perut. Nah, minyak ini sendiri juga dipakai di Malaysia sebagai fungsi untuk rasa kari dan Taiwan sendiri juga memakainya untuk bahan aromatik aggur lokal yang mereka punya.

9. Manfaat Aromaterapi Daun Gaharu

Dalam kemampuannya memang luar biasa yang sudah dinyatakan di atas, selain yang di atas tadi daun gaharu bisa digunakan untuk dibuat sebagai relaksasi dengan aromaterapinya. Manfaat daun gaharu juga lebih efektif untuk ngilangin yang namanya rasa cemas dan depresi yang selama ini kita rasakan.

Aromaterapi ini bahkan tahan lama kurang lama 12 jam ke depan. Beberapa rumah parfum orang Eropa sendiri mencari minyak dari daun gaharu untuk pembuatan parfum.

loading...

7 Comments

  1. KinclongPermataTani 11 September 2016
  2. Nyoman Purnajaya 21 September 2016
  3. Muhammad Syafiq 21 September 2016
  4. velasco 2 Oktober 2016
  5. Anonim 21 Desember 2016
  6. Anonim 16 Maret 2017
  7. WAHID HASYIM 20 Maret 2017

Tinggalkan Balasan